Friday, December 29, 2006

"Demi Hari Yang Sepuluh"

bismillahirrahmanirrahim

"Demi Hari Yang Sepuluh"

Mari kita bahas tentang satu firman Alloh dalam surat Al Fajr ayat 2.

Dalam mushaf qur'an terbitan Syamil tahun 1426H/2005M,
diterjemahkan bahwa ayat 2 surat Al fajr adalah " Demi hari yang sepuluh".
Kemudian kalau kita baca lebih cermat terdapat catatan kaki ayat ini.
Catatan kaki ini menerangkan bahwa yang dimaksud hari yang sepuluh adalah:

1. 10 hari terakhir di bulan Ramadhan
2. 10 hari pertama di bulan muharam
3. 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah

Ikhwatillah rakhimakumullah

Alhamdulillah saat ini kita berada pada bulan Dzulhijjah 1427 H.
Ketika Afoe menuliskan ilmu inia, maka hari berada pada tanggal 7/8 Dzulhijjah 1427.
Tahun ini ada perbedaan penanggalan.
Sisa waktu yang 3 atau 2 hari menjelang 10 Dzulhijjah, mari kita manfaat mengisinya dengan amalan yang ikhlas.

Ya ikhwatifillah Al Izza

Beberapa amalan utama yang dapat kita lakukan di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah adalah :

1. Dzikrullah

Perbanyak mengingat Alloh dengan kalimat² thoyyibah, seperti : tahlil, tahmid, tasbih, takbir, istighfara,dll

2. Shoum

Shoum atau puasa adalah usaha untuk mengetuk pintu surga.
Sering-seringlah berlatih puasa, sehingga kita bisa mendekatkan diri pada Alloh SWT dengan puasa yang sesungguhnya.

Di kajian yang afoe ikuti, sang muwajih (narasumber) mengingatkan pada kita semua untuk berusaha sekuat mungkin melakukan puasa Arofah pada tanggal 9 Dzulhijjah.
Dianjurkan untuk cuti/libur/ijin kerja agar dapat melakukan shoum arofah.
Mengingat penting shoum ini, maka kita diharapkan mampu melaksanakannya.
Kepentingannya adalah : diampuninya dosa kita satu tahun sebelum dan sesudah saat ini. Amin

3. Qur'ban

Amalan berikutnya yang sangat baik dilakukan pada 10 hari pertama di bulan Dzuhijjah adalah Qurban.
Qurban yaitu menyembelih hewan qurban hingga mati yang diniatkan sebagai bentuk ibadah ketaatan pada Alloh SWT.
Bukan darah, bukan pula daging yang dipersembahkan pada alloh, melainkan ketaqwaan padaNya.

4. Haji

Sebuah amalan yang masih jarang (termasuk penulis) dilakukan oleh kaum muslimin.
Niatan sudah ada, tinggal menunggu dan mengelola rezeki hingga sampai pada batas minimal biaya keperluan haji.

Semoga Alloh SWT memudahkan segala urusan kita untuk ibadah padaNya.amin

Tuesday, December 26, 2006

Langkah Baru, lebih Seru !

bismillahirrahmanirrahim

Cahaya kecerahan semakin nampak. Semoga benar bahwa pertolongan alloh telah datang kepada orang-orang beriman.
Setelah berdiskusi 1.5 jam bersama seorang ikhwah (my new father) diperoleh beberapa kesimpulan.
Kesimpulan pertama adalah meluruskan niat untuk menikah.
Menikah bukanlah perkara mudah namun bukan pula perkara yang disulitkan, sehingga semua hal berkait dengan pernikahan harus dibicarakan dan dipikirkan dengan hati jernih serta dewasa.

Yang kedua, mari kita kembalikan mekanisme syuro halaqoh.
Halaqoh adalah keluarga kedua setelah keluarga sendiri.
Berbagai hal dipecahkan disana, include munakahat.

Yang ketiga, my new father berazzam akan membantu hajat seorang ikhwah yang berafiliasi kepada dakwah.

Gitu deh.

Wednesday, December 20, 2006

4 Langkah Kombinasi

bismillahirrahmanirrahim

Ikhwati fillah rahimakumullah

Seiring waktu yang terus bergerak membuat bertambahnya usia kita semua.
Seiring itu pula ilmu menjadi kebutuhan yang terelekkan.
Berhimpun dengan orang-orang sholah sungguh menyenangkan, sayangnya himpunan orang sholeh tak selalu mudah kita temukan.

Jutaan hektar wilayah bumi, seakan mengatakan tak ada tempat untuk orang-orang yang sholeh.
Orang sholeh adalah manusia pilihan yang dikehendaki oleh Alloh menjadi manusia yang mentaati Rabbnya dengan sepenuh hati. Orang macam ini juga sangat disenangi oleh orang lain.
Bahkan oleh orang jahatpun disukai.
Sebabnya yahh tadi, orang sholeh selalu pasrah denagan Alloh, hatinya nyaris tak pernah menyimpan kebencian dan dendam.

Mari kita amati orang sholeh yang lain. Kira² ada 4 langkah yang diambil oleh orang² sholeh ini terhadap lingkungan yang ia tempati.

1. Bertahan dan Menyerang

Setiap detiknya, orang sholeh yang mengambil langkah 1 selalu menggunakannya untuk membekali diri dengan ilmu (agama,sosial,dll).
Luar biasa, tak ada waktu untuk sekedar berleha-leha apa lagi foya-foya.
Orang sholeh ini juga melakukan penyerangan terhadap orang-orang yang pro kebhatilan.
Bertemu dengannya adalah sebuah petaka bagi kejahiliyahan, dan sarana hidayah bagi sang Taubat.
Pendek kata, dia melakukan input dan out atas diri dan ummatnya.
Langkah yang berat.

2. Bertahan

Sebesar-besarnya, orang sholeh ini melakukan pembangunan diri dan keluarga. Benteng hatinya sangat kuat.
Arus di luar tak mampu masuk dalam pertahanannya.
Tapi awas, pengikisan arus lingkungan terus menipiskan benteng yang ia miliki.
Akibatnya? Lambat laun pertahanan akan goyah....jika tak segera ada perbaikan lebih.

3. Kabur

Pertahanan saja tak ia miliki, apalagi harus menyerang.
Cukup kabur menjadi kunci keselamatan diri dan aqidah.
Lingkungan adalah hal yang "wajib" kita hadapi.
Dimanapun kita akan bertemu dengan lingkungan.
Lalu apa mau kabur terus? Sementaraa, kita akan menemui lingkungan baru belum tentu lebih baik dari sekarang.

4. Kombinasi

Bertahan dengan menempa diri, melakukan penyerangan> kalah dan kaburlah.

Itulah selemah-lemah iman.

Semua pilihan menjadi hak Anda.
Bahkan Anda tak memilih pun hak Anda.
Jadi...semua terserah kita.



Tuesday, December 19, 2006

Tebak, Yang mana Afoe?

bismillahirrahmanirrahim


Saturday, December 16, 2006

Lebih halus dan Lebih Lembut dari Benang Sutra

bismillahirrahmanirrahim

Tunggu punya tunggu, akhirnya hari Sabtu datang jua. Terasa lama memang, jika sesuatu ditunggu termasuk hari Sabtu. Pekan yang lalu afoe memanfaatkan Sabtu pagi sebelum berangkat kerja untuk berenang.
Demikian pula Sabtu ini, afoe melanjutkan latihan renang di Kolam Renang Samudera Kota Tegal.
Tak seperti hari-hari libur, Sabtu yang sebagain kecil instansi tidak beraktivitas, kolam renang tetap sepi.
Yang ada hanya para pelanggan yang tiap hari Sabtu afoe temui.

Oh yah, air kolam pagi ini begitu jernih.
Berbeda dengan pekan lalu.
Jangankan dasar kolam, ujung tangan yang ditenggelamnya 30 cm saja sudah tak terlihat.
Benar-benar butek air nya.

Ketika afoe membuka baju untuk ganti pakaian renang, sudah ada 2 ikhwah yang sedang latihan berenang.
Mereka nampaknya sejak pukul 06.00 telah basah oleh air kolam.
Afoe segera bergabung dengan mereka.
Tanpa harus aba-aba, afoe sudah kecipakan di dalam bak III yang memiliki kedalam 3.5 m dengan panjang ± 100 meter.
Walaupun tak tergolong profesional, afoe tetap pede "berenang".
Gayang yang semau gue menjadi andalan.
Ini afoe lakukan sebagai bentuk usaha keras menyusun tenaga ketika berada di air.
Tak semua orang lho bisa melakukan apa yang afoe lakukan.
Salah satunya adalah teman blog Afoe yang berada di Ristek Jakarta (look at anaugie.blogspot.com).
Agak aneh memang ikhwah yang satu ini, dia takut renang. Parahnya lagi dia takut air. =))

Dalam kesempatan yang ditunggu , afoe melakukan beberapa inspirasi gerakan.
Salah satunya adalah melompat dari tepi kolam.
Keahlian melompat sangat bermanfaat untuk mengurangi tenaga yang digunakan saat berenang.
Bayangkan saja, karena lompatan dan pijakan yang baik, Afoe hanya perlu berenang 1/4 panjang kolam, 3/4 hanya dengan daya dorong lompatan yang membentuk kekuatan luncur.
Lompatan juga digunakan para perenang ahli untuk mendapatkan kecepatan dan finis lebih dahulu dari para lawan-lawanya.

Manfaat lain lompatan dalam renang adalah melaih diri untuk menghadapi keadaan panik. Misal tak sengaja tercebur ke dalam air. Para perenang semestinya memiliki tingkat reflek yang lebih tinggi dari lainnya. Khusunya dalam bidang selam-, atau basah-basahan- atau renang.

Afoe telah melakukan 5 lompatan denagn 3 lompatan yang dikategorikan oleh kawan sebagai lompatan yang baik. Sekias nampak mudah, tapi untuk melakukan seperti pelatih sulitnya bukan main.
Yang ada malah perut jadi keras lantaran terbentur air. Sakit banget lho. Coba aja.
Lompatan yang benar adalah berpadunya kaki, kepala, tangan yang membentuk garis lurus.
Nikmatilah.

Satu lagi yang afoe dapatkan dari Renang.
Suara yang afoe hasilkan jadi tambah haslu dan lembut.
Boleh dibilang lebih halus dan lebih lembut dari benang sutera manapun.
Tahu penyebabnya?
Penyebabnya adalah karena hidung yang banyak kemasukan air membuat semua ingus mencari keluar.
Plong..:)


Friday, December 15, 2006

Segera, berjumpa

bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah tanggal 20 Des 2006 mendatang Afoe akan segera bersua dengan My New Father.
Insya alloh pertemuan in iakan banyak dibicarakan, terutama tentang munakahat yang segera terpancang.
Sudah beberapa hari ini, komunikasi emial,sms,telp tak bisa berlangsung lantaran kesibukan mengurus amanah yang membludak.

Komunikasi terakhir , beliau masih berada di luar negeri mengevaluasi pekerjaan yang berantakan disapu badai "Durian".
Badai yang menelan korban hingga 800 orang ini sempat mampir ke tempat kerjaan beliau.
Alhamdulillah semua selamat, hanya beberapa alat rusak.
Beliau sampaikan pula, kalo tanggal 20 akan menjadi pertemuan.
Wah senangnya.
Semga Alloh mudahkan semua urusannya. Amin

Saturday, December 09, 2006

Renang, bolak-balik 4 kali

Bismillahirrahmanirrahim

Sabtu jam 6 pagi, afoe kembali memulai renang pekanan.
Sesuai jadual maka para Pandu Keadilan seharusnya hari ini berenang jamaai.
Meski demikian, karena benturan dengan jadual Mukhoyam Pandu Keadilan Menengah I yang diikuti oleh sebagian ikhwah dewasa Kota Tegal membuat peserta renang minim banget.

Lihat saja, Akh Kharis yang seharusnya mengkoordinir malah tak nampak. Ga ada pesan yang masuk ke Hp afoe lagi.
Padahal lusa, ia sudah berjanji akan hadir. Moga Alloh maafkan atas kealfaanya.
Satu rekan kerja yang biasa renang hari Sabtu pagi, memilih pergi ke Semarang karena tugas kantor.
Alhamdulillah ada teman kerja yangj rajin yang masih bisa hadir dalam acara renang ini.
Pa Amran, begitu afoe memanggilnya.
Ternyata beliau seorang atlet renang yang handal.

Sekali nyebur ke kolam, 7 kali ia berenang bolak-balik dari ujung ke ujung.
Hingga menjelang usai, Pa Amran mampu menggenapkan 10 kali putaran renang gaya katak. Luar biasa.

Oh yah, kolam renang sepi banget.
Diantaranya penyebabnya adalaah : Air kolam yang kurang jernih (dasar kolam malah ga keliatan lagi, jarang pandang cuman 30 cm), hari masih pagi sehingga anak-anak sekolah (TK/SD) belum pada hadir.
Di kolam renang hanya ada Afoe, pa Amran dan seorang perenang lain yang belakangan ternyata kakak kelas afoe waktu SMA dulu.

Kali ini ada peningkatan untuk hasil renang afoe Sabtu pagi ini.
Afoe berhasil menguras tenaga untuk mencapai tepian kolam renang sebanyak 4 kali.
Tentu saja bukan dengan gaya seperti Pa Amran.
Cukup berenang mirip katak berhenti di setiap tepian kolam, kemudin berenang lagi ke tepian yang lain hingga 4 kali.

Tuh kan, kalo rutin dan sungguh-sungguh bisa juga.
Lihat saja pekan depan !.

Tuesday, December 05, 2006

Berhenti Sejenak

bismillahirrahmanirrahim

Usai melanglang buana, afoe rehat.
Ambil air wudhu dan menunaikan sholat Isya bersama Didi.
Subkhanallah dada ini bergemuruh saat takbir dikumdangkan.
Begitu kecil dibandingkan dengan kebesaran Alloh.

Afoe lantunkan surat Al Fatihah untuk memastikan diri menjadi imam sholat Isya.
Astaghfirullah, surat ini menjadi afoe semakin larut dalam munajat pada Alloh.
Ada rasa penyesalan dalam hidup sehari tadi.
Ada kekhawatiran yang mendalam tentang tingkah laku hari ini.
Ada kesedihan meninggalkan hari ini.

Menyesal tidak bisa berkarya lebih baik.
Khawatir, tak ada guna karya hari ini di hadapan Alloh SWT.
Sedih, tak bisa memperbaiki hari ini.

Hanya harapan, Alloh menjadikan hari selanjutnya lebih baik buat Afoe dan seluruh ummat Muslim.
Ada setitik air membasahi kelopak mata ini, tak kala terlantun ayat-ayat pengagungan Alloh dalam surat Al Fatihah.
Semakin deras saja, setelah sampai ayat " Ihdinasirotol mustaqim ". Afoe kira artinya :"Tunjukkanlah aku jalan yang lurus".
Surat selanjutnya afoe baca : Al Qoriah, wah berguncang jiwa ini, ada kekhawatiran akan ketentuan Alloh pada peristiwa yang dikisahkan dalam surat tersebut.
Afoe merasa tak siap jika maut harus menjelang sekarang.
Namun kekuatan siapakah yang dapat menghentikan kematian?
Astaghfirullah.

afoe genapkan rakat pertama hingga memasuki rakaat kedua.
Sama, dada ini sesak dengan lantunan surat Al Fatihah.
Afoe tutup rakaat kedua dengan surat Al Ikhlash.
Rakat tiga dan empat, kemudian salam.
Berdoa dengan memanjatkan Robhitoh untuk para ikhwah. Amin.

Born To be Server

bismillahirrahmanirrahim

Yes, i was born to be server ummat.
Everybody should know that he was born to serv others.
Life needs help from one man to one man.

So, it's big wrong if the poeple might not to stay together.



Teg-Teg Tek....Darrrr

bismillahirrahmanirrahim

Ada nuansa baru di ruang kerja Afoe.
Riuh rendah suasananya.
Tak kala sedang ramai oleh rekan-rekan kerja, maka suara itu akan tertelan oleh persaingan statement.
Namun jika sedang serius, atau sedang hening maka suara itu akan menjadi primadona.

Teg Teg Tek.....darrrr
Begitu kira-kira suara yang menjadi selingan baru.
Suara itu mulanya tidak ada, namun oleh salah seorang rekan kerja diciptakan.

Suara Teg² tersebut berasal dari kipas tembok yang sulit untuk menengok kanan dan kiri demi memberikan angin pada pelanggannya.
Keliatannya kipas aneh itu sudah tua dan perlu diganti.
Memang benar setelah penutup kipas bagian depan yang digunakan sebagai pelindung baling-baling dilepas oleh rekan kerja, dia kini mampu menengok kanan-kiri dengan leluasa.
Sayang lehernya tak mampu berjalan mulus, sebagai gantinya suara Teg² menggelegar memekakan telinga.
Terkadang malah membuat orang-orang panik.
Khawatir baling-balingnya lepas atau bahkan meledak karena sudah tua.

Sesekali kipas angin itu menjadi bahan senyuman, ada juga yang ketawa. Lantaran ada kesan pemaksaan terhadap makhluk tua itu untuk tetap memberikan angin padahal usianya dah lanjut.
Pagi ini afoe menikmati suara Teg-Teg itu sambil merasakan angin dinginya.


Monday, December 04, 2006

Ternyata, jauh !

bismillahirrahmanirrahim

Ba'da maghrib, afoe dan mas melaju meninggalkan pusat kota Tegal menuju Objek Wisata Waduk Cacaban Kab. Tegal.
Langit nampak mendung dengan udara yang lumayan dingin.
Motor terus bergerak kencang menembus malam yang semakin kelam.
Suasana Kab. Tegal memang sangat berbeda dengan Kota Tegal.
Disana lebih banyak pohon² yang ditanam di pinggir jalan, dengan sebagain tanah yang kosong.
Hanya sesekali terdapat pusat keramaian, seperti di pasar Banjaran, terminal Slawi, dan pasar Slawi.
Lainnya sepi.

Apatah lagi ketika mulai kawasan perumahan Pangkah, jalanan sepi hanya terlihat sinar lampu motor yang saling beradu pandang. Keadaan ini semakin mengeringikan ketika melwati kawasan persawahan.

Tak ada cahaya sedikitpun. Bintang tak berkilau. Alhamdulillah motor ini masih baru, sehingga cahaya lampunya mampu menerangi jalanan, minimal sejauh mata lampu memandang.

Adzan isya berkumandang, tak kala Afoe dan Mas Wawan masuk ke dalam pintu Gerbang I waduk Cacaban. Lampu tak ada. 100 meter ke depan terdapat mushola. Mungkin dari mushola inilah suara adzan tadi dikumandangkan. Kami berhenti sejenak menunaikan sholat Isya bersama penduduk setempat. 15 menitan kami berada disana. Kemudian melanjutkan perjalanan.

Dengan percaya diri yang tinggi, karena bekal jawaban dari penduduk sekitar bahwa kami berada pada jalan yang benar menuju Cacaban.

Benar, meski was² melanda, kami akhirnya menemukan tempat kegiatan para mahasiswa Universitas Panca Sakti (UPS) Kota Tegal.

Parkir dan segera mengisi mereka dengan taujih yang telah dipesan pagi tadi oleh panitia.

Afoe dan mas Wawan pulang ke rumah pukul 22.30.

Alhamdulillah. selesai.

Jauh juga yahhh Waduk Cacaban.

Saturday, December 02, 2006

Ghozwul Fikri

bismillahirrahmanirrahim

Insya alloh, malam ini Afoe akan mengisi acara rekrutmen mahasiswa di Cacaban.
Materi yang diminta oleh panitia adalah Ghozwul Fikri.
Thema yang berat, yang "dipaksakan" panitia pada Afoe.
Rasanya mendadak juga jika dihitung dari permintaan panitia yang hanya berselisih 12 Jam.
Jam 08.00 mereka mengubungi, sedangkan pukul 20.00 afoe presentasi kepada para peserta.
Insya alloh karena afoe ingin menjadi hamba yang bermanfaat kepada oranglain karena Alloh Ta'ala, maka sejak pagi dan siang ini afoe belajar tentang thema ini.

Baik, afoe jelaskan sekilas tentang Ghozwul Fikri.

Menurut Syeikh Abdul Aziz Bin Baz: “Ghozwul Fikri merupakan terminology baru yang mengindikasikan berbagai aktivitas yang dilakukan oleh sekelompok golongan/bangsa dengan tujuan menguasai golongan/bangsa lainnya atau untuk mempengaruhinya dan mengarahkannya ke arah tertentu”. http://www.infopalestina.com/viewall.asp?id=386

Yah, afoe sepakat dengan definisi ini.

Orang-orang yang tidak ingin melihat perdamaian dan keteraturan dunia mencoba membuat konpirasi tingkat internasional. Mereka menyusun kekuatan super power kemudian menyusup dalam sendi-sendi kehidupan dunia.

Berbagai bidang telah mereka kuasai. Ipoleksosbud Han Kamrata- (seperti yang sering kita dengar dari penataran P4 tempo dulu).

Sebabnya adalah :

1. Internal

A. Akibat jauhnya umat Islam dari Kitabullah dan As Sunnah

B. Adanya ketidakpercayaan umat kepada Islam

C. Taklid (ikut-ikutan).

D. Tafriqoh (terjadinya perpecahan di kalangan umat).

2. Faktor Eksternal

A. Berasal dari musuh utama umat manusia yaitu syetan dan iblis

B. Adanya pertempuran antara haq dan bathil yaitu keimanan dan kekufuran.

5 1/2

bismillahirrahmanirrahim

Afoe berlindung dari segala yang sia-sia yang tidak mendatangkan nilai ibadah pada Alloh SWT. Jum'at kemarin nyaris 5 /1/2 jam afoe berada di rumah akh Ghozal untuk latihan nasyid.Sesuai kesepakatan pekan lalu, maka latihan akan dimulai pukul 17.00. Afoe datang kurang dari jam itu.Usai kerja, mandi dan langsung kabur menuju ke rumah Gozal.Rumah masih tertutup, mungkin karena letaknya yang dipinggir jalan besar sehingga pintu dan jendela selalu tertutup menghindari debu masuk ke dalam rumah.

Tak apalah, afoe menunggu di halaman. Toh ada juga orang-orang yang sedang lewat sejenak duduk di halaman rumah Akh Gozal.

Afoe baru memasuki rumah, tat kala Gozal membukakan pintu.Duduk dan menunggu kawan² yang lain.

Hingga menjelang maghrib tak ada tanda-tanda akan datang peserta lainnya.Sedih dikit sih, semoga mereka dalam keadaan baik dan dalam perjalanan ke rumah Gozal.Afoe putuskan sholat maghrib di masjid sebelah bersama orang-orang sekitar. Dzikir dan sholat ba'diyah Maghrib.AFoe lihat Akh Yanuar ada disalah satu barisan sholat. Alhamdulillah sekarang sudah ada 3 orang.Pukul 18.30 semua kawan birru telah datang.Acara latihan dibuka dengan tilawah dan tausiyah( 5 musuh Islam ; Hawa Nafsu, Syetan, Kafirun, Munafiqun, Dajjal) oleh tuan rumah.

Beberapa pengumuman disampaikan, salah satunya adalah penampilan birru tanggal 24 Des 06 di gedung korpri kab. Tegal.

Latihan selesai pukul 21.00 dilanjutkan rehat di warung Sate Sari Mendo.

Pukul 22.30 benar-benar selesai.

Friday, December 01, 2006

Maradun Nafs

bismillahirrahmanirrahim

Bergaul dalam lingkungan halaqoh, mengharuskan afoe berbagi dengan anggota.
Kebetulan posisi afoe adalah sebagai pembimbing, makanya ada sedikit persiapan lebih dibanding para a'dho lainnya.

Pertemuan ke-5 dengan kelompok fosirot, afoe sampaikan talaqi dengan membahas Maradun Nafs,
Maradun Nafs adalah sebuah diskusi menarik seputar Problematikan Moral.
Ada 6 problematika yang masih dihadapi oleh ummat Islam, yaitu :

1. Adamus Sajaah (kehilangan keberanian)

Kondisi ummat yang jauh dari sifat keberanian menegakkan kebenaran illahi di dalam diri dan orang lain.
Ada gejala, ketakukan yang luar biasa, manakala ummat ingin menampilkan jati diri sebagai seorang muslim.
Selain pemahaman yang lemah, juga karena adanya konspirasi kekuatan di luar ummat Islam yang memang memberikan nuansa menakutkan bagi ummat Islam yang lemah iman.
Tindakan pengucilan, tuduhan teroris, sok suci, sampai dengan tidak yakinkan seorang muslim terhadap dinn-nya yang telah disempurnakan oleh Alloh SWT.
Lihat banyak orang muslim yang enggan mengucapkan salam, kemudian berjabat tangan.
Bukankah salam adalah sebuah doa antar muslim agar saling selamat dalam rahmat Alloh SWT?

2. Adamus Tsabat( Hilangnya keteguhan pendirian)

Sesungguhnya Alloh murka kepada orang-orang yang mengatakan apa yang tidak ia kerjakan (al ayat).
Menyedihkan memang, ketika ada oknum "ulama" yang berkoar-koar kesana kemari, lalu tindakannya jauh dari apa yang diharapkan oleh Islam.
Kebersihan yang dicintai oleh Alloh SWT nyaris menjadi sebuah doktrin yang mlempem.
Mari kita tengok negeri kita yang mayoritas muslim, bahkan menjadi negeri terbesar kaum musliminnya di seluruh dunia kotor. Kotor negerinya, kotor pula perilaku para oknum pemimpinnya.
Predikat korupsi masih saja melekat pada negeri ini.

Dalam perkataan orang kampung (tegal) :" Jarkoni, Ngajar Ora Nglakoni, (memberikan pelajaran tapi dirinya tak melakukan).
Berapa banyak anggota-anggota DPR yang katanya wakil rakyat harus tinggal di hotel prodeo lantaran melakukan tindakan penyelewengan uang negara. Entahlan sengaja atau tidak.

Sepatutnya kita doakan para ikhwah yang sekarang sedang berada di mihwar parlement.
Sungguh ujian mereka sangat berat.
Tidak pula kita lupakan para ikhwah di lini yang lain juga harus Tsabat (teguh) dalam keramain kerakusan dunia.
Semoga Alloh memberikan pendampingan pada mereka dan kita semua. Amin.

3. Adamus Dzikrullah

Dalam Al Qur'an Al Hasyr ayat 19, difirmakan oleh Alloh agar kita tidak menjadi hamba yang lalai pada Alloh, sebab Alloh akan melalaikan pula dia dengan dirinya sendiri, itulah orang-orang yang fasik.
Sebagian besar ummat Islam, begitu sulit untuk senantiasa merasa bahwa dia sedang diawasi oleh Alloh.
Pada hati orang-orang yang tertaut dengan Alloh, akan merasakan bahwa dia sedang diawasi oleh Alloh SWT, sehingga segala tindakannya akan diikhtiyar sebaik mungkin. Untuk hasilnya tentu Alloh-lah yang berhak memvonis.

Saat bahagian, senang dan ribuan ni'mat Alloh yang menggembirakan hati, manusia begitu sulit untuk mengingat Alloh. Berbeda jika yang ia dapatkan adalah ujian, Alloh akan selalu ia sebut.
Sebuah keadaan oportunis, mengenal Alloh tat kala ia butuh, tak kala ia sedang menderita.
Naudzubillah.

4. Adamus Sabr

Kesabaran adalah sebuah sifat mulis yang sangat mahal. Setiap hari selalu saja ada berita-berita mengerikan, kejahatan dan tindakan asusila. Motif mereka beragam dari masalah perut hingga karena ego.
Lembutkanlah hati-hati kita dengan senantiasa dzikir menyebut nama Alloh, membaca Al Qur'an dan mempelajari sunnah Rasulullah Muhammad SAW.

Pelaku-pelaku tindak kriminal dan sebagainya belum bisa memanajemen egonya.
Kemarahannya yang meluap-luap diinvestasikan dalam tindakan brutal.
Muslimin adalah manusia-manusia yang menahan amarah dan membersihkan dari hatinya tak ada dendam.
Yang ada justru kemauan hati untuk berusaha menjadikan diri dan orang lain menjadi manusia yang selalu memperbaiki diri menuju taqwa.

5. Adamul Al Ikhlas

Sulit memang membersihkan hati kita dari hal-hal yang merusak.
Namun marilah kita berusaha mendekat dengan orang-orang sholeh dan majelis ilmu. Paling tidak akan ada yang mengingatkan manakala jalan kita oleng. Halaqoh menjadi sebuah sarana yang cukup baik.
Pekerjaan-pekerjaan yang kita lakukan semata dalam rangka beribadah Alloh.
Upah, gaji, hadiah, bonus,dll menjadi pengiring otomatis yang kita dapatkan.
Orientasi utama adalah hari panjang (akhirat) sehingga benar-benar hati dalam melakukan aktivitas.
Dunia adalah sarana efektif menuju akhirat.
Orang-orang yang komitmen mendapatkan kehidupan lebih baik di negeri akhirat pastikan akan mendapatkan dunia.
Seorang dokter mengobati pasien, tentu dia akan mendapatkan pahala dari Alloh manakala ikhlas mengerjakannya. Boleh jadi malah mendapatkan penghargaan dari pasiennya berupa harga jasa dokter.

Sementara itu sangat sulit bagi orang-orang materialisti.
Dia akan senantiasa kehausan akan dunia, sementara kehidupan yang sesungguhnya terabaikan.
Ibarat orang yang menanam rumput, rasanya mustahil ada padi tumbuh diantaranya.
Tidak dengan sebaliknya, menanam padi maka akan tumbuh sedikit terkadang banyak rumput yang menghiasi.

6. Adamul Iltizam

Kemajuan teknologi tidak selamanya membuat manusia semakin manjadi baik Kemerosotan moral menjadi semakin dalam tat kala akhlak terpuruk.
Ummat Islam lupa bahkan tidak sadar jika Islam adalah ajaran yang solusif. Ajaranya lengkap.
Sayang, manusianya jauh dari itu.
Urusan perjodohan dia serahkan kepada mesin.
Cukup sms ke nomor-nomor tertentu, maka garisan hidupnya "mengikut" hasil reply-an.
Ketika mesin mengatakan tidak cocok, maka hatinya pun demikian.
Urusan keuangan, pekerjaan , bahkan nasib ia gantungkan pada ramalan-ramalan yang jauh dari nilai-nilai Islam.

Alloh sungguh murka benci dan tidak mengampuni pada hamba-Nya yang menduakanNya.

Semoga kita terlindung dari kemunduran² moral

Sehingga kebangkitan Islam tidak jauh.


Monday, November 27, 2006

Pantai Randusanga

bismillahirrahmanirrahim

Obyek wisata pantai randusanga terletak di kabupaten brebes.
Sayang sekali, lokasinya yang mudah dijangkau tak diimbangi dengan panorama yang ada.
Kondisi memprihatikan, kalo tidak boleh dibilang jelek.
Hamparan tanaman pelindung pasir meranggas, rumput² kering, kolam untuk kapal dayung pun kering.
Belum lagi hamparan pasir laut dibiarkan tanpa ada sentuhan penghijauan.
Entahlah, sebenarnya pantai ini sedang dalam perbaikan atau memang sejak dulu seperti itu.

Ahad, lalu 26 Nop 2006 adalah pertama kali Afoe berkunjung kesana.
Sejak dulu memang afoe sering mendengar tentang pantai ini.
Mulai dari koran lokal hingga berita dari kawan yang pernah datang langsung ke pantai Randusanga.

Satunya² yang bagus menurut Afoe adalah mushola yang bersih.
Tentu saja musholanya kecil, kira menampung 40 orang sekaligus imam, ditambah dengan fasilitas MCK yang lumayan banyak.
Selebihnya ngga bikin betah.
Bawaannya ingin pulang.
Letaknya yang cukup jauh dari jalan raya...(afoe lupa ngitung, ±10 dengan menggunakan mobil kecepatan 40km/jam).

Afoe sih berharap pantai ini sedang dalam perbaikan, afoe lihat ada papan yang sama persis dengan papan-papan yang dipasang di setiap ada proyek pembangunan. Afoe ga begitu jeli melihatnya.
Hanya tertera anggarannya, lupa lagi berapa jumlahnya.

Afoe berada di pantai ini dalam rangka memenuhi undangan PKS yang sedang mengadakan Olah Raga Bersama.

Afoe bertugas meliput dan mengabadikan segala moment disana.
Sekali lagi afoe lupa memfoto keadaan pantainya.
Tapi yakinlah, semua peserta kegiatan Olah Raga Bersama pasti ingat tentang rumput dan pantai yang memprihatikan.

Sesuai Fikriyahnya

bismillahirrahmanirrahim

Hampir setiap hari afoe melakukan silaturahim, alhamdulillah Alloh memberikan kesempatan untuk menyambung persaudaraan kepada manusia yang lain.

Dari silaturahim ini afoe dapat menyimpulkan 2 karakter manusia.
Yang pertama adalah manusia yang selalu membicarakan hal-hal kasat mata saja, nyaris tanpa pernah menyentuh nilai ukhrowi.
Pembicaraannya tak jauh dari kehidupan sepintas, laki-laki, makanan, film, belanja, pakaian, senam, musik, pekerjaan, motor, pacar, rumah, kontrakan, martabak, susu, permen, buah, anggur, apel, klengkeng, jeruk, emas, bahan pakaian, warna biru, coklat, bunga melati, telp, pulsa, hp, uang, bank, dan semuanya, gosip.
Rasanya kok nyesal, manakala rasa sakit dan mati menjelang.
Rasanya kok ketakutan, ketika ujian melanda manusia ini.
Tak ada persiapan ruhiyah, tak ada latihan jiwa untuk menghadapi hal-hal tak kasat mata.
Hingga saat ini mereka masih bertahan dengan segala ragamnya,

Manusia yang kedua adalah segolongan insan yang setiap detiknya dipenuhi dengan dakwah.
Hari-harinya hanya ada sebuah cita untuk mati syahid atau hidup mulai diatas keberkahan dari Alloh SWT.
Setiap bertemu kelompok manusia type ini pembicaraan adalah perbaikan diri, keluarga, dan umat.
Agenda pun seabrek, nyaris tak pernah ada agenda yang mendadak. Semua tersusun rapi, meski sesekali harus bergerak cepat untuk memenuhi agenda menyeru manusia pada kebaikan.
Tangisan dan kebahagian melanda mereka.
Siang mengaung laksana harimau, malam mereka merintih, mengadu pada rabbnya.

Dua manusia diatas adalah sebuah gambaran dari fikriyah (pemikiran) yang ada pada dirinya.
Manusia yang kedua adalah diseru sedangkan manusia yang kedua menyeru.

Mari cerdaskan diri kita dengan menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesamanya.
Dakwah (menyeru pada kebaikan) laksana orang menanam padi.
Orang yang menanam padi selalu dibarengi dengan tumbuhnya rumput.
Kalau rumput adalah hal-hal yang kasat mata (duniawi), maka dia akan turut serta pada manusia-manusia yang menyeru pada ajaran Islam.

Sebaliknya jika kita hanya menanam rumput (bahkan tak sengaja menanam) jangan berharap akan ada padi yang tumbuh diantara rimbunan rumput.

Kupersembahkan untuk :

Rekan-rekan kerja yang setiap pagi(baru berangkat) ngerumpi tentang aktivitas sebelum berangkat.
Aktivitas belanja tadi malam, sore, main ke rumah saudara, nonton film, makan di restaurant, sampai dengan keluarga, dan saudara.
Indahnya jika semua aktivitas kita adalah dalam rangka ibadah pada Alloh.
Mari menanam padi...(lho.....)

Saturday, November 25, 2006

Renang bareng para ikhwah

Wawan dan Ali mubarok tenggelam ( kok tersenyum...?)
Afoe dan sedang lomba renang bareng mas Wawan .
bismillahirrahmanirrahim

Sesuai jadul kepanduan, maka kegiatan renang dilakukan setiap sabtu pagi pukul 06.00-08.00.
Seperti hari ini, pagi² betul afoe mengikuti renang.
Alhamdulillah afoe menjadi peserta yang datang kali pertama.
Karena letak kolam renang yang dekat DPDa, diaman afoe tinggal disana.
Kemudian mas Wawan yang berboncengan dengan afoe, dilanjutkan dengan Ali Mubarok.

Tunggu punya tunggu tak datang jua ikhwah lain.
Akhirnya Afoe, mas wawan dan pa ali mubarok nyebur duluan ke kolam renang.
Suasana kolam yang masih sepi membuat kami leluasa bergerak.
Lagi pula tak begitu malu lantaran tak bisa.
Dari tiga orang, yang paling bagus renang dan kuat adalah pa ali mubarok.
Sabtu ini saja dia mampu renang mengelilingi kolam sebanyak 5 kali, sedangkan afoe dan mas wawan sekali saja sampai di perbatasan kolam renang yang besar sudah tersengal-sengal tenaga dan nafasnya.

Kami bertiga tak berenang lama. Pukul 07.00 tepat kami selesaikan, mandi dan rehat sejenak di tempat duduk penunggu.
Banyak agenda yang harus diselesaikan usai renang, dari mulai perkerjaan rumah tangga, mengantar anak-anak sekolah sampai bekerja di kantor masing-masing.

Insya Alloh pekan depan akan lebih banyak dan lebih lama renangnya.
Paling tidak, renang yang rutin akan membuat badan sehat dan mendapatkan pahala sunnah Rasulullah Muhammad SAW.

Oh yahh untuk tiket umum (langsung beli di loket hari itu) Rp. 7.000 sedangkan untuk tiket langganan cukup Rp.4500 dengan jumlah pembelian satu bendel atau sebanyak 100 tiket.

Saran afoe untuk semua ikhwah yang hendak renang dianjurkan untuk masuk ke kolam renang pada pagi hari sebelum anak-anak sekolah datang jam 06.00-07.00 atau sekalian siang pada saat anak-anak sekolah telah pergi sekitar pukul 09.30.
Pastikan pula hari yang dipilih bukan hari libur, sebab jika libur maka sepanjang hari akan penuh dengan anak-anak dan orang-orang yang renang atau sekedar basah-basahan.

Satu lagi, usahakan bawa makan sendiri dari rumah atau beli di luar.
Sebab jajanan di kantin kolam renang cenderung mahal, lagi pula kalo pagi jarang buka :P
Tuh kan salah-salah kita bisa pingsan kehausan dan kelaparan.
Sebenarnya di depan kolam renang yang afoe pakai ada 2 warung makan langganan.
Satu warung super murah ( lantaran sebagian besar-85%) pembelinya adalah tukang becak, sisanya pelajar dan orang umum.
Warung yang lain lebih banyak dikunjungi oleh pembeli dari kalangan karyawan dan pelajar.
Harganya lebih mahal meski tak semahal harga jajanan di kantin kolam renang.
Untuk lebih hemat lagi , akhsan kita bawa dari rumah.
Jajanan yang tepat untk dibawa renang : kacang kulit, gorengan, pilus, molen, wafer, dan jajanan kering.
Air yang dibawa bisa dipilihkan air teh manis hangat, susu sapi rasa coklat manis hangat, atau juga air bening.

Jangan lupa membaw peralatan mandi (sabun, shampho, pelembab, dan handuk) makin lengkap makin baik, tentu makin repot bawanya...masa mau renang bawa kosmetik, meja rias dan cermin segala ......? repotkan.


Friday, November 24, 2006

Uangnya mana?

bismillahirrahmanirrahim

Pede banget mau makan di rumah makan Cibiuk. Rumah makan yang menawarkan sambal khas Cibiuk.
Afoe aja belum pernah masuk ke dalamnya, kalo sekedar lewat sih sering nyaris setiap pekan.
Terutama hari jumat, karena masjid yang dijadikan afoe sholat Jumat berada di sebelah barat rumah makan itu.
Rasa ingin masuk kesana lantaran tempo hari afoe mendapatkan pamflet warung makan Cibiuk dari dalam koran harian langganan DPD.

Afoe kira-kira masakan-masakan yang ditawarkan akan sesuai dengan selera Afoe.
Afoe kira harga yang ada pasti terjangkau.

Ba'da Jumat, afoe pastikan diri menuju Rumah Makan Cibiuk di tengah kota Tegal.
Motor terus melaju pelan namun pasti mendekat kesana.

Eit-eit......niat urung lantaran uang tunai tak terbawa.
Segera afoe cari ATM terdekat.
Tak berhasil.

Afoe cari ATM bank lain, sama saja.
Tak berhasil.
Afoe menahan lapar hingga pulang ke kantor.
Akhirnya afoe pesan nasi ayam goreng di restoran depan kantor.
Meski bosan, afoe makan juga. Laper....
Afoe makan dulu yahh....

Izzatul Muslimin

bismillahirrahmanirrahim

Pekan ini, thema kajian rutin bersama kawan² tarbiyah masih melanjutkan thema pekan lalu.
Binaul Izzah.

Pembahasan mengarah pada pembagian izzah yang kedua Izzatul Muslimin setelah bagain pertama Izzatul Insan.
Izzaatul Muslimin (harga diri kaum muslimin) terletak pada kekokohan aqidah(keyakinan) yang ada di hatinya.
Aqidah yang bersih dari menyekutukan Alloh dengan makhluknya.
Aqidah yang lurus dari penyimpangan penghambaan kepada selain Alloh.

Orang-orang yang memahami pentingnya izzatul muslimin, akan memiliki rasa kecemburaan yang tinggi terhadap din Islam.
Tak ada kerelaan sedikitnya ketika melihat saudaranya yang lain teraniaya oleh penguasa dzolim.
Orang beriman akan merasakan sakit saudaranya yang lain yang berada di belahan bumi lain.

Ummat ini adalah satu tubuha, satu bagian sakit maka bagian yang lain merasakan sakit pula.
Tangan yang luka, namun mulut ini yang mengaduh.
Kaki ini yang berdarah, tapi kepala ini pun ikut pusing, mata ini menangis, dan tangan ini ikut bergetar.

Ketinggian Islam diatas segalanya membuat kepercayaan diri umat Islam bersama kekuatan Alloh melaju menerjang kemungkaran.
Kondisi yang menurut sebagian manusia adalah susah, perih, sulit, sakit, panas, terjal, berbahaya, beresiko menjadi tanpa arti tak kala Alloh menjadi tujuan hidupnya.

Para ikhwah yang setiap hari berhadapan dengan desing peluru, dentuman bom, dan terikan kesyahidan merasakan kebahagiaan melihat dan mendengar keluarganya mulia dalam kehidupan syahid dalam kematian.
Rasa bahagia terpancar dari keteguhan semangat beribadah ditengah konflik tak berimbang.
Lihat para ikhwah di palestina, libanon, dan belahan bumi lain.

Izzatul Muslimin juga tercermin dari para ikhwah di bidang lain yang tetap teguh memegang kebersihan iman dari godana-godaan syaitan.
Para ikhwah yang duduk di parlemen, bukan main-main ujian yang dberikan oleh Alloh.
Serakan dunia menjadi pemandangan biasa yang sesungguhnya banyak menyeret manusia menjadi terhina.
Kisah-kisah heroik ikhwah yang harus melawan hawa nafsunya menjadi pelajaran kita semua.
Amplop² bermemo.
Kunci-kunci mobil yang telah bertuan sering kita dengarkan dari mereka.
Kita berdoa semoga alloh senantiasa meneguhkan keimanan dalam perjuangan mereka disana.

Tak kalah berat ujian ikhwah yang berada di tatatan esksekutif.
Tekanan pihak kedua, ketiga, keempat dan seterusnya menjadi hiasan hidupnya.
Kebutuhan ekonomi menjadi fitnah utama.
Mereka harus bersaing diantara eksekutif² hitam, berusaha menyerukan Islam ditengah sekulernya dunia.

Fitnah -fitnah (ujian) itu tidak jarang menjadi tingkat keimanan turun naik.
Tak satu dua yang harus terperosok ke lembah kenistaan, meski kembali merangkah menuju taubat.

Kan,....Baru kemarin

bismillahirrahmanirrahim

Kok bisa, my new father kembali ke indonesia?
Baru saja berangkat kemarin Senin, masa hari Kamis ini sudah pulang.
Terus pekerjaan disana bagaimana?

Afoe tanyakan saja, gimana keadaannya?
Beliau baik-baik saja, nampak wajahnya kelelahan...apalagi kemarin ketika baru rehat di hotel terkena sakit.
Matanya menghitam dikit, sepertinya beliau kurang istirahat. Entahlah benar ngga sih.....?

Afoe berbincang dalam lingkaran keluarga besar my newfather, ada istrinya, anaknya dan khodimat (pramuwisma)....

Ya Alloh ternyata hanya mimpi..... :p



Twenty Fifth, Now !!!

bismillahirrahmanirrahim

365 hari yang lalu, afoe menuliskan hal yang sama dengan tuilsan pagi ini.
Sebuah peristiwa fitrah manusia. Kelahiran.

Maka kalo tahun kemarin adalah genap 24 tahun, hari ini afoe mengumpulkan usia hingga 25 tahun.
Pas 25 tahun.

Alhamdulillah Alloh masih memberikan kesempatan untuk mengarungi bahtera kehidupan mengumpulkan bekal untuk kehidupan berikutnya. Ampuni segala dosa dan maafkan segala khilaf.

Detik demi detik terus berlalu menjadi menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun.
Terasa sekali waktu begitu cepat berlalu, namun tak terasa begitu banyak kesalahan dan kekurangan yang melingkupi diri ini.
Menyakiti dan menyinggung hati-hati yang tenang milik al insan disekitar Afoe.
Afoe meminta maaf untuk itu semua.
Maafkan afoe yahh....

Kepada orang tua yang telah berjuang menegakkan dinn Islam dalam ruhiyah afoe, jazakumullah khoiron katsiron. ( semoga Alloh memberikan balasan yang lebih baik dan lebih banyak pada kedua orangtuaku).
Saudara dan handai taulan yang mendukung afoe untuk hidup lebih baik, afoe do'akan semoga keberkahan dari Alloh SWT senantiasa menyertai. Amin.

Untuk semua ustad madrasah, ustad ngaji turutan, guru SD-SMA, dosen UT, pengajar kursus, murobi (pembimbing) halaqoh, dan semua orang yang turut andil dalam mencerdaskan diri ini, Semoga Alloh memberikan kemanfaatan pada ilmu yang diberikan pada Afoe.
Bukankah sebaik-baik ilmu adalah yang dipelajari, diajarkan dan diamalkan?
Afoe sedang berusaha mengamalkannya.

Dan kepada seluruh makhluk yang pernah berkomunikasi dengan afoe, baik yang terlihat atau pun kasat mata (maksudnya diluar kota) afoe mohon keikhlasannya atas kerjasama kita
.

Kawan² di Partai Keadilan Sejahtera, Tarbiyah, Yayasan Ribhatul Ukhuwah, Pusat Layanan Pelajar Cendikia, Tim Nasyid Birru, Forum Silaturahim Rohis Tegal, Angkatan 2002 SMA 1 Tegal, kawan² manajemen UT Purwokerto,Astagina, Indonet, Astaprima, warga Sumurpanggang, Cempaka street, mailing list, dan pihak-pihak yang telah mewarnai Afoe hingga 25 tahun ini.

Jazakumullah khoiron Katsiron.
Terimalah karya Afoe, Ya Alloh.

Dukung terus Afoe menjadi manusia yang bermanfaat.
Manfaatkan afoe...ya kawan²...(lho.....?)

Selamat hari lahir yang ke-25 tahun untuk jasad ini, semoga keberkahan menyelimuti usia yang masih tersisa di depan.

Thursday, November 23, 2006

Rabbani

Bismillahirrahmanirrahim

Muhasabah menjelang tidur kini lebih seru.
Seru lantaran ditemani oleh alunan nasyid dari Rabbani.
Meski sejak lama afoe telah mengenal tim ini, namun kaset yang ada tape recorder afoe sangat baik.
Afoe belum pernah dengar sebelumnya.
Ndak tahu juga judulnya apa, yang afoe tahu didalam ada nasyid Indonesia yang mereka bawakan.
Syairnya begini :
"Rasa cinta pasti ada, pada makhluk yang bernyawa ..."
Nada semakin lembut dengan khas melayu.
Sementara nasyid yang lain cukup baik untuk dijadikan nasihat menjelang tidur.

Ada nasyid (lagi-lagi ndak tahu judulnya), yang sangat bagus.
Bercerita tentang kekhawatiran diri ketika mati dalam keadaan belum bertobat.
Wah, ngeri kan...?
Afoe mau tidur malah diancam...jangan-janga tidur ini adalah awal dari mati.
Sesungguhnya kematian adalah awal dari pertemuan dengan Alloh yang sesungguhnya.
Kunci untuk masuk ke surga bertemu dengan penghuni lain.

Yang menakutkan adalah : Apakah diri ini layak untuk bersanding bersama hamba-hamba pilihanNya menghuni syurga?
Finally afoe terlelap dengan lantunan nasyid Rabbani.
Seandainya kaset ini afoe temukan di toko, insya Alloh afoe beli.
Tapi judul album Rabbani yang ini apa?
Afoe temukan kaset Rabbani ini bersama tumpukan kaset² afoe yang dipinjam DPD.
Ketika afoe ingin mendengarkan nasyid, afoe ambil saja kaset bugil ini.
Afoe nyalakan dan kaget lantaran isinya bukan seperti yang afoe duga.
Kaset-kaset nasyid yang afoe punya hampir semua keluar dari sampulnya masing-masing.
Tak ada yang terbungkus rapi dengan cover atau tempatnya.
Alasannya : biar cepat aja mainnya.

Isinya bagus.....bisa buat teman nyetrika, njelang tidur, nyuci baju atau bersih-bersih rumah.


Kodok Biru

bismillahirrahmanirrahim

2 hari yang lalu afoe berkawan dengan seekor kodok Biru.
Wajahnya lucu dengan senyum yang selalu mekar di bibirnya, matanya tak pernah ngantuk apalagi tidur.
Kulitnya yang biru agak lusuh karena tak terkena hujan cukup lama menjadikan sang kodok tambah imut.
Kulitnya halus tak bersisik.

Kakinya agak ringkih sehingga belum bisa menopang tubuhnya yang tambun.
Diatas kepalanya terdapat tali pengekang untuk mengankatnya kemana².
Sang kodok tak pernah kepanasan walaupun dijemur di atas motor.
Diatas punggunya ada sistem buka-tutup yang digunakan untuk membuka isi punggungya.
Kodok biru itu sekarang sedang duduk di atas meja kerja afoe.
Memandang dengan mata tak berkedip.

Oh sang kodok biru, selalu menemani Afoe mengendarai motor.
Dia bergelantungan di bibir kunci motor bersama anak kunci yang lain.
Sesekali sang kodok, afoe masukan ke saku ketika akan sholat di masjid.


Wednesday, November 22, 2006

24=25

bismillahirrahmanirrahim

Berasa semakin khawatir dengan usia yang semakin bertambah dengan kesempatan yang semakin hilang untuk mencari bekal hari akhi.
Kekhawatiran yang berlebih, lantaran cita-cita dan obsesi yang belum dan tidak maksimal terpenuhi.
Target membina anak-anak dalam lingkaran tarbiyah selalu goyang.
Bulan ini afoe akan diamanahi 2 kelompok lagi.
Satu kelompok yang udah jalan sedang diuji oleh Alloh SWT pada titik keistiqomahan.
2 kelompok yang baru benar-benar mengkhawatirkan.
Senin lalu saja, hanya satu orang baru yang berhasil afoe temui, alhamdulillah masih ada oranya.
Rabu ini seharusnya hadir 5 orang sebagai kelompok baru yang akan afoe pegang.
Entahlah, semoga alloh mudahkan segala urusan Afoe.

Untuk mengakhiri masa lajang dengan suci tahun ini pun kelihatannya akan kandas.
Tahun 2006 tinggal menghitung hari akan masuk menjadi tahun 2007.
Tuh kan....sekarang saja sudah tanggal 22 Nop 06.
Kira-kira 39 hari memasuki awal tahun 2007.

Sementara itu 2 hari lagi usia Afoe menuju puncak 25 tahun.
Usia rasulullah menikah dan mengakhiri masa lajangnya dengan khodijah al kubro.
Wah indahnya kehidupan Rasulullah dan para sahabat.

Memaafkan dan tidak Mendendam

bismillahirrahmanirrahim

Salah satu sifat orang yang beriman pada Alloh SWT adalah memiliki sifat pemaaf.
Memaafkan akan menjadi begitu mudah jika kesalahan yang dilakukan kecil.
Namun sebaliknya menjadi sangat mahal bahkan super sulit tatkala sebuah kesalahan besar dan rumit.
Orang-orang yang beriman memang memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan yang lainnya.
Orientasinya selalu pada Alloh SWT, sehingga seberat dan sesusah apapun akan ia usahakan.

Sifat berikutnya yang harus melekat pada orang-orang yang beriman adalah tidak mendendam.
Memaafkan mungkin selesai di dalam ucapan atau sebuah tindakan dengan salaman antar dua pihak atau lebih.
Perkara selanjutnya yang harus diselesaikan adalah hati.
Hati yang kecil yang menjadi panglima seorang manusia harus bersih dari sifat pendendam.
Ini sungguh sangat sulit......terutama bagi orang-orang yang lemah iman dan sering angin-anginan imannya.

Alloh SWT memberikan penghargaan special to special people who belief in him.
Alloh SWT memberikan berkah dan rahmat bagi mereka yang suka memaafkan kesalahan orang lain, melupakan dan menjaga silaturahim antara mereka.

Mari belajar memaafkan tanpa mendendam.
Jadi maafkan afoe yahh....dan jangan dendam sama Afoe.....ntar pada rugi......
Rugi karena Alloh SWT tidak memberikan karunia terbaiknya pada

Monday, November 20, 2006

aktivitas dalam Mendung

bismillahirrahmanirrahim

Mendung sudah menyelimuti kota Tegal sejak sore tadi (pukul 16.30) pas Afoe kerja.
Afoe tak langsung beraktivitas di DPD, tapi langsung ketemu dengan anak² SMA yang sudah janjian di mushola baitul ilmi.
Tak lama disana, sekitar 30 menit.
Bercanda berbagi tawa bersama ikhwah² kecil disana.

Jam di dinding mushola terlihat menunjukkan pukul 17.00 saat afoe meninggalkan mushola mengantarkan Irfan ke Mejasem.
Seingat afoe di Hp ada sms dan misscall yang masuk.
Betull, ada sms....nagih dana perjalan ke Semarang dari orang kantor.
Afoe mengalah kembali ke kantor menyiapkan dananya.
Alhamdulillah, afoe sempatkan diri mengisi blog ini sebelum pulang.

Eh afoe, lagi pesan nasi ayam goreng. Murah. Rp. 6.000
Tunggu yahh...

My new father has flight to Vietnam

bismillahirrahmanirrahim

Ahad malam pukul 22.30, my new father has gone to vietnam.
Alhamdulillah, Jum'at malam sabtu cukup lama berinteraksi dengannya.
Afoe menyempatkan untuk makan malam bersama di warung.
Habisnya Afoe malu harus makan di rumahnya.
Lagian beliau pernah bilang dia dan istrinya ga pandai memasak.
Jangan² semua masakan dimasak oleh khodimatnya.....he...he....he...he...(makanya belajar masak dong).

Afoe ajak beliau ke rumah makan sari mendo.
Pesan sate, teh manis, dan kuah gulai.
Seperti biasa, Afoe tak sanggup harus makan banyak.
Nafsu makan masih menggelora, tapi perut terasa kenyang sekali.
15 tusuk yang Afoe pesan cukup Afoe makan 5 tusuk, sedangkan yang 10 eaten by my father.

Tadi malam, afoe ingin mengantarkan beliau ke Jakarta sebelum terbang ke Vietnam.
Setelah dipertimbangkan, keliatanya cukup sulit lantaran besok afoe harus masuk kerja.
Lagian Afoe baru saja cuti kemarin.

Semoga myfather sampai kesana dengan selamat. Amin.
Sebulan afoe takkan bersua.
Do'aku menyertaimu.Amin.

Friday, November 17, 2006

Binaul Izzah

bismillahirrahmanirrahim

Secara fitrah sesungguhnya manusia memiliki izzah (kemuliaan) islam
Seiring waktu, izzah itu semakin bersinar ataupun sebaliknya memburam bahkan hilang tersembunyi dalam hati.

Hidup menjadi saran untuk meningkatkan izzah manusia.
Entah mulia di dunia atau orientasi pada izzah di akhirat, juga ada manusia yang ideal dalam orientasinya izzah fiddun ya wa akhirot.

Ada manusia yang hidup dengan izzah dunia yang luar biasa. Lihatlah kaum borjuis, konglomerat yang bertabur kekayaan. Bahkan menutu mereka semua di dunia dapat terbeli dengan uang dengan kekuasaan yang mereka miliki. Lihatlah dengan Firaun yang mati dalam ke kufuran lantaran sombong.


Maka, izzah dunia apapun, bagaimanapun, mari kita perdayakan untuk memberikan manfaat pada bekal hari akhir.
Bukankah sahabat Rasulullah SAW, abu bakar ash sidiq RA adalah seorang sahabat yang kaya memberikan gaji pada sahabat lain yang kekurangan.
Juga sahabat Rasul yang lain, abdurahman bin Auf yang luar biasa kaya hinga dikabarkan oleh istri baginda rasul Siti Aisyah, akan masuk ke dalam surga dengan merangkak.
Kata Rasul, dia (abdurahman bin auf) keberatan dengan hartanya.

Kembali pada diri kita.
Masing² kita memiliki izzah tinggi di bidangnya masing².
Dokter, teknisi komputer,sopir,tukang bakso,tukang cukur,ustad, tentara, nelayan, seniman, accounting, hakim, artis, tukang pijat, guru, dana ribuan pekerjaan yang dapat kita maksimalkan sepenuhnya untuk berdakwah.

Bina Izzah diri dalam islam, hingga selamat di dalam akhirat. amin.

Thursday, November 16, 2006

I have new father

bismillahirrahmanirrahim

There is one people who give me much suggetion and attention. He is my new Father.

Setelah berinteraksi satu bulan, afoe merasakan kecocokan dengan beliau.
Paling tidak sampai dengan hari ini. Semoga aja, sampai nanti.
Rabu kemarin afoe relakan cuti sehari untuk lebih akrab dengan my new father.
Afoe dan beliau bercakap sejenak (sekitar 40 menit) di kolam renang Samudra mengenai kisah masing², sebelum akhirnya nyemplung ke kolam renang.
Banyak yang afoe pelajari dari beliau.
Selain keras kepala (ini julukan yang ia sematkan pada dirinya sendiri), beliau juga cukup rajin memperhatikan orang lain. Terumata pada hal² sosial.

My newe Father, akan berontak manakala ada system yang tidak sesuai dengan pengetahuan dan ego nya.
Apalagi jika jika sistem itu benar² buruk dimatanya.
Untuk urusan agama pun,beliau sangat kritis.
Jangan berharap, sekali ucap maka akan ia telah mentah.
Yang ada hanya dikulum, kemudian akan ditahan, sejenak dimuntahkan jika tak nyaman.

My new Father, tergolong manusia ramah.
Ramah banget, khasnya orang tua gitu.
Ketika afoe berkunjung ke kontrakannya, nyaris semua tetangga mengenalnya.
Kontrakannya yang selalu terbuka lebar pintunya membuat anak² dan tetangga sekitar tak segan untuk berkunjung.

Senin, 20 Nop 06, beliau akan berangkat ke negeri orang.
Bekerja mencari karunia Alloh untuk anak dan istrinya.
My new father akan berada di negeri seberang selama satu bulan.

Keep your self dan better then before.
I hope Alloh always bless dan love you.




to my new father : subkhan yusuf



Tuesday, November 14, 2006

Besok, CUTI kerja

bismillahirrahmanirrahim

Ikhwah fillah, para pembaca yang budiman.

Insya Alloh, Rabu besok afoe akan cuti kerja selama 1 hari.
Ada agenda yang akan afoe lakukan bersama kawan.
Kenapa harus sampai cuti segala?
Apa ndak bisa di luar jam kerja?

Teman ini, alhamdulillah menjaga banget pergaulannya.
Salah satu agenda yang besok akan dilakukan adalah adalah berenang.
Untuk mengikuti sunnah Rasulullah , maka Afoe mintakan beliau mengajari renang.
Beliau bersedia namun ada syaratnya : Kolam Renangnya harus steril dari akhwat (perempuan).
Itu yang cukup susah.
Di kota Afoe yang kecil ini belum menyediakan kolam renang khusus.

Kata beliau, boleh saja di kolam renang yang biasa Afoe pakai untuk latihan, tapi harus steril dari akhwat.
berdasarkan pemantauan beliau ketika mengantarkan anak-anaknya renang, maka hari kerja (Senin-Jumat) diatas jam 9 pagi.

Tuh kan...hari kerja.
Afoe mengalah, demi bisa mengikuti sunnah Rasulullah SAW, berenang.

Tadi malam, afoe sudah sms beliau untuk menyiapkan waktu hari Rabu latihan renang.
Beliau menyanggupinya.

Monday, November 13, 2006

Jadi ARTIS

bismillahirrahmanirrahim

Selain menjadi panitia (ga jelas job description-nya) afoe juga tampil menjadi penghibur.
Kata orang, jadi artis gitu.
Coba lihat aksinya, :P (gambarnya miring, biar susah ngeliatnya)
Afoe pakai baju koko hitam.

Seharian di DPD

bismillahirrahmanirrahim

Sabtu malam, afoe buka buku agenda.
Semua agenda yang tertulis nyaris selesai, tinggal agenda menghadiri walimahan mas Dori di daerah Warung Pring Kabupaten Pemalang. Setelah menunggu kawan yang akan mengantar kesana datang terlalu malam, maka afoe batalkan, Tak mungkin, terlalu beresiko, lantaran jarak dan perjalanan yang kurang aman menuju daerah warung Pring.

Hutan dan persawahan serta kawasan sepi akan menjadi suasana sepanjang perjalanan ke Warung Pring. BATAL.

Afoe rehat sambil nonton Bioskop TransTv hingga pukul 23.15 WIB.
Afoe lihat kembali buku agenda untuk acara Ahad besok.

Usai shubuh afoe harus menyiapkan peralatan dan mengikuti senam di halaman DPD.
Jam 09.00, ada pertemuan Wajihah dengan Bidang Kesra.
Setelah pertemuan itu, afoe diminta mendampingi teknisi yang akan mempartisi hardidisk komputer DPD.

Jam 16.00 observasi studio untuk latihan nasyid Birru, malamnya free. Insya Alloh.
Benar saja.

Hari Ahad satu persatu agenda terpenuhi, bahkan sampai sore pun masih lancar.
Menjelang maghrib, afoe memilih pulang ke kampung.
Tidur dan makan disana, ketemuan ama saudara².

Saturday, November 11, 2006

Wisuda Astagina

bismillahirrahmanirrahim

Hari ini, Afoe diamanahi jadi panitia wisuda siswa-siswi D1 ASTAGINA di gedung Transjaya Kota Tegal.
Acara yang akan dibuka pukul 08.30 menjadi ajang terakhir para siswa-siswi untuk bertatap muka dalam suasana akademis.
Kegiatan wisuda ini biasanya penuh sesak dengan berbagai kegiatan.
Kegiatan yang paling banyak memerlukan waktu adalah ceremonial penyerahan sertifikat ijazah.
Tahun ajaran 2005/2006 ASTAGINA berhasil meluluskan 300 siswa, sehingga kalo dihitung-hitung lebih dari 600 orang akan berada di Gedung transjaya.
Ini belum dihitung dengan panitia pendukung, tamu undangan dan lainnya.

Karena wisuda inilah, afoe mendapatkan dispensasi alamiah dari pekerjaan rutin, Jurnal dan Neraca, Laba Rugi dan segala hal menyangkut accounting.




Friday, November 10, 2006

Afwan ustad, ane terjebak

bismillahirrahmanirrahim

Rencana telah tersusun rapi, malam ini (Rabu malam Kamis) afoe akan terlambat untuk hadir dalam halaqoh.
Ada agenda lain yang sulit ditinggalkan, menghadiri peresmian Masjid Jami Al Fattah Bongkok Kab. Tegal.
Yup, meski liqo bagi Afoe adalah agenda yang sangat penting, namun hadir di peresmian juga penting.

Setelah dipikirkan, afoe memilih untuk hadir dahulu di peresmian Masjid hingga pukul 21.00, menurut kabar Afoe akan SANGAT dibutuhkan pada waktu² awal acara.
So, yakinkan diri untuk disiplin dalam waktu.
Afoe keluar dari DPD dan langsung menuju ke tempat acara.
Adzan Isya berkumandang, Afoe sholat di sebuah masjid desa Padaharja, nampak beberapa orang yang afoe kenal telah lebih dahulu sholat Isya, afoe ketinggalan 1 rakaat.
Afoe lihat jam di dinding masjid menunjukkan pukul 19.26-an, saat usai sholat.
Insya Alloh tidak akan telah menuju tempat peresmian Masjid.
Sholat Ba'diyah, berbincang sebentar dengan teman-teman yang afoe kenal di masjid itu, kemudian melaju menuju Desa Bongkok.

15 menit, motor yang Afoe pakai telah terparkir di depan masjid jami Al Fatah yang akan diresmikan, usai melalui jalan panturan dengan kecepatan 40km/jam.
Nampak halaman masjid telah ramai oleh anak-anak dan beberapa orang dewasa.
Maklum, saat itu acara masih belum dimulai,
Jam di dinding masjid al fattah menunjukkan pukul 19.45.
Afoe dekati mic, dan beraksi (bernasyid) mengundang warga dan hadirin lain untuk segera datang.
Afoe lakukan itu dengan maksud agar acara cepat mulai, sehingga afoe bisa meninggalkan masjid untuk datang halaqoh.
Alhamdulillah setelah 30 menit afoe berkoar-koar, acara dimulai juga.
Afoe duduk sejenak untuk bernasyid lagi di tengah acara (sekitar pukul 20.30-an) dengan 2 kali penampilan.
Pembukaan, dan tilawah berlangsung lancar.
Sambutan panitia peresmian lancar,
Sayang laporan dari panitia pembangunan sangat lama (35 menitan), hingga waktu yang afoe duga pukul 20.30 untuk tampil harus molor jauh-jauh banget.
Afoe tampil kembali pukul 21.15, setelah sambutan dan laporan keuangan panitia pembangunan masjid.
Penampilan kedua????????Ntahlah , jam berapa.

Pukul 21.30, penampilan di tengah acara usai, tinggal menunggu penampilan terakhir. (red: kedua).
Sambutan dari kepala desa menjadi acara usai afoe tampil.
Tak lama memang, namun acara berikutnya yang bikin afoe blingsatan.
Bupati Kab. Tegal datang, semua orang terpesona pada kehadirannya.
Bukan blingsatan karena kedatangan Bupati, tapi blingsatan karena pasti ada suasana lain.
Ngga bebas, apalagi afoe sudah terikat kontrak dengan panitia untuk mengisi hiburan.

Benar saja.

Sang MC mempersilahkan Afoe untuk tampil bernasyid, ada rasa bosan sebenarnya.
Kalo dihitung² berarti Afoe tampil di masjid Al Fattah malam itu mencapai 3 kali.
Cek Shound (20 menit), Inti (15 menit), dan inti terakhir (15 menit). tuh kan......
Kini afoe berada di panggung tepat dengan bupati Tegal yang duduk di barisan paling depan.
Afoe tak canggung,grogi atau lemes.
Cuman bingung aja ntar afoe harus duduk dimana usai tampil?
Bareng dengan Bupati atau masuk ke dalam ruang utama masjid seperti sejak awal afoe masuk.

15 menit terasa lama, karena penampilan ini adalah yang ketiga kali.
Aneh, semua orang merasa senang, gembira termasuk Bupati Tegal yang memberikan tepuk tangan.

Tidak dikomando, usai tampil afoe langsung nyosor ke dalam masjid.
Terjebak.
Sebab sekarang bupati Tegal telah berdiri di mimbar memberikan sambutan sekaligus akan meresmikan Masjid Al Fattah.
Afoe lihat jam di dinding masjid menunjukkan pukul 22.02
Gawat.
Mau keluar, malu....
Lewat mana? Ga mungkin lewat samping masjid, yang ujung²nya juga akan ketemu dengan Bupati yang sedang asyik di atas mimbar bersama warga sekitar.
Mau lewat depan (samping bupati) juga ga sopan.
Apalagi saat itu afoe membawa tas hitam besar yang berisi buku halaqoh, jaket, alat tulis, kamera dan lainnya.
Ahhh bingung.

Dalam kebingungan afoe putuskan untuk menunggu sang Bupati turun.
Haghhhhhhhhhhhh, alhamdulillah sambutan dan peresmian telah selesai.
Tahu ga jam berapa sekarang?

Pukul 22.52, bersamaan dengan masuknya sms dari kawan Afoe.
SMS itu : " Liqo baru saja selesai, pekan depan di rumah akh Yusuf pukul 19.30".

Afoe sedih, hari ini ga bisa hadir di halaqoh.
Banyak sebenarnya berita dan rencana dakwah yang ingin afoe sampaikan di forum itu.

Semoga alloh bisa mengambil ibroh dari peristiwa ini.

Afwan ustad, ane terjebak.
Tidak ada kesengajaan untuk tidak hadir.
Insya Alloh antum memahami.

Jazakallah atas dukungan antum selama ini.

Thursday, November 09, 2006

Mobat-Mabit hingga ke Suradadi

Rabu, 8 Nop 06.

Ada yang salah dalam agedan Rabu kemarin.
Salah lantaran, ada beberapa faktor yang kurang diperhatikan.
Salah satunya adalah pengaturan waktu yang tidak rapi.

Adalah siang hari pukul 12.20, afoe keluar dari kantor.
Untuk hari-hari biasa, afoe akan langsung ngacir menuju warung Padang Sinar Ombilin, tapi Rabu itu afoe tak bisa.
Afoe ada janjian dengan dr.Desi untuk menyerahkan kursi roda ke Suradadi.
Judual penyerahan harusnya pukul 09.00, nanum karena dr.Desi ada agenda di rumah sakit Kardinah, maka waktu penyerahan kursi roda diundur hingga pukul 12.30.

Alhamdulillah, motor yang afoe pakai lancar, Pukul 12.31 afoe telah sampai di DPD sebagai tempat janjian dengan bu dokter.
Afoe lihat di kantor BSMI (tempat mangkal para dokter) ada mobil taruna yang sedang diparkir.
Afoe yakin itu adalah mobil bu dokter.
Afoe sms beliau untuk sekedar mengingatkan dan ijin untuk ambil kamera di kawan.
Ada balasan : " afwan pa, ke Suradadi bareng pa yusuf aja yahh.." dari nomor Bu Desi.
Afoe kembali keluar ke rumah pa Anto untuk ambil kamera.
Sejenak Afoe sudah kembali ke DPD dengan kamera digital.
Afoe tunggu di DPD.

Afoe mulai gusar, lantaran sekarang sudah pukul 12.48.
Afoe sms bu Desi, : " bu, pa yusuf jadi ngantar ga"?
Afoe sms pula pa yusuf: :" afwan, waktu kita terbatas, antum dimana?, jadi ke Suradadi ga?"

1 sms balasan masuk :" Pa yusufnya sedang dalam perjalanan"
Beberapa menit kemudian Handphone afoe berdering, terlihat di layar HP ada nomor Pa Yusuf.
Yusuf :" Assalamualaikum"
Afoe : " Waalaikum salam, langsung pa, ane sudah siap nih di DPD"
Yusuf: " Afwan akh, ane masih dikantor, ga ada kendaraan untuk keluar dari kantor menuju BSMI, gmn? "
Afoe: " ok dech, ane jemput yahh antum di kantor, sekarang !, Assalamualaikum".
Yusuf: "Waalaikum salam".

Afoe ngebut banget menuju kantor pa Yusuf.
3 menitan afoe sudah masuk ke area kantor pa yusuf.
Afoe masuk dan bertanya pada satpan di depan pintu masuk kantor.
Afoe ditunjukan ruang pa Yusuf.
Afoe bawa pa Yusuf ke BSMI, dan segera berangkat ke Suradadi.

Afoe dan Pa Yusuf ke Suradadi di temani pa Tobiin dan Mas Yono menyerahkan kursi roda pada Author.
Author anak usia 5 tahun yang menderita lumpuh layu. Hingga kini kondisi masih memprihatinkan.
Kedua kakinya tidak tumbuh normal, tangannya juga demikian.
Sementara itu, kecerdasannya jauh dari kecerdasan anak usia 5 tahuan.
Belum bisa jalan, bicara apalagi untuk mengerti.
Semoga alloh berikan kesembuhan padanya, dan kesabaran bagi ibunya yang baru saja ditinggal mati suami 2 bulan yang lalu.amin.

Wednesday, November 08, 2006

Kacang bawang,agar² dan Pisang

bismillahirrahmanirrahim

Hampir tiap hari usai Ramadhan, afoe membiasakan diri untuk membeli kue.
Awalnya afoe beli karena kasihan pada sang penjual.
Seorang ibu yang baik hati, humoris (awas kadang jorok karena latah), harus mondar-mandir menjajakan jajanan dengan 3 lingkar drum yang digendong. Orang-orang sering memanggilnya dengan Bu Sugeng, jajan tenongan.

Kemarin afoe beli nasi bogana lengkap dengan lauk yang lain, juga jajanan.
Hari ini afoe hanya membeli jajan, lantaran sebelum sampai ke kantor afoe sempatkan untuk sarapan terlebih dahulu.

Kacang bawang 1 bungkus, agar-agar 2 bungkus, terus dapat bonus kembalian pisang panggang dari Bu Sugeng.
Mungkin karena langganan sehingga dia rela memberikan bonus, Waduh jadi ga enak.

Kawan-kawan kantor juga banyak membeli, lapar karena hujan.
Hari ini bu Sugeng laris. Alhamdulillah.

Hujan telah tiba !

bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, doa para munajat jamaah sholat istisqo ( sholat untuk memohon hujan) terkabulkan.
Jika 3 hari lalu (ahad, 5 Nop 06) sempat rintik gerimis selama 10 detik, maka pagi hari ini Rabu, Alloh mencurahkan rahmatNya, hujan lebat dan indah.

Afoe benar-benar meni'mati hujan kali ini.
Afoe pandangai tetesannya yang semula rintik, menjadi titik air dan berhimpun menjadi hujan.
Sedikit demi sedikit dedaunan di halaman DPD mulai basah, air, tanah, dan lantai halaman pun demikian.
Kotaku basah oleh rahmatNya. Amin

Hujan yang turun tepat sekali, sesaat sebelum orang-orang kantor memulai bekerja.
Tepat sekali, sesaat setelah anak-anak sekolah masuk mengikuti pelajarannya.
Kotaku sejuk kembali.
Ada senyum di bibir ini, mengingat berita-berita kekeringan di harian lokal.
Insya Alloh para petani dan lainnya pun tersenyum mengucap syukur pada Alloh SWT.

Afoe mandi, bergegas ke kantor, udah siang (pkl .08.00).
Wushhhhhhhhhhhhhh....................afoe sampai kantor.
Kerja deh.

Tuesday, November 07, 2006

Hilal

bismillahirrahmanirrahim

Sudah 2 tahun, mas Wawan tidak tinggal dengan Afoe. Beliau kini bersama dengan anak dan istrinya berbahagia di rumah mertua.
Meski demikian, komunikasi kami tetap lancar.
Selain lewat Hp dan telp, kami juga sering ketemuan dalam acara jamaah.
Pengajian umum, mabit, olah raga, rapat, aksi turun ke jalan, atau bahkan hanya sekedar mengantarkan undangan agenda jamaah.

Alhamdulillah, melalui pernikahan yang sederhana Mas Wawan dikaruniai anak laki-laki yang lucu.
Kalo afoe perhatikan sih mirip banget dengannya, kulitnya putih dan lucunya bukan main.
Hampir semua orang yang melihat Hilal (begitu bayi mungil biasa dipanggil).
Badannya yang mungil membawa nggemesin.

Afoe pun pernah mencoba menggendongnya, tat kala afoe silaturahim ke rumahnya.
Terlintas , afoe ngiri juga ingin memiliki bayi laki-kali mungil.
Tunggu saja, insya alloh ada waktunya. :)

Dalam gambar diatas terlihat Hilal sedang asyik bersama umminya.
Afoe berhasil mengabadikan moment itu dalam sebuah acara jamaah yang dihadiri oleh seluruh kader baik ikhwan atau akhwat.


Malam Panas

bismillahirrahmanirrahim

Kota ku yang mungil ini ternyata sedang mengalami panas yang luar biasa.
Siang malam panas.
Mungkin kalo siang hari cuaca jadi panas tak ada yang aneh, ini mah malam hari panas banget.
Ketika afoe akan tidur pasti deh, semuanya harus disiapin.
Air putih, kipas angin dan kaos tipis.
Bahkan di tengah malam (pukul 00.00-03.00 WIB), udara benar² sedang panasnya.
Kipas yang berputar seakan tak berasa, air yang dingin seraca lewat saja ditenggorokan.
Badan ini masih panas, keringat bercucuran membasahi bantal dan kaos.

Jika tak malas, maka badan ini akan bangun, buka pinti rumah dan keluar atau sekedar berdiri di depan pintu berharap ada angin yang berhembus.
Namun lebih banyak malas, karena mata ini ngantuk luar b iasa, badan capek, maka hanya duduk membelaki kipas angin yang dari sore asyik memutarkan baling-balingnya.
Minum air dan berusaha tidru lagi, panas masih menyelimuti.

Tak kuat dengan kepanasan, mak kaos yang memang dirancang tipis khusus untuk tidur harus rela di lepas.
Dada telanjang, namun panas masih saja memanggang badan ini.
Lelah dan terlelap kembali, hingga adzan membangunkan afoe.

Bentar lagi, kok

bismillahirrahmanirrahim

Jadual makan siang agak dipercepat.
Afoe yang biasanya makan agak lama, sengaja langsung ngacir dari Warung Makan Padang SInar Ombilin menuju DPD.
Tak ada yang lain yang membaut afoe buru-buru seperti itu.
Afoe harus menyelesaikan dekorasi yang belum kelar.
NGebut dan ngebut, belok, muter, dan masuk ke halaman DPD, parkir.
Afoe buka pintu, menuju kamar mengambil kertas asturo dan meletakkan di meja rapat DPD.
Alhamdulillah, kali ini ada pa kuri yang membantu, meski baru temapt dan tanggal pelaksanaan yang dibuatnya, itupun ga lengkap.

Waktu ters berjalan, hingga tegang melihat jam dindidng yang sudah menunjukkan jam 14.00
Afoe bersiap dan pergi ke lagi ke kantor.
Puang kantor insya Alloh akan selesai. Amin,.

Kaki tangan lemes

bismillahirrahmanirrahim

Pagi² betul, usai sholat shubuh dan tilawah, afoe langsung kabur menuju ruang tengah.
Masih tersebar disana kertas² asturo yang belum dikerjakan menjadi huruf² untuk dekorasi masa reses anggota deewan DPRD I Jawa Tengah.
Yah, tadi malam afoe berjibai kutai hingga pukul 23.10 membuat huruf dekorasi.
Aslinya sih ada 2 orang selain afoe yang diamanahi untuk mengerjakan dekorasi ini, tapi keduanya mungkin berhalangan.
Yang satu udah menyanggupi akan membantu, kemudian satunya lagi tak ada kabar.
Namun hingga pukul 21.30, tak ada orang yang datang ke DPD.
Afoe seriusi memotong dan mengukir kertas asturo.
Lelah dan tidur.

