Friday, February 15, 2008

ASKESKIN

bismillahirrahmanirrahim
Assalamualikum wr.wb.
Ada yang menarik dari kasus yang baru saja saya alami. Adalah seorang miskin mengadukan persoalannya ke DPC PKS Kec. MargadanaKota Tegal tentang kesulitannya dalam proses Pengobatan ibu-nya. Sebagai warga yang digolongkan menjadi keluarga miskin dia punmendapatkan fasilitas Askeskin (asuransi kesehatan miskin, cmiiw) yangdahulu disebut JPS KM (Jaring Pengaman Sosial Keluarga Miskin).
Pengobatan ibu-nya sesungguhnya sangat dimudahkan dengan Askeskin di rumah sakit yang berada di dalam kota Tegal. Kesulitan datang manakala rumah sakit di daerah kurang komplit (mulaidari dokter,obat, dan peralatannya), mereka dirujuk ke rumah sakitpropinsi. Disinilah mereka kebingungan dengan biaya akomodasinya. Biaya transportasi sampai dengan biaya hidup (pengantar pasien) disanamenjadi momok yang sangat dilematik. Ingin segera mendapati ibunya terobati namun biaya tak ada.
Mencari biaya dulu...sama saja dengan menunda kesembuhan sang ibu.
Ingin hutang/pinjam sama saja dengan menceburkan diri pada lubang yang tak memiliki dasar- ada rentenir yang siap melahap-.
Ikhwan fillah, ternyata ASKESKIN saja tidak cukup untuk membantu wargamiskin.
Mereka masih sangat kesulitan untuk mendapatkan dana akomodasi, lebih² jika rumah sakit propinsi sangat jauh dari tempat tinggal.Kasus seperti ini mungkin banyak terjadi di lapangan.
Kepada para ikhwah sesungguhnya bisa membantu meringankan beban merekadengan :
1. Pendampingan yang apik Sebagian besar penerima ASKESKIN, dsb adalah masyarakat dengan tingkatpendidikan rendah yang sangat kesulitan untuk melakukan lobi² danpembicaraan resmi kepada pihak lain (rumah sakit, pemda,pemkot,askes,dll). Ini penting dalam rangka memberikan hak-hak warga miskin.Jangan sampai hak warga miskin tak tertunaikan karena mereka tak beranimengambil dan bingung harus mengambil pada siapa.
Berdasarkan pengalaman : Biaya Akomodasi khusus transportasi pasien bisa digantikan denganambulan rumah sakit daerah. Gratis.Bebas hambatan dan bebas pungutan. Dengan catatan tidak ada oknum yang bermain².
Jika memiliki waktu luang, alangkah baiknya Anda turut langsungmendampingi mereka
2. Biaya HidupMakan minum pengantar pasien bisa didapatkan dari Yayasan² dan lembagazakat lainnya.Yang ini perlu silaturahim yang bagus banget. Seringnya kita (orang² yang telah memiliki nishob zakat) engganberzakat) sehingga sangat menyulitkan bagi warga miskin jika memerlukanbantuan.Coba lobi Yayasan/LSM/Laz tempat biasa kita menitipkan zakatnya.Masih ingat kemarin nitip zakat di mana?Mungkin itu yang bisa dilakukan.Selamat berkarya membela ummat.

No comments: