Saturday, December 29, 2007

Sabar dalam berlalu-lintas

bismillahirrahmanirrahim Ikhwafillah rakhimakumullah
Dalam kehidupan berlalu-lintas banyak hal-hal yang membutuhkan kesabaran. Sebagain yang lain merupakan kesenangan dalam berlalu-lintas.

Hal-hal yang membutuhkan kesabaran mulai dari tingkat rendah hingga kesabaran tingkat langit. Coba perhatikan kejadian dibawah ini :

1. Sabar ketika baru saja keluar dari gang rumah, tiba² ada bus yang melintas cepat tanpa klakson sedikitpun
2. Sabar ketika sedang serius berkendara, tiba² seorang anak menyeberang dengan sepeda seenaknya
3. Sabar ketika seorang ibu² ngeluyur mau nabrak kita, diakhiri dengan omolennya :" Anda gimana sih".
4. Sabar ketika santai berkendara, tiba² sebuah mobil tronton memberondongkan klaksin supernya.
5. Sabar ketika sudah minggir hingga harus terseok² turun ke bahu jalan tanpa aspal, tronton terus nyemprot klakson
6. Sabar ketika harus antri di belakang mobil² besar menunggu lampu lalu-lintas berwarna hijau, kemudian tiba giliran kita lampu segera berubah warna menjadi merah
7. Sabar ketika berada dibarisan paling depan, sementara lampu tidak kunjung berwarna hijau karena ada pejabat lewat
8. Sabar ketika lampu baru saja berwarna hijau, kemudian mobil dari arah berlawanan ngebut memotong jalan hingga kita harus berhenti lagi di tengah perempatan
9. Sabar ketika harus menunggu mobil itu melalu, sementara kendaraan di belakang kita kebakaran jenggot sambil membunyikan klakson sejadi-jadinya.
10. Sabar ketika mobil dari arah berlawanan sudah berlalu, kemudian kendaraan kita mendadak malas jalan alias mogok mendadak ( shock karena kesabaran sudah hilang kali...:( )
11. Sabar ketika harus turun dari kendaraan dengan baju super rapi, sepatu mengkilat, dasi bergantung dan dompet menyembut dari saku celana, sementara diri ini harus mendorongnya
12. Sabar ketika sedang mendorong kendaraan, sementara orang menatap keheranan. : " Mau² mendorong".
13. Sabar ketika kendaraaan sudah berhasil di dorong ke tepian jalan, sementara Hp low bath
14. Sabar ketika HP low bath, wartelpun tak ada di tepian.
15. Sabar ketika menunggu taksi, angkutan lewat namun semuanya melaju kencang dengan penumpang berjubel
16. Sabar ketika mendapati angkutan dengan posisi paling dalam paling belakang
17. Sabar ketika harus tengak-tengok kiri kanan mencari wartel atau bengkel atau bahkan teman dan saudara.
18. Sabar ketika menemukan wartel, namun angkutan berhenti melebih 50 meter dari lokasi wartel
19. Sabar ketika hendak turun dari angkutan, dari bagian pojok paling belakang ruang angkutan kota
20. Sabar ketika uang kecil tidak ada, sehingga ikhlas memberikan sisa untuk bang sopir yang nyengir puas
21. Sabar ketika berjalan kaki 50 meter menuju wartel yang ternyata hanya satu KBU aktip
22. Sabar ketika menunggu giliran menggunakan jasa wartel super mini ini.
23. Sabar menyalakan HP mencari nomor HP bengkel langganan
24. Sabar ketika HP kembali mati, padahal baru 5 digit dilihat sementara 7 digit lain luput
25. Sabar ketika HP langganan MailBox
26. Sabar ketika HP langganan tak kunjung diangkat setelah aktifnya
27. Sabar ketika teknisi bengkel kendaraan nelp balik dengan suara lirih, padahal wartel berada persis ditepi jalan raya
28. Sabar ketika teknisi datang, lupa membawa peralatan lengkap.
29. Sabar ketika menunggu peralatan datang, kemudian hujan turun
30. Sabar ketika teknisi datang, hujan belum reda
31. Sabar ketika teknisi memberi keterangan " Pa Bensinnya saja yg habis "
32. Sabar ketika teknisi tak membawa serta bensin
33. Sabar ketika harus menunggu teknisi membeli bensin, sementara melihat tronton bensin pertamina melintas pelan, bahkan sempat ngerem di depan kendaraanku
34. Sabar ketika teknisi datang membawa bensin sementara penutup tangki bensin sulit dibuka
35. Sabar ketika celana terkene "cipratan bensin"
36. Sabar ketika teknisi kendaraan senyum, seakan memberikan kesan bahwa saya terlalu bodoh
37. Sabar ketika harus kembali ke rumah ganti baju, sementara jalanan macet
38. Sabar ketika harus memberikan alasan yang panjang kepada teman² atas keterlambatan dan aroma bensin yg menyengat
39 Sabar ketika teman² senyum nyaris mirip dengan teknisi tadi
40. Sabar ketika hari ini terasa begitu lama berlalu

Friday, December 14, 2007

Rindu Ayah Bunda

bismillahirrahmanirrahim

Ketika khotib sholat Jum'at memberikan pencerahan seputar Idul Adha, sungguh hati ini teringat akan Ayah-Bunda.

Kekompakan Nabi Ibrahim dan anaknya Ananda Ismail, menggelitik nurani. Sungguh kecintaan Ananda terhadap ayahnya dilandasi keimanan yang tinggi akan ketundukan dan kepatuhan perintah Alloh SWT.

Ananda Islam dengan lantang mengatakan kepada ayahandanya agar menyembelih dirinya. Pun Nabi Ibrahim dengan keimanan tinggi menyembelih anaknya.

Tentu saja kekuatan ini taka akan muncul begitu saja, melainkan telah tertanamnya aqidah Islamiyah yang kokoh.

Air mata ini nyaris mengalir mengenang kisah Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail.

Sejenak hati ini menerawang mengenang Ayahanda.

Maafkan daku Ayah, jika dahulu anakmu ini tak sekompak keluarga Ibrahim.

Maafkan daku, jika diri ini belum bisa sekokoh ananda Ismail.

Mafkan daku, jika diri ini belum mampu memberikan cinta penuh karena Alloh SWT.

Monday, November 19, 2007

Bukan hanya Mimpi Menjadi Generasi Qur'ani

bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, hingga siang ini Alloh SWT berikan limpahan ni'mat pada kita semua. Terasa benar kecepatan waktu meninggalkan masa lalu.

Senin siang ini menapaki hari ke 8 di bulan Dzulqoidah 1428 H, semoga Alloh SWT senantiasa menjaga kita dalam keimanan dan keIslaman. Amin.

Ikhwah fillah rakhimakumullah

Subkhanallah, hati ini benar² dalam keadaan semangat luar biasa (semoga senantiasa seperti ini). Menggebu-gebu sehingga semangatnya sering melebihi amalnya. Ini yang harus menjadi perhatian kita semua. Bahwa semangat sebainya diwujudkan dengan amal. Sebagaimana keimanan, dengan hati, lisan dan amal.

Ikhwah fillah al izza

Pertemuan dengan para ikhwah kecil dilakukan tiap pekan. Giliran pekan ini, Afoe sebagai tuan rumah.

Pertemuan yang dimulai pukul 17.45 WIB (ba'da maghrib tepat) segera menebarkan semangat membara. Sungguh pertemuan yang sangat dirindukan para para ikhwah kecil ini. Mereka kecil karena masih berusia belasan tahun. Mereka kecil karena masih menempuhkan pendidikan menengah atas. Mereka kecil karena memang wajah-wajah itu masih bersih dari pengaruh-pengaruh buruk dunia. Semoga alloh swt senantiasa menautkan hati² ini dalam ikatan ukhuwah Islamiyah.

Tilawah mengalun tenang dari bibir-bibir peserta pertemuan. Kesepakatan kami, tilawah dibacakan 5 ayat didengar dan disimak oleh peserta lain. Dari 5 ayat yang dibacakan satu per satu, alhamdulillah tiap pertemuan kami berhasil menyelesaikan 70 ayat jika semua peserta tidak ada yang berhalangan hadir.

Acara yang dipandu oleh salah seorang ikhwah kecil di antara kami, dilanjutkan dengan syiar Infaq. Sejak awal, pertemuan ikhwah kecil-kecil ini membiasakan diri untuk infaq. Rata-rata perolehan infaq memang kurang dari Rp. 100.000.

Acara berikutnya adalah kompetensi diri untuk menempa menjadi generasi qur'ani. Satu persatu mereka menghafal Al Qur'an. Pekan ini kami menghafalkan Al-Qur'an surat Al Imron ayat 26-27. Metode setor hafalan dengan saling menghadap satu sama lain. Mendengarkan, meneliti dengan panduan mushaf As-syamil ditangan penerima setoran.

Materi Takwinul Ummat menjadi menu yang disampaiakn oleh Afoe sendiri.

Pekan ini merupakan kelanjutkan dari materi Takwinul Ummat pekan kemarin. Bagain pertama mengupas tentang pembentukan kepribadian muslim : Islami, Iman, dan takqwa.

Memasuki bagian 2, yakni Takwinul Ar-Ruhu al-Jamaah. Mengupas tuntas tentang syarat² agar dapat beribadah dalam dakwah secara berjamaah, diantaranya meliputi :berpegang teguh pada din Islam, ukhuwah Islamiyah.

Setiap pertemuan memang memiliki nuasa tersendiri. Sepertinya kebersamaan dalam lingkaran kecil ini ingin terus berlangsung. Namun kami teringat, bahwa lingkaran kecil ini adlah bagian dari tarbiyah, bagian berikutnya adalah aktualisasi hasil dari lingkaran kecil ini.

Acara ditutup pukul 20.15. Ada titik-titik kerinduan yang mulai muncul. Kami berpisah membawa semangat dalam hati untuk dakwah esok hari.

Semoga Alloh SWT pertemukan kami kembali dalam keadaan Islam, disini atau disana. Amin.

Saturday, November 10, 2007

4 bulan lagi Yah!

bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, hari ini usia kehamilan Zaujati sudah memasuki 19 pekan, insya alloh 19 pekan lagi Jundi pertama Afoe dilahirkan di dunia ini.
Berdo'a dan berharap pada Alloh SWT semoga Sang Jundi selamat beserta umminya. Menjadikan mereka sebagai Jundullah. Amin

Sebuah cita-cita besar, bahwa jundi yang ini adalah jundi yang mampu menyematkan kalimat Laa Ilaha Ilallah Muhammadu Rasulullah di hatinya.
Jundi ini juga mampu menegakkan kalimat itu di atas kalimat² lain.

Jumlahnya memang baru satu, namun ketika jumlah yang satu ini adalah memiliki kekuatan besar, Insya alloh kekuatan satu ini menambah kekuatan ummat untuk bangkit menyongsong gemilangnya dakwah Islam.
Terlebih jika jundi ini adaah pemimpin ummat masa depan, maka kesungguhan dalam mentarbiyah jundi harus dijaga.

Kepada para Abu dan Ummu ummat, mohon do'a dan nasihat kepada calon Abu dan Ummu ini. Kami senantiasa meminta dan menerima ilmu dari antum semua.

Tuesday, November 06, 2007

Ketemu Del Piero


bismillahirrahmanirrahim

Aneh memang, Afoe yang tak hoby bermain sepak bola apalagi nonton bola yang lebih banyak tayang di malam hari bisa ketemu dengan Del Piero.

Pertemuan itu pun cukup aneh.

Del piero yang mengenakan kaos tim berwarna merah dijemput oleh Afoe di sebuah bandara. Usai turun dari pesawat, dia dinaikkan mobil jemputan.

Perjalanan menuju kota Tegal memerlukan waktu sekitar 1 jam. Dia turun kembali dan langsung menuju tempat pertandingan.

Bertanding dan menang.

Usai pertandingan, Afoe mendekat dan berbicara ringan padanya. Del Piero ternyata mampu berbahasa Indonesia, wuih Afoe ndak perlu susah-susah cas-cis-cus.

Del Piero rehat, masuk ke penginapan yang sangat sederhana. Afoe menungguinya di beranda. 5 menit Afoe duduk di beranda, hingga seorang wanita keluar dan menyapa Afoe.

" Sedang nunggu siapa mas...?"

Afoe jawab : " Menunggu Del Piero, saya yang mengawalnya disini ".

Afoe kira wanita ini adalah istri dari Del Piero, tapi...

" Del Piero? ...Del Piero yang mana? Disini ngga ada Del Piero".

Waduh, kok ga ada yahh...

Afoe segera masuk ke penginapan dan benar tidak ada Del Piero disana.

Afoe menebarkan pandangan ke seluruh penjuru arah. Sejurus kemudian Afoe melihat seorang lelaki tegap dan seorang bocah lelaki kecil.

Afoe dekat dua orang yang sedang kebingunagn.

Yah, mereka adalah Del Piero dan anaknya. Mereka hendak kembali ke Italy. Afoe antar mereka menggunakan motor sampai Jakarta.

Tiba-tiba....pemandangan berubah. Del Piero dan anaknya tak ada.

Yang ada hanyalah kasur dan bantal yang empuk. Afoe mimpi.

Tuesday, October 30, 2007

Getar dan Getir Malam

bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, 19 Syawal 1428 H ini Afoe mampu bersua dengan antum semua lewat blog ini, pujian hanya pada Alloh SWT yang telah memberikan kemampuan itu.

Ikhwah fillah

Semalaman Afoe memikirkan keadaan umat. Ada rasa khawatir, jika benar-benar Alloh SWT mengambil izzah Islam dari ummatNya.Berkaca dari keadaan para pemuda-pemudi Islam yang semakin jauh dari nilai-nilai Islam menegakkan bulu kuduk kepedulian.
Mungkin jika ingin selamatkan diri sendiri maka menjadi pertapa di hutan/gubung selesai. Tapi ternyata Alloh SWT memerintahkan kepada orang-orang yang beriman agar menyampaikan/menyerukan kebaikan kepada dunia walau hanya satu ayat.

Subkhanallah sebuah perintah yang melengkapi fitrah manusia beriman.Orang yang beriman pastilah di hatinya terketuk untuk mengajak orang lain beribadah pada Alloh SWT, Sang Rabb yang pantas disembah.

Ikhwah Fillah...

Malam itu berkumpul dengan para ikhwah lain membicarakan kondisi ummat.
Kekuatan sekuler dan musyrikin yang semakin dahsyat membayangi peradaban Islam seakan meraksasa hendak menelan mentah-mentah ummat Islam.
Ummat dibuat terlelap dalam propaganda mereka, mulai dari yang halus penuh nikmat hingga yang kasar penuh darah bahkan tak sedikit nyawa menjadi hilang dari raga.

Ketika Sang Ustad menyampaikan pada para ikhwah agar senantiasa memperhatikan tarbiyah keluarga, ia mengutarakan kalimat : " Sekarang kita mencoba melebarkan sayap dakwah kita, memberikan tarbiyah pada anak-anak rival kita, Jangan sampai anak-anak kita ditarbiyah oleh rival kita".
Sebuah kalimat yang menggelitik pada ikhwah.Selama ini mereka kerja keras membina pemuda-pemuda Islam. Apakah mereka juga membina anak-anak mereka sendiri...
Rasanya aneh, jika ada seorang Abi memutabaah binaannya. Sedangkan dirinya tidak memutabaah anaknya.
Ya Alloh...semoga semua keluarga ikhwah dilindungi Alloh SWT dari makar-makar kaum musyrikin dan sekuler. Amin

Mendengarkan tausiyah itu, hati ini menjadi membara.Seakan ingin berbuat banyak meski keterbatasan ada.Terbayang wajah² para binaan muda. Sedang apakah mereka? Semoga senantiasa berdzikir kepada alloh SWT. Amin

Terbayang pula kondisi keluarga besarku.....semoga alloh SWT senantiasa membimbing hidup kami.
Bayang-bayang itu hingga pagi hari tak kunjung sirna.

Ikhwah fillah....

Beberapa nama teman-teman SMA dulu tiba-tiba berlalu-lalang di otak. Seakan mereka menjadi bunga-bunga indah yang akan memberikan kesejukan ummat.Terlihat mereka sedang bekerja keras menata hidup menuju kesejahteraan keluarga. Terlihat mereka sedang sungguh-sungguh membangun pilar-pilar kebangkitan ummat.Mereka mengisi setiap detiknya dengan karya dan ilmu.
Segera Afoe hubungi mereka, Alhamdulillah usai lebaran kemarin nomor kontak telah diperbarui.Kabar dan semangat terpancar jelas dari jawaban mereka.
Ada harapan besar, merekalah salah satu komponen pemuda Islam yang diharapkan.Insya Alloh.

Thursday, September 27, 2007

Muhasabah Tengah Ramadhan 1428 H


bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Allohumma sholi ala muhammad.

Ikhawah fillah rakhimakumullah al izza.
Mari bersama kita tingkatkan iman dan taqwa kita pada Alloh SWT.
Kita tingkatkan pula syukur kita karena memasuki hari yang ke 15 di Ramadhan 1428 H.
Kita berdo'a semoga ibadah di 14 hari Ramadhan yang lalu membuahkan hasil, yakni menjadikan kita sebagai manusia muttaqin. Amin.
Terlebih, kita bermohon mengharap pada Alloh SWT agar Ia menerima dan meridhoi amal kita. Amin. Sejenak kita melihat ke belakang, menuju hari pertama Ramadhan 1428 H ini.

Bagaimana dengan sholat kita?

Bagaimana dengan puasa kita?

Bagaimana dengan qyamulai kita?

Bagaimana dengan infaq kita?

Bagaimana pandangan kita?

Bagaimana perasaan kita?

Bagaimana hati kita?

Jika semua sisi kehidupan kita adalah sesuai dengan yang diperintahkan Alloh SWT, maka kita benar-benar menjalankan amanah dari Sang Rabb. Amanah untuk ibadah adanya. "Wama kholaktul jinna wal insa illa liyak budu..." adalah amanah dari Alloh SWT kepada jin dan manusia untuk beribadah.

Ikhwati fillah

Kepada orang-orang yang sanggup bersabar untuk tetap dalam keistiqomah beribadah, maka Alloh akan membeli semuanya dengan harga tinggi, yakni Jannatun Naim.

Hanya orang-orang yang ridho Alloh sebagai Rabb-nya, Islam sebagai dinn-nya, serta muhammad SAW sebagai rasul-nya yang memiliki harga tinggi. Lainnya tidak.

Orang-orang kafir, meski di dunia memiliki harta melimpah, kekuasaan tinggi, dan jabatan yang menjulang, sungguh di hadapan Alloh SWT tak ada harganya- rendah dan hina-.

Sedangkan orang muslim bersahaja, jika ia sujud dengan ikhlas, beribadah dengan sungguh-sungguh, infaq dengan ketinggian ilmu untuk Alloh SWT, dan berjihad di jalanNya, maka ia adalah manusia yang memiliki harga tinggi.

Semoga kita menjadi orang-orang yang memiliki harga tinggi di sisi Alloh. Amin

Wednesday, September 26, 2007

Puasa hanya bagi yang beriman


bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum warahamtullahi wabarakatuh

Alhamdulillah bisa bersua dengan antum di hari ke 13 Ramadhan 1428 H.
Ikhwah fillah rakhimakumullah.
Ternyata memang benar, bahwa yang namanya puasa itu hanya bagi orang-orang yang beriman. Ketika Afoe mengantarkan istri untuk mengikuti pengajian di Cempaka, banyak orang-orang yang berada di tepi jalan menjepitkan rokok diantara jari-jari mereka.

Beberapa diantara mereka sedang bekerja membangun rumah/jalan, keringat dan kelelahan nampak sekali di wajah mereka. Beberapa lagi sedang duduk manis, mungkin sedang rehat dari kerjanya, berkumpul di warung-warung yang masih nekad jualan.

Ada lagi yang berdiri di depan penjualn es tebu, persis di tepi jalan umum. Mungkin mereka tak malu tak berpuasa, karena kelelahan bekerja sampai dengan alasan syar'i lainnya untuk tidak berpuasa.

Namun yang jelas, puasa benar² untuk orang-orang yang beriman.

Lihatlah di sebuah mesjid (masjid Annur), disana banyak sekali tukang becak yang berpuasa. Mereka rajin sekali menegakkan sholat berjamaah. Lelah memang, tapi mereka masih ingat Alloh untuk sholat dan puasa.

Monday, September 24, 2007

Munculnya teman lamaku

bismillahirrahmanirrahim

Ketika masa SMA dahulu, Afoe memiliki seorang teman yang sangat baik. Disamping baik dia juga cerdas serta populer di kalangan sekolah. Salah satu buktinya adalah dia menjadi pelajar teladan terbaik tingkat kota.

Keunggulan lainnya yang membuat Afoe dan kawan² lain senang bergaul dengannya adalah anak ini sholeh, rajin sholat dhuha dan mengikuti tarbiyah sejak tingkat 2 SMA.

Sifatnya yang pendiam menambah keyakinan pada sebuah peribahasa " air tenang menghanyutkan ". Diamnya sahabat ini sesungguhnya memiliki kekuatan yang dahsyat.

Prestasi berikutnya sahabat ini juga mendapatkan amanah menjadi ketua OSIS. Sebuah jabatan sekaligus amanah yang sulit untuk dijalani, jika tak ada pendukungnya.

Kabar terakhir beliau sedang giat menekuni ilmu kedokteran di Undip Semarang Jateng. Sungguh seorang sahabat yang patut ditiru. Mungkin sekarang beliau sedang kerja keras menyelesaikan studinya.

Empat tahun sudah perpisahan ini hingga kemarin malam Afoe akhirnya bertemu dengannya. Pertemuan yang memang afoe tunggu dan inginkan.

Dalam pertempuan yang singkat itu, Afoe melihatnya tetap seperti dahulu. Bersahaja dan tenang. Sayang pertemuan itu benar² sekejap, Afoe bangun dan menghilanglah sahabatku itu. Ah, Afoe mimpi.

Ya Alloh, lindungilah sahabatku itu. Tetapkan dia dalam dakwah IslamMu.

special toek Sahabatku " Dana ", do'aku senantiasa menyertai antum. Istiqomah yah !

Friday, September 21, 2007

Belajar Masak, Bro !

bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum wr.wb.
Alhamdulillah, Ramadhan telah kita temui. Hari ini memasuki hari yang ke 9 Ramadhan 1428 H.
Semoga amal yang sudah kita kerjakan, diterima oleh Alloh SWT. Amin.

Ikhwahti fillah, berbicara tentang kegiatan Ramadhan, sesungguhnya banyak yang bisa dilakukan.
Salah satunya adalah membantu meringankan pekerjaan istri.
Kalangan ikhwah mengenalnya dengan sebutan Robbathul Bait-membantu pekerjaan rumah tangga- setiap hari diluar rutinitas kita.

Yup, Robbathul bait yang akan kita lakukan adalah membantu memasak.
Insya Alloh, istri akan sangat senang jika ada yang meringankan pekerjaannya. Terlebih keadaaan istri yang sedang hamil muda.
Sering mual jika mencium sesuatu aroma menyengat-bumbu masak-.

Untuk bisa memasak, bagi para ikhwan memang tidak mudah, meskipun tidka sedikit yang pandai memasak.
Penulias adalah salah satu ikhwan yang belum mahir memasak.
Dikatakan belum mahir, karena sejak kemarin penulis sedang belajar memasak. Suatu saat insya alloh akan jadi mahir.

Mari belajar memasak untuk membantu istri yang sangat letih mengatur rumah tangga.

Beberapa website bisa menjadi rujukan kita dalam belajar memasak.
Dua diantaranya sudah Afoe tinjau. Bagus banget.

1. masakmasak.blogspot.com/2006/11/soto-betawi-maaruf.html

2. www.melroseflowers.com/mkic/resep/sayur/oseng_oseng_kangkung.html

Itung-itung belajar, antum semua silahkan browsing ke kedua website diatas.
Pastikan kecepatan akses, agar kita bisa nyimpen banyak resep-resep yang ada website itu.

Ntar kalo sudah berhasil, kabari afoe yah...

Tuesday, September 18, 2007

Terlambat Sahur?

bismillahirrahmanirrahim
:) Wah, alhamdulillah. Bisa bersua dengan antum lagi.
Memasuki hari ke 6 bulan Ramadhan 1428 H, akhirnya Afoe dan keluarga mengalami terlmabt sahur. Jam Becker yang sudah di siapkan untuk berbunyi pukul 03.00 WIB, tak tahu dia bunyi atau malah kita yang tidak mendengar suaranya.
Kami baru bangu ketka jam di dinding kamar menunjukkan pukul 04.05 WIB.
Padahal imsak pukul 04.01 WIB, artinya Afoe dan keluarga bangun setelah imsak. Bener ga sih, imsak jam segitu?
Afoe dan keluarga segera memburu ke dapur, menuju meja makan.
Tudung saji terbuka, beberapa menu sisa malam masih berada disana. Tempe goreng, "mirong" udang, dan sambal pelengkap sayur bayam berjajar. Nasi juga masih banyak di magic jar.
Sang istri memilih memasakkan mie instan dan telor goreng dadar.
Afoe pun akhirnya memilih masakan istri. :)) Lebih mudah dan lebih ni'mat.
Kami makan sahur super kilat, dengan minum akhir susu coklat sebegai penutup.
Semoga sahur yang terlambat ini tetap memberikan keberkahan pada syiam hari ini. Amin.
Selanjutnya, untuk pelajaran agar sahur tak terlambat.
Tidurlah dalam waktu yang wajar, jangan terlalu larut, apalagi melebihi dini hari. > pkl.00.00
Pasang beberapa becker,salin HP.
Saling mengingatkan antar tetangga.
Ini berlaku bagi penghuni rumah yang hanya dihuni oleh 1 pasang.
Berdo'alah sebelum tidur, agar alloh SWT membangunkan kita untuk tahajud dan sahur.

Monday, September 17, 2007

Jangan Mau Kalah Dengan Yang Muda


bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillahirabbil alamin. Alloh SWT kembali pertemuakan kita dalam majelis ini. Do'aku semoga keberkahan Alloh senantiasa menyertai kita. Amin.
Ikhwahfillah ...
Ahad kemarin tanggal 4 Ramadhan 1428 H/ 16 September 2007, Afoe bertemu dengan para binaan pelajar.
84 % berstatus sebagai pelajar SMA, sedangkan 16% SMP.
Kelompok binaan ini merupakan gabungan dari kelompok binaan pelajar lain yang selama ini Afoe pegang.
Dan binaan yang baru gabung ini, dahulunya Afoe juga sering mengisi, hingga akhirnya mereka diserahkan kembali pada Afoe.

Ada yang berbeda memang. Komposisi yang sama ternyata kini semakin kuat. Anggota pelajar SMA yang dahulu Afoe bina kini telah berubah menjadi pemuda-pemuda cilik nan berani. Ucapannya begitu bersih. Tertata dan terkesan memiliki wawasan dan keyakinan yang dalam tentang Islam. Alhamdulillah-semoga istiqomah-.

Mereka begitu semangat membicarakan perkembangan Islam di kalangan remaja khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Ada sebuah ide yang mereka berikan pada forum pembinaan ini.
Jika Afoe menilai terhadap ide ini bukan sebagai bentuk ide melainkan sebuah ajakan untuk menjadi muslim kaffah.
Mereka mengajak untuk istiqomah dalam menegakkan sholat berjamaah. Mereka juga mengajak agar kurikulum pelajaran yang selama ini sering menciderai waktu sholat (dhuhur) agar di ubah sedikit, sehingga memungkin untuk pelajar muslim melaksanakan hak dan kewajibannya sholat dhuhur berjamaah di masjid sekitar (sekolah).
Semangat mereka yang membara, terpancar dari lisan mereka yang polos. Pikiran mereka yang jernih khas para pemuda cilik membuat hati ini bergetar, akankah Afoe yang lebih dewasa dari mereka mampu berbuat lebih?
Ah......hanya Alloh yang memiliki hati-hati bersih itu....
Do'a dan pembinaan, Insya Alloh senantiasa Afoe berikan sebagai tanda kepedulian pada saudara-sauadara muda kecil itu.
Besar harapan, mereka adalah generasi-generasi rabbani yang akan meneruskan estafet dakwah panjang ini. Amin.
Mereka yang muda memiliki semangat membara, kita yang tua masihkan berdiam diri dalam lamunan?
Pertemuan diakhiri dengan ifthor jamai.
Alhamdulillah, telah bertemu dengan pemuda-pemuda cilik berhati bersih.

Saturday, September 15, 2007

Indahnya Buka Puasa Bersama


Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum warahmatulllahi wabarakatuh
Alhamdulillahirabbil alamin, Allahumma sholi ala muhammad.
Kaifa khaluka Ya Ikhwati?
Semoga Alloh SWT senantiasa memberikan keberkahan pada diri kita semua. Amin.

Memasuki hari ke 3 di bulan suci Ramadhan 1428 H, telah banyak agenda yang kita kerjakan.
Sekali lagi mari berdoa, semoga alloh terima amalan kita dan mencurahkan rahmatNya. Amin.

Alhamdulillah, kemarin sore Afoe dan keluarga telah merasakan buka bersama dengan keluarga lain.
Mulanya kami ingin mengantar kue-kue pindahan rumah ke kampung, melihat waktu yang sangat sempit jelang maghrib akhirnya kami numpang buka di kampung.
Memang benar apa yang disampaikan oleh orang-orang, bahwa buka puasa bersama itu jauh lebih sedap disamping yang utama mendatangkan berkah Alloh lantaran tali ukhuwah yang kian kuat.

Menu yang sederhana tidak mengurangi keni'matan berbuka.
Adzan maghrib menjadi awal kami mencicipi segala menu yang ada.... Eeittt menunya hanya sedikit lho.
Teh manis menjadi pembatal puasa hari kedua.
Berbeda dengan buka puasa hari pertama, Afoe dan istri memilih mengikuti adat kampung.
Kami menyelesaikan makan dahulu, baru dilanjutkan dengan sholat maghrib. Tak apalah menyenangkan hati sesama.

Sayur asem, sambal pedas, tempe goreng, bakso, dan kerupuk, kami ni'mati bersama.
Riuh rendah suara sendok dan piring oleh anak-anak yang juga ikut berbuka puasa bersama.
Sesekali terdengar percapakan kecil mewarnai acara makan.
Tuan rumah mempersilahkan untuk nambah, juga mempersilahkan untuk mengambil makanan yang lain.
Sedeppppppppppppppppp dan ni'mat deh....

Semoga alloh limpahkan pahala pada keluarga di kampung yang telah memberikan makanan sebagai pembatal puasa hari kedua.
Hari ketiga buka puasa dimana yahh? he..he...he....

Sesungguhnya hari kedua kemarin, kami telah memasak makanan di rumah sendiri.
Dengan menu yang hampir sama di rumah. Sayur asem. Bedanya di rumah kami agak komplit sedikit.
Ada lalapan dan ikan tengiri goreng. Lumayan, menu ini kami jadikan menu sahur. Hemat.

Thursday, September 13, 2007

The First Day in Ramadhan 1428 H

bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, akhirnya Afoe dan keluarga bisa menghirup udara Ramadhan 1428 H.
Berbekal keimanan di hati, kami mencoba menapaki perjalananan Ramadhan yang baru saja dimulai.
Ada kebahagiaan terpancar di hati keluargaku, karena Alloh berikan kesempatan pada keluarga ini beribadah di dalamnya.
Ada kesedihan pula, khawatir jika kami tak mampu memanfaaatkan moment Ramadhan dengan sebaik-baiknya.
sehingga seneniiasa do'a terpanjat, agar kami termasuk golongan hamba yang istiqomah. Amin

Mula-mula kami mendengarkan adzan Maghrib sebagai tanda telah masuk tanggal 1 Ramadhan 1428 H.
Bersiap melaksanakan sholat Maghrib.
Usainya, kami berkemas menyiapkan sholat Isya dan tarawih.
Meski akhirnya kami memilih mengakhirkan sholat tarawihnya.
Perut yang telah lapar sejak sore, meminta sesuap nasi.

Afoe segera keluar rumah mencari tambahan lauk.
1 kodi sate ayam + 2 lontong menjadi pilihan. Enak dan murah :)
Seperti biasa, membeli adalah sebuah kegiatan yang menjemukan, kecuali kalo di makan langsung di tempat.
Berbeda ketika harus dibungkus untuk dimakan di rumah, seperti Afoe.
Afoe menunggu. Ada ± 3 orang yang udah ngantri sebelum Afoe datang.
Nunggu lama, berasap, tak ada yang kenal, banyak nyamuk, dingin lagi.
Giliran makan, hanya sekejap....tak kurang dari 20 menit ludes.
Alhamdulillah, serasa terbayarkan penat menunggu sate ayam di bakar dengan kelezatan yang tak terkira.
Kami rehat menunggu sahur.

Monday, September 10, 2007

Aku Rindu

bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum wr.wb.

Alhamdulillahirabbil alamin.
Allohuma sholi ala muhammad.

Ikhwah fillah rakhimakumullah... Ada sebuah kesedihanyang sedang menjalar di hati ini.

Ketika Afoe membaca sebuah blog dari kawan yang ada di Jakarta, pelan-pelan air mata ini nyaris mengalir. Alhamdulillah, diri ini masih mampu menahannya.
Kondisi dahulu dengan sekarang sungguh sangat berbeda. Begitu hangat ukhuwah ini tercipta hingga suatu saat Afoe meleraikannya. Sedih banget kalo ingat kisah itu.
Rasanya ingin sekali menebus kesalahan-kesalahan itu. Benar, bahwa kawan yang di Jakarta tak merasa disakiti dan lainnya. Hanya Afoe yang merasakan itu semua. Semoga alloh mengampuni kekhilafan ini.
Toek kawanku di Jakarta....afwan yahh....

Ikhwah fillah, terkadang kisah tempo dulu memang sangat berguna untuk kita. Salah satunya adalah yang sedang afoe rasakan. Hati yang kecil ini ingin mengulang masa-masa manisnya semangat. Semangat membara untuk peduli sesama. Ya Alloh berikanlah kekuatan untuk bersabar dan profesional mengemban amanahMu.

Ikhwah fillah, jika antum memiliki kesempatan untuk menuliskan semua kegiatan antum dalam bentuk blog/apapun, maka lakukanlah. Suatu saat mari kita buka bersama, insya alloh akan ada manfaatnya. Seperti itu pula yang Afoe lakukan selama ini. Manfaat terus mengalir, jika yang antum tuliskan adalah sebuah kebaikan. Memberikan inspirasi bahkan ilmu.

Nah.....mari menulis dan menuai kebaikan.
Insya alloh.

Lihat kisah ini : http://peduli.multiply.com/journal/item/41/Hafidz_Quran_Yang_Menunggu_Uluran_Tangan

Yang kedua : http://peduli.multiply.com/reviews/item/34

Friday, September 07, 2007

Target Ramadhan 1428

bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum wr.wb.
Ikhwah fillah mari sambut Ramashan tahun ini dengan suka cita.
Ada beberapa hal yang dapat
kita lakukan sebelum Ramadhan datang.
Salah satunya adalah menentukan target Ramadhan.
Sip.......coba kita susun bersama target tahun ini.

2 Pekan yang lalu, dinamika di dalam kelompok binaan Afoe juga menyusun target Ramadhan.
Insya Alloh pekan ini target Ramadhan akan disyuro kembali dan disosialisikan ke seluruh anggota binaan.

Nah...targetnya memang disesuaikan dengan kemampuan maksimal kita.
Jadi, tidak diperkenankan membuat target unbelieveble.

Lihatlah target anak-anak SMA yang Afoe bina untuk Ramadhan 1428 H :

1. Puasa satu bulan
2. Tilawah target khatam 1 kali
3. Qyamulail (tahajud) setiap hari
4. Memberi makan bagi orang yang berpuasa 2 kali/bulan

Menurut antum, target diatas sederhana atau malah terlalu tinggi.
Itulah target sementara sebelum Ramadhan benar-benar tiba.
Masih ada 6 hari menjelang Ramadhan.
Target bisa ditambah juga bisa dikurangi.
Namun demikian usahakan tidak kurang dari target hasil syuro kelompok.

Insya Alloh, semua diantara kita akan saling mengingatkan dan membantu para ikhwah untuk mencapai target-target itu melalui form mutabaah yang diberikan tiap kali pertemuan.

Semoga Alloh memberikan kekuatan pada kita semua untuk melangkah lebih baik di bulan Ramadhan tahun ini dan menjadikan kita alumni Ramadhan yang muttaqin.

Thursday, September 06, 2007

Rambu-rambu Ramadhan


bismillahirrahmanirrahim

Wednesday, September 05, 2007

1 Ramadhan 1428 H = 13 September 2007

bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillahirabbil Alamin. Allahumma sholi ala muhammad SAW.
Ramadhan 1428 H segera hadir, jika tak ada halangan hari Kamis ini tanggal 13 September 2007 menjadi awal 1 Ramadhan 1428 H.
Paling tidak inilah yang disampaikan oleh Dewan Syariah PKS Kota Tegal ketika mengadakan sebuah kajian ke-islaman di Tegal.
Meski demikian, hasil penetapan dari pemerintah akan menjadi rujukan kita semua. Insya Alloh.

Mari bersama berdoa, semoga Alloh berikan kekompakan pada ummat ini untuk melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan 1428 H.
Semua berkarya berlomba dalam kebaikan mengumpulkan bekal akhirat.

Ramadhan menjadi moment terindah untuk kita.
Moment Syariat Islam
Di bulan Ramadhan yang berkah ini adalah kesempatan untuk menerapkan syariat Islam.
Selama ini bayangan ummat terhadap syariat Islam begitu menyeramkan. Selalu saja yang terbayang adalah tentang hukuman potong tangan, hukum pancung, dan rentetan hukuman yang menggunakan pisau/golok/sejenisnya. Pahamkah mereka (yg mengira²) tentang hukuman-hukuman itu?
Ah, mereka telah tercelup oleh pencemaran nama baik Islam yang sesungguhnya sangat damai.

Bulan ramadhan menjadi ajang penerapan syariat Islam tanpa paksaan. Bahkan dengan suka rela ummat Islam menjalankan syariat Islam.

Lihatlah ummat Islam seluruh dunia berbondong-bondong mengerjakan puasa di waktunya. kemudian merekaakan segera berbuka setelah tiba masanya.
Di malam hari, ummat Islam seluruh dunia akan tarawih dan sahur, beberap yang lain berlomba tahajud menghidupkan 1/3 malamnya.
Puasa, ifthor, sahur, qiyamulail, shodaqoh adalah salah satu bagian dari syariat Islam. Mereka saling tolong-menolong memenuhi hajatnya. Sebuah kondisi terindah agama Islam.
Seandainya setiap hari dalam bulan-bulan selain Ramadhan umat Islam kompak menerpakan syariat Islam secara utuh, insya alloh Islam akan kembali dalam kejayaanya. Mengayomi dunia dengan kedamaian.
Sayangnya, jika Ramadhan telah usai maka usai pula kebaikan-kebaikan diatas. Naudzubillah.
Semoga kita dalah orang-orang yang senantiasa istiqomah menegakan syariat Islam di diri, keluarga dan dunia ini. Amin.

Monday, September 03, 2007

Pindah rumah Beneran !

bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum wr.wb.Alhamdulillah dapat berjumpa lagi dengan antum kembali.Ada sebuah kabar yang ingin Afoe bagi dengan antum semua, para ikhwah yang setia mengikuti kisah perjalanan hidup Afoe.Awal bulan September 2007 ini, Afoe dan istri memutuskan untuk pindah ke rumah baru. Sesungguhnya rumah yang lama masih bisa dihuni, tapi kalau ada rumah baru yang telah siap dihuni, Kenapa harus menunggu?
Lagian rumah yang lama (rumah dinas) sedang terlibat sengketa. Sengketa antara pemiilk tanah dan pemkot. Sebelum terjadi kejadian yang aneh-aneh, Afoe dan istri memilih migrasi ke tempat baru.

Sesunggunya sih bukan sengketa besar.
Hanya pemilik ingin menjual tanah yang diatasnya berdiri banguan milik pemerintah, sedangkan akhir 2008 ini, Pemerintah tak lagi membutuhkan bangunan itu.

Sekarang yang menghuni bangunan itu adalah Afoe dan istri. Mau tidak mau kami akan terlibat.
Harapan awal, afoe dan istri hendak membeli tanah dari pemilik dan membeli bangunan dari pemerintah.
Usaha kesana sudah dilakukan dengan serius, mulai dari lobi-lobi ke pemilik dan juga ke pemerintah.
Lampu hijau pembelian telah menyala hingga akhirnya padam setelah mengetahui kondisi sesungguhnya.
Bangunan yang insya alloh akan dapat dibeli murah secara lelang. namun gagal karena tanah pun tak bisa dibeli.
Ada sebuah kejanggalan terhadap kondisi luas tanahnya.
Tanah seluas lebih dari 500 meter kini hanya ada 200-an meter. dan itu adalah luas bangunan dan beberapa meter tanah yang tersisa di sekitarnya. Dimanakah luas tanah yang lainnya?
Entahlah....kondisi ini memaksa Afoe dan istri melobi kembali pada sang pemilik, bahwa luas tanah yang ada tidak sesuai dengan yang tertera di sertifikat tanah.
Sesungguhnya Afoe dan istri bersedia membeli tanah dari bangunan yang ada yakni 200 meter.
Sayang pemilik tak berkenan, dia ngontot agar Afoe dan istri membeli tanah seluas ± 500 meter.

Bagaimana mungkin?
Setelah menghitung-hitung terhadap kemungkinan kecil membeli tanah sesuai fakta, akhirnya kami berdua memutuskan mencari tempat tinggal baru.
Mulai dari ngekost sampai rencana ngontrak, bahkan pilihan nekad untuk kembali tinggal di ruamh mertua, coba diambil.
Selama 2 minggu afoe dan istri mencari informasi.
Informasi paling baik adalah adanya sebuah rumah mungil yang akan dijual.
Karena mungil, afoe kira harganya tidak akan mungkin terlalu tinggi.
100.000.000 itulah tawaran dari pemilik.
Lobi-lobi dan survei segera dilakukan.
Siang dan malam sampai siang lagi, lobi terus dicoba.
Harga terakhir diangka 85.000.000 bertahan tiga hari.
Kami harus mengalaah, dan membayar sejumlah yang diinginkan oleh pemilik.

Dan kini, rumah itu telah menjadi milik kami.
Afoe dan istri pindah kesana terhitung tanggal 2 September 2007 bertepatan dengan hari Hari Ahad, 19 Sya'ban 1428 Hijriah.
Semoga Alloh berkahi tempat tinggal yang baru ini.
Baiti Jannati.

Thursday, August 30, 2007

Sang Bayi Mungil


bismillahirrahmanirrahim

Hari-hari ini Afoe sedang menghitung waktu jelang kelahiran anak pertama. Kekhawatiran besar melanda pada diri ini. Hanya Alloh yang menjadi tumpuan.


Afoe juga berharap antum semua memberikan do'anya pada keluarga kecilku ini. Semoga alloh karuniakan anak yang sholeh atas kelahiran sang bayi ini. Semoga Alloh selamatkan sang Ummu dalam persalinannya


Cita-cita menjadi seorang Ayah bagi anak-anak insya alloh segera terlaksana. Sedangkan cita-cita lain menjadi seorang suami telah terlaksanakan sejak 15 april 2007.

Perkiraan istriku, masa melahirkan akan tiba pada bulan Maret 2008 karena saat ini zaujati baru mengandung si bayi mungil selama 9 minggu-an.


Gimana yahh rasanya jadi seorang Ayah.

Tambah amanah tambah peluang memupuk kebaikan.

Semoga Alloh limpahkan ilmu pada seorang ayah yang hendak menjalin silaturahim dengan anak-anaknya.

Menjadikan keturunannya dalam didikan Islam menuju generasi Rabbani.

Generai yang menggadaikan jiwa dan raganya demi menggapai surganya. Amin

Tuesday, August 28, 2007

Berselimut Hangat


bismillahirrahmanirrahim

Jika saat ini, antum berada di Kota Tegal, maka akan antum rasakan hawa dingin yang cukup menusuk tulang-tulang badan.

Hawa dingin yang akan mulai berhembus ketika malam tiba sampe dengan shubuh. Kedinginan ini mampu menggangu aktivitas bagi orang-orang yang tidak tahan dengan suhu yang rendah.

Pastikan diri membawa jaket tebal, jika hendak meninggalkan rumah pada sore-malam hari atau bahkan sampe pagi. Jaket yang tebal menghindarkan badan menggigil karena dingin.

Nah, untuk antum yang berada di rumah pun dapat menghindarkan hawa dingin dengan cara mengenakan selimut woll. Bahan woll mampu menyimpan hawa panas yang dikeluarkan oleh tubuh kita.

Berbaringlah di kasur dan selimutilah diri dengan kain woll tebal nan halus. Aroma wangi yang dihembuskan oleh selimut menambah betah dan nyaman kita yang akan rehat di malam itu.

Jika ingin menonton TV atau membaca buku, selimutkan kain woll pada ujung kaki hingga badan bagian dada/perut. Duduklah di ruangan yang tertutup seperti kamar.

Pilih selimut dengan warna cerah, misal hijau, pink, biru muda, coklat muda, dll.

Kopi/teh manis/ jahe merupakan minuman tepat sebagai teman membaca.

Selamat mencoba.

Monday, August 27, 2007

Mati Hanya untuk orang lain


bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillah, siang ini dapat bersua dengan antum semua lewat web-blog.
Ikhwahfillah....

Ada pengalaman yang insya alloh juga sudah dialami oleh antum semua. Yah, pengalaman tentang kematian. Beberapa hari ini, setia pagi ada saja pengumuman tentang kematian seorang warga. Dari yang terdengar sayup-sayup karena jarak yang jauh sampai dengan begitu nyaring karena jenazah ada dekat rumah . " Assalamualaikum wr.wb. Pengumuman berita keluarga. Innalillahi waina ilahi rojiun. Telah meninggal dunia dengan tenang. Nama Fulanah bin Fulan. Umur 45 tahun. Alamat jalan Damai nomor 2 Kota Silam. Meninggal pada hari Ahad, pukul 21.05 WIB, tanggal 26 Agustus 2007 di rumah sakit Berkah. Jenazah akan dimakamkan pukul 08.30 hari Senin tanggal 27 Agustus 2007 di pemakaman keluarga. Yang berduka cita : Akhi sebagai suami, ukhti sebagai anak. Demikian pengumuman ini. Wassalamualaikum wr.wb."

Astaghfirullahaladzim, beberapa saat kemudian terdengar pengumuman serupa tapi beda jenzah, hingga 3 kali terdengar. Hari sebelumnya juga terdengar hanya agak sayup.

Berturutannya pengumuman kematian, membuat hati ini bergetar. Apakah benar bahwa pengumuman berikutnya akan terdengar sayup-sayup lagi? Atau terdengar jelas? Bahkan super jelas karena sang jenazah ada di rumah kita, dan jenazah itu adalah kita. Rasanya kok belum puas diri ini hidup. Belum puas menikmati segala isi dunia.

Kenapa kok bisa memiliki pemikiran bahwa kematian hanya untk orang lain? Rasanya tidak mungkin kalau-kalau besok ada pengumuman kematian itu pasti bukan kita, TAPI ORANG LAIN. Bagaimana mungkin seperti itu? Padahal Alloh SWT telah memberikan sebuah sifat fitrah bagi setiap makhluk yang hidup pasti akan mati. Dan makhluk yang tak hidup akan musnah.

Bukankah kita adalah manusia, sama seperti yang disebutkan dalam pengumuman kematian tadi. Hanya saat dan caranya saja yang beda. Maka mari bersiap mati dengan bekal keimanan dan ketaqwaan pada ALLOH SWT.

Lakukan amal terbaik dalam sisa hidup ini, sehingga jika ada pengumuman kematian terdengar maka kita sedang tersenyum manis lantaran nama kita disebut sebagai hamba yang akan segera bertemua dengan Sang Rabb.

Tuesday, August 21, 2007

Pawai bersama anggota Dewan dari PKS

bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum..
Wah, senang banget bisa ketemuan dengan antum semua di forum Blog ini.

Setelah 10 hari tak login ke dalam webBlog, maka hari ini Afoe azamkan untuk menuangkan beberapa aktivitas yang Afoe lakukan bersama ikhwah² kota Tegal.

Salah satunya adalah pawai Agustusan yang baru saja