Sekarang kaki dan tangan lemes banget, mungkin karena kelelahan.
Ditambah dengan sarapan yang telat, pukul 08.30 afoe baru bisa membelinya.
Alhamdulillah kini di depan komputer sarapan siap disantap.
Afdhol afoe sarapan dulu, biar nasi bogana enggak adem.
Sebagai pelengkapnya, afoe beli agar², gorengan, dan kue lapis cina.



Monday, November 06, 2006

Super Ndadak, To Be Narasumber

bismillahirrahmanirrahim

Sabtu, 4 Nopember 06 jadual afoe sangat padat.
Usai kerja, 4 agenda menghadang afoe.
Pertama adalah menghadiri rapat persiapan Halal bi halal 2006 Fosirot (forum silaturahim rohis Tegal) jam 14.00 di SMA 4 Kota Tegal.
Acara ini diadakan oleh tuan rumah (rohis sma 4 Tegal) untuk menyempurnakan halal bi halal 2 pekan mendatang atau tepatnya tanggal 19 Nop 06 di gedung Al Irsyad.
Hingga pukul 16.15 WIB rapat usai juga.
Afoe berkemas meninggalkan musholat tempat rapat.
Sambil berkemas, afoe lihat sms di HP.
Tet tot, ada 2 sms baru yang masuk dalam inbox.
Afoe buka, 2 sms yang pengirim dan isinya sama aja.
: Dari rapat di SMA 4, antum langsung ke Aula Yasis Tegal, ngisi halal bi halal di sana".

:P
Tega banget, masak belum ada peresetujuan ane ditembak begitu.
afoe lihat jam di handphone udah jam 16.30.
Berarti ane udah telah 30 menit dari acara itu.
Ada rasa keraguan untuk datang ke Yasis.
Afoe hidupkan motor, nge gas dan pergi dari kawasan SMA 4 Tegal.
Sepanjang jalan afoe mikir, datang ga yahh ke Yasis?
Motor melaju menyusuri jalan tengah kota Tegal. terus melaju.
Dengan berat hati, afoe belokkan motor ini ke Aula.
Sedikit keberanian, tak kala afoe mendekat ke Aula Yasis, suara terjemahan dari tilawah terdengar.
Afoe yakinkan diri bahwa halal bi halal baru saja dimulai. telat.
Afoe parkir motor, membuka sepatu dan menerima salaman lembut dari panitia yang melihat kedatangan Afoe.

Tanpa ragu, afoe membaur bersama dengan peserta halal bi halal.
Mereka tak tahu, kalo afoelah nanti yang akan menjadi pembicara.
Tak ada segan, hormat atau perlakukan berlebihan dari para peserta di samping kiri dan kanan.
Namun begitu acara inti disampaikan: beberapa orang berubah.
MC: baik, tibalah acara initi, kita dengarkan paparan/nasihat dari mas, eh ustad Afoe.
Afoe maju ke hadapan dan segera menyampaikan materi.
Sungguh tak siap, jika harus langsung berkata.
Ala kulihal, afoe buka saja penyampaian materi dengan kajian sahabat.
Alhamdulillah, sore itu afoe membawa buku catatan materi.
Afoe baca 5 detikkan, berusaha mengembalikan suasana saat afoe menerima materi itu dari DPP PKS.
Bisa juga, meski tentu tidak sama persis.

Saturday, November 04, 2006

Sudah tahu akan dibagi, mesti urunan maksimal?

bismillahirrahmanirrahim

Hajat hidup orang banyak membutuhkan bahan yang banyak pula, misal untuk membuat kue 17 agustusan satu RT dibutuhkan banyak terigu, air, gula, telor, dan lainnya.
Kalo pembuatan kue untuk satu keluarahan mestinya akan lebih banyak lagi bahan yang dibutuhkan, begitu pula sebaliknya.
Jika pembuatan kue untuk 1 keluarga maka kebutuhan bahan kue hanya seukuran keluarga.

Untuk urusan massal, biasanya orang lebih suka untuk gotong royong,
Ada yang membeli terigu 1 kg, gua, mentega, air, bumbu, cetakan, oven, plastik, pembungkus.
Ada pula yang memilih menyiapkan minuman para pekerja.
Bahkan ada pula yang memilih menjadi pembuat kue, lantaran hanya itu yang bisa dia lakukan.
Uang tak ada, sehingga tenaga ia sumbangkan meski tak terampil.

Namun jika ada warga yang kaya raya, maka semua tenaga dan bahan akan bisa ditanggungnya.
Yang lain cuman nonton atau bahkan tiduran sambil nunggu kue matang, mencicipi dan kemudian memberikan pujian dan terima kasih pada sang kaya raya.

Yang ingin afoe tanyakan adalah :
1. Jika kita orang kaya raya, 2. Jika kita orang miskin,
tetapkah mau URUNAN MAKSIMAL, jika tahu kue itu akan dibagi-bagikan?

2nd with kelompok 2 pelajar

bismillahirrahmanirrahim

Rabu, 1 Nop 06 pukul 17.00 menjadi pertemuan kedua dengan kelompok pelajar.
Alhamdulillah bermula dari pesantren kilat bulan lalu, pelajar-pelajar ini terekrut untuk tarbiyah.
Meski pada pertemuan perdana sungguh sangat tidak diduga yang datang cuman 2 pelajar.
Itu pun mereka adalah pelajar yang telah tertarbiyah.

Pekan depan, insya Alloh kelompok pelajar ini akan mulai mendapatkan materi roksunbayan.
Afoe berharap kelompok pelajar ini istiqomah dalam tarbiyah Islamiyah untuk membentuk insan yang kaffah dalam Islam.
Kelompok ini di mas'uli oleh Sukron Mubarok, idari oleh Rahmat Fuad, dan mali diamanahkan pada Hafidz.


Wednesday, November 01, 2006

Pesantren Kilat

bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, pesantren kilat untuk kalangan Rohis SMA/SMK se-kota Tegal
telah selesai diselenggarakan.

Kalau sekedar untuk menggugurkan "kewajiban" membuat atmosfir dakwah
menjadi besar insya Alloh selesai, tapi untuk membentuk seorang kader
dakwah militan ini yang belum sama sekali.
Follow up dari kegiatan ini memerlukan extrathings.
Tenaga, waktu, dana, ilmu dan kesabaran.

Dari pesantren kilat Ramadhan ini, terbentuk 2 kelompok ikhwan dan
kemungkinan 2 kelompok akhwat pun terbentuk.
Jumlah siswa SMA/MAN/SMK yang ikut pesantren sebanyak 43 orang, terdiri
dari ikhwan 26 dan sisanya akhwat.
Lumayan banyak kan....

Afoe kebagian satu kelompok ikhwan (padahal afoe juga sudah memiliki 1
kelompok SMA, ditambah dengan kelompok Astagina), ga pa pa lah.
Paling tidak dengan amanah ini afoe akan semakin mengembang diri menjadi
prajurit dakwah.
Akh tedi juga kebagian satu kelompok.

Aneh.
Afoe dan Tedi yang ngelola pesantren, eh malah Afoe dan Tedi pula yang
mengelola follo-Upnya.
Moga aja menjadi bagian dari kebaikan yang Alloh berikan pada AFoe dan Tedi.

Kamis ini, mestinya menjadi ajang laporan Afoe dan Tedi ke murobi.
Oh yah, kamis ini adalah pertemuan terakhir di bulan Ramadhan 1427.
Usai Kamis, waktu sepuluh hari terakhir Ramadhan konsentrasi pada Itikaf.
Tak ada kegiatan lain yang lebih utama selain ITIKAF.

Yuk ITIKAF jelang Lailatul Qodar.





Kenangan Ramadhan

bismillahirrahmanirrahim

Kalo semua prestasi ibadah sedang turun menandakan keimanan dalam keadaan
down pula.

Untuk tilawah saja sangat malas.
Hari ini sudah hari 20, namun tilawah masih saja berada di juz 16.
Juz 16 afoe tempuh dalam waktu 2, maksudnya dari juz 15 menuju 16 afoe
memerlukan waktu 2 hari.
Hasilnya hari ini afoe masih berada di juz 16 awal. Hiks....


Hati merasa ketinggalan, tapi hati yang lain malas bukan main.
Kamis ini afoe akan ada ifthor jamaai bareng birru dan anak² panti asuhan
suko mulyo kota Tegal.
Insya Alloh dari event ini dapat menghasilkan ghiroh baru untuk
meningkatkan amaliyah ibadah.

Oh yahh, Rabu sore afoe bertemu dengan adik kelas- DIDI.
Subkhanallah, pertemuan itu DIDI sudah berada di juz 30 akhir.
Bahkan sebelum waktu buka puasa tiba, beliau telah mengkhatamkannya.
Target DIDI, bulan ramadhan ini ingin mengkhatamkan 2 kali.

Moga aja bisa.
:)

Amin.

Tuesday, October 31, 2006

Look At My SMS

bismillahirrahmanirrahim
Da, mba Tin masih di RS. ( Mba Tin)

Mhn Maaf, tad ga bawa HP, gak tahu diingatkan rapat, sy lupa. dan
kebtulan pulang kantor sampai traweh, panitia nuzulul quran, buka
bersama, taraweh di kantor, 1x lag afwan ga datang rapt lagi (Hasan)

Akhi, antum ke SMK 2 dulu kan? BAwa tape yah. kaset dibawa ana.
Jzkallh.(tedi)

Sisa banyk 9. (tedi)

Tidak ditangan ana akh, gletak di dimeja kerja ana sampe sekarang ga
ketahuan rimbanya,afwan( Sanjaya)

Ana di BSMI dan flesnya ada disini (maskuri).
Baju ana kotor, jadi ana harus ganti baju ga cukup waktunya, afwan (wawan)
Afwan akh, ana kagak punya nomornya P Ade! Yg punya adalah pa tohidin !
(Wawi)

Positif? Karena mas sutanto jg siap, Gmn, mau pakai mana? (tedi)

Stempel d mba ita, No. 0818028xxx... (tedi)

Anggaran silahkan hubungi akh Rozak, kl untuk pembicara gamabran antum
siapa mas (Priambodo)

Innalilahi wainailahi rojiun, sabar insya Alloh sebagai teman baik di
surga, Amin ( Ustad Sarjo)

Ya, jadi harus ke jakarta,bantuin mas lilih. Jangn lama². Mas biin aja yg
ke jakarta (mas Iin)

Asslkm, ya akhi, kaifa khaluka? Skrng ana hbung i DPD ga ada antum terus
sih? Lg sibuk apa ya aKhi?, akh kamera yg dbawa guru jerapah kecil katany
ga bisa dipakai karena fullcard, gmn? Sukron (bahtiyar)

Akhi, tape+kaset antm ada di mba ita, afwa antum di dpd ato smrpg? Aa ada
perlu, ada titipn untk antum, tp ana ke antum abis dhuhur, dimana? (tedi)
Afwn Hp dirumah, telp SH (Wawan)
blm ada yang ngisi, kalo pa maskuri sj langsung isya disini gmn? Antum
telp dia yah,ana pulsa abis lagi neh. (tedi)

Kalo anggaran kemarin 10rb per orang, makan besar dan pembukaan. Afwan
saya tidak hadir ada tamu. (jaka)

Afwan antum subuh di dpd? ana mau ambil bendera. (subki)

Pesan dari MR

bismillahirrahmanirrahim

waalaikum salam wr.wb.
Alhamdulillah ana bikhoir (afoe dalam keadaan baik).
Hari ini pilek dikit, tarawih kemarin sempat keganggu dengan flu. :)

Liqo kemarin berjalan sukses, yang hadir (afoe, tedi, dan pa sarjo),
sementara akh Fatah masih KKN di pemalang, belum bisa pulang...
Semoga alloh selalu menunjukkan jalan yang benar untuk kita semua.

akhi subkhan, materi yang disampaikan melanjutkan tema pekan lalu.
Kalo pekan lalu membahas Annasyiru dakwah(Q.S. Yusuf: 108), maka pekan ini
majelis halaqoh membahas "Makna dakwah"".

Skema materi bisa dilihat di buku tarbiyah yang antum punya (semoga antum
membawanya).

Titik tekan yang afoe tangkap dari materi "Makna dakwah" adalah : Sekuat
mungkin kita menyampaikan dakwah (seruan) ajaran Islam pada orang lain,
sementara hasil diserahkan pada Alloh SWT.
Orang lain mengikuti/tidak dengan yang kita sampaikan terserah.

Semaksimal mungkin dakwah yang kita sampaikan memang berhasil membuat
orang lain menjadi sholekh/kha pada Alloh SWT.

Di hari yang ke 9 ini, afoe masih berada di Juzz 7(ketinggalan 2 juzz
yahh:(( )

Dari hasil laporan penyemangatan pekan kemarin (liqo kemarin), pa sarjo
sudah di juzz 12, akh tedi juz 6 padahal hari masih di hari ke 5.
Ga tahu hari ini, kayaknya mereka udah melaju jauh sekali.

Hafalan : Surat al anfal, afoe sampai di ayat 23, tedi sampai ayat 6.

Antum sendiri sampai mana?

Pekan depan liqo di rumah ustad sarjo.



salam,
afoe
" Kalo pulang bawa oleh² yahh, emang ada yang jualan di tengah laut?, ikan
duyung kali yahh...

SMS lagi

bismillahirrahmanirrahim

Mengingatkan, nanti sore rapat di DPD jam 16.00 ansyitoh ramadhan. (DPD)

Asslkm, afwan akh antum mash di dpd? tolong buat cocard peserta( tedi)

Selamat anda dapt bonus Rp. 10.000 dari pemakaian telpon/sms nonpremium
hari ini. Bonus dapt digunakan hari ini sampai pkl 24.00 (indosat)

Ane blm dapt infonya karn malam ini ada liqo di rumah ane, masak kandang
sendiri mau ditinggalkan ! *wawi

Selamat bergabung dengan mentari.dapatkan fasilitas coverage nasional,
gratis roaming nasional dan satu tarif se indonesia. (info hub 222 atau
klub mentari) (indosat)

Jam berapa ane kesati (wawan)

Iya, kita kasih waktu pas di upcara pembukaan. dgn tema yag tidak
menyimpang dari depag. Nt perkenalkan bahwa beliau kerja di depag. (tedi)

Minta tolong kunci dpd ane pinjam, pulang liqo mampir kalo dekat, kalo
jauh ngga usah. (subki)

Dimohon datang di poslor jam 07.30 untuk persiapan bzar(subkhi)

Alaykum salam,insy Alloh ada, darah ana AB, insya alloh siap donor.
mudah²an ndak ditolak, kalo btuh darah lain bilang aja, mudah²-an teman2
nanti bisa bantu (kosi)

Rumahnya dimana yahh ?He....kata istri yag sblm sdit, ana cari tdk ada?
(tedi)

Di ambil di azurofah, jl mliwis gg alap2, jam 7.3, oya dana dari dpd 200
rb, minta bendahar (rahmat)

Assalkm. td ana ke SMK 2 tp kok sepi yahh..sekarang ana sudah d rmh.
tenaga an sudah tdk diperklukan lg kan? Syukron (tiar)

Allohu maha berkuasa atas segala sesuatu. Dia maha tahu ang terbaik untk
hamba2nya, ishbiru ya, pasti ada hikmah terbaik yang bisa dipetik, doa ana
menyertai, salam untk semua (kosi)

Asslkm, foe, ana dengan peserta banyak yg pulang?(wawan)

Iya, gpp. antum istirahat dulu ,sabar (tedi)

www.afwan ngga di ana, ana tdk jadi pinjam wakt itu.gmn sanlat PLP?(smg
sukses,afwan ga bisa bantu(mba ina)

Asslkm.pa kbr akh?kmrn ana telp kirain yg 9057 itu nomor fren antum, gmn
kabr smunsa? oia jdwl hlbhl kpn? Insya Allloh teman² exstan ada di tegal
21 sd 28 okt. panitia siapa aja?(Epang)

0813....xxxxsanjaa, 028333.....zaki, 0819x.....tohidin (retno)

Insya alloh, jam berapa temanya apa biar ana siapkan tapi tdk smp saur
begitu.. (maskuri)

Bisa,insya lloh (jaka)

Tlng info ke binaan&khalayak umum:hadirilah bedah buku&iftho jmaaj ahad 8
oktober jam 16.30 di masjd abu bakar, jdul zero to hero, Pembicara ghozali
(retno)

Ana pulng mandi dulu yah... dari pagi blm mandi, sblm jam 10 saya kesana,
kalo saya belum datang.bilang penjaga jangan dikunci dulu, tutup aja.
(tedi)

Ana turut bahagia,smg PLP semakin solid dan memilik banyk manuver dakwahyg
jitu, sehingga dapat memberikan manfaat sesbesar-besarnya bagi dakhwa di
Tegal. selamat berjuang. (mba ina)

Asssl. akh afu, khaifa khaluka akhi? smunsa da halal bi halal ga? Eh lihat
TVRI sekarang ada alfi tuh ikut bincang ekonomi syariaf (andi afif)
bismillahirrahmanirrahim

Mengingatkan, nanti sore rapat di DPD jam 16.00 ansyitoh ramadhan. (DPD)

Asslkm, afwan akh antum mash di dpd? tolong buat cocard peserta( tedi)

Selamat anda dapt bonus Rp. 10.000 dari pemakaian telpon/sms nonpremium
hari ini. Bonus dapt digunakan hari ini sampai pkl 24.00 (indosat)

Ane blm dapt infonya karn malam ini ada liqo di rumah ane, masak kandang
sendiri mau ditinggalkan ! *wawi

Selamat bergabung dengan mentari.dapatkan fasilitas coverage nasional,
gratis roaming nasional dan satu tarif se indonesia. (info hub 222 atau
klub mentari) (indosat)

Jam berapa ane kesati (wawan)

Iya, kita kasih waktu pas di upcara pembukaan. dgn tema yag tidak
menyimpang dari depag. Nt perkenalkan bahwa beliau kerja di depag. (tedi)

Minta tolong kunci dpd ane pinjam, pulang liqo mampir kalo dekat, kalo
jauh ngga usah. (subki)

Dimohon datang di poslor jam 07.30 untuk persiapan bzar(subkhi)

Alaykum salam,insy Alloh ada, darah ana AB, insya alloh siap donor.
mudah²an ndak ditolak, kalo btuh darah lain bilang aja, mudah²-an teman2
nanti bisa bantu (kosi)

Rumahnya dimana yahh ?He....kata istri yag sblm sdit, ana cari tdk ada?
(tedi)

Di ambil di azurofah, jl mliwis gg alap2, jam 7.3, oya dana dari dpd 200
rb, minta bendahar (rahmat)

Assalkm. td ana ke SMK 2 tp kok sepi yahh..sekarang ana sudah d rmh.
tenaga an sudah tdk diperklukan lg kan? Syukron (tiar)

Allohu maha berkuasa atas segala sesuatu. Dia maha tahu ang terbaik untk
hamba2nya, ishbiru ya, pasti ada hikmah terbaik yang bisa dipetik, doa ana
menyertai, salam untk semua (kosi)

Asslkm, foe, ana dengan peserta banyak yg pulang?(wawan)

Iya, gpp. antum istirahat dulu ,sabar (tedi)

www.afwan ngga di ana, ana tdk jadi pinjam wakt itu.gmn sanlat PLP?(smg
sukses,afwan ga bisa bantu(mba ina)

Asslkm.pa kbr akh?kmrn ana telp kirain yg 9057 itu nomor fren antum, gmn
kabr smunsa? oia jdwl hlbhl kpn? Insya Allloh teman² exstan ada di tegal
21 sd 28 okt. panitia siapa aja?(Epang)

0813....xxxxsanjaa, 028333.....zaki, 0819x.....tohidin (retno)

Insya alloh, jam berapa temanya apa biar ana siapkan tapi tdk smp saur
begitu.. (maskuri)

Bisa,insya lloh (jaka)

Tlng info ke binaan&khalayak umum:hadirilah bedah buku&iftho jmaaj ahad 8
oktober jam 16.30 di masjd abu bakar, jdul zero to hero, Pembicara ghozali
(retno)

Ana pulng mandi dulu yah... dari pagi blm mandi, sblm jam 10 saya kesana,
kalo saya belum datang.bilang penjaga jangan dikunci dulu, tutup aja.
(tedi)

Ana turut bahagia,smg PLP semakin solid dan memilik banyk manuver dakwahyg
jitu, sehingga dapat memberikan manfaat sesbesar-besarnya bagi dakhwa di
Tegal. selamat berjuang. (mba ina)

Asssl. akh afu, khaifa khaluka akhi? smunsa da halal bi halal ga? Eh lihat
TVRI sekarang ada alfi tuh ikut bincang ekonomi syariaf (andi afif)

Wednesday, October 25, 2006

Syawal Nan Cerah

bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, akhirnya afoe dapat membuka blogspot. Nyaris 1 bulan, afoe tak dapat mengaksesnya.
Otomatis semua unek² afoe simpan di webmail.
Insya Alloh, ketika masuk kantor afoe akan memostingkannya kesini.

Hari ini, afoe silaturahim ke peserta liqo karyawan, sayang ga ketemu.
Si zaki rumahnya sepi, si Hakim pulang kampung Bumiayu.

Oh yah, alhamdulillah si Budi mah udah ketemu.
Kasihan beliau, ga libur...lebaran masuk.....

Maklum kerja di mall pusat perbelanjaan non stop.
Moga aja sabar.

Bye, afoe juga mau silaturahim ke saudara di Bumijawa-kawasan dingin Kab. Tegal.
Semoga Alloh mudahkan perjalanan ini.Amin.



Monday, October 09, 2006

SMS ke-3

bismillahirrahmanirrahim

65. Akhi, sdh selesai sanlat hari ini, tadi jam 2.15alhmdlh.Lancar.Afwan,mnta tlng dibuatkan surat undangan lg u sma 1 dan malem ini jg dikasih ke mba ita,krn surat sma 1 ilang di TU . (tedi)

66. Afwan akh, kalo atas nama pribadi ana mau, tp atas nama depag, ana gabisa krn bkn we2nang ana,hrsnya ada surat,trus biasanya kepalandisposisikan ke ana tuk kasih sambutan. (dedi)

67. Foe antum skrg lagi dimana? (Wawan)

68. Diambil di azurofah, jl mliwis jam 07.30,oya dana dari dpd 200rb mintabdhr. (rahmat)

SMS II

bismillahirrahmanirrahim

52. Asslkm. pa., sy baru posting ke milis, ada taraweh barng imam masjidAl-aqsa. wassalam. (donald.)

53. Asslkm, pa afu, afwan mending ga usah buat undangan to smk 1 dkhturi.sukron. (mba efy)

54. Udah nyampe blm, pulsa? (mas Iin)55. Sukron insya Alloh, ntar lag ( ado sofa milis)

56. Insya Alloh, aku ke SMK 2 skrg. jzkl atas infonya yahh (mba efy)

57. Rida, skrang udah nyampe blm ? (mas iin)

58. Proses isi ulang pulsa Anda telah selesai...(indosat)

59. Asslkm, akh, form biodata peserta dan orang rohis di antumkan? afwanminta tolong sempatkan dicopi seblm liqo. Yg biodata

60 lbr, yg rohis 20lbr. Jzkl (tedi)60. Akh, afwan abis traweh jam 20.30 kita ketemu di dpd yah. ada penting,yaitu bantu ana sms-in tmn2 PLP untuk acara sanlat. Kren ana tdk bs pake ntdk ada nomor nya (tedi)

61. da mentati apa Simpati ( mba tin)

62. Anda telah dihubungi telp rumah tedi (indosat)

63. Akh, ane telp antum/dpd tdk bisa? afawn mendadak ditelp bapak dijalan pisang. Ada acara di pisang.afwan, ana minta no telp List, heni. Yglain insya Alloh ada. (tedI)

64. Ya, tetap di SMK 2,kumpul jam 16.30 di aulanya.Afwan bagi2 yah, antumhubungi fatah,ade, Bahtiar tdk usah krn bagi tgas dengan an.dia dipembubaran panitia muscab tgl barat. (tedi)

SMS, 10 hari ke-dua Ramadhan (in box)

bismillahirrahmanirrahim

43. Akh Kamera dibawa sapa? (rahmat)


44. To panitia itikaf pa rahmat minta seblm itikaf ada lunching itikafuntuk temn2. spy phm.Jg bedah buku itkaf anis mata. Mhn difollow up.Jkzllh. (priambodo)

45. Lagi, jadi natni bsa silaturhm sama antum juga dengan yang lainya diDPD. klo antum ada libur bs diatur main ke tmpt ane dipurbalingga. (TaufikKayu)]

46. Akh, batre yang ada di tmpt kamera blm dicharge yah, kok ga mau? (Rahmat)

47. Bgmn materi ttng ROhis, sudah ad ? ana mau memplajarinya. Jzkl (Maskuri)

48. Asslkm. akhi, afwan kmrn buku ana selipkan lewat jendela sudahditangan antum? oh yah antum pegang kamera apa ga? Kmrn guru jerapah kecilblng ingin pinjam. Ktanya sudah izin pa rahmat...gmn akhi? (bahtiar)

49. Ya, ntar ana cari karena mash dipnjam (maskuri)

50. Asslk, Pa afu, afwan br tahu ada rapt kmrn sore..sms baru tak baca.Tlng tanyakan pa maskuri untuk kontak personnya perwakilan perbidang aja?no pa maskuri n Ari berapa ? (mba Efi)

51. Insya alloh, tak usahakan,tp kmngkinan ga bisa. undang to rohis SMKn 1Dkhturi ada ga, bs diambil dimana? (mba efy)

Thursday, October 05, 2006

File yang hilang


bismillahirrahmanirrahim

Sebagian file yang hilang masih ada sisa di print screen yang afoe temukan satu file dengan members² milis pks.
Afoe biasa mengumpulkan members baru milis pks dalam format xls, kemarin waktu nulis file yang hilang juga membuat windows xls. Sekalian saja afoe pastekan kesana, eeeh berhasil (meski print screen) lho...

Afoe ubah print screen itu ke dalam fromat bmp
Hasilnya memang ga bisa memuaskan tapi paling tidak bisa mengobati kekecewaan.
Just Loot at them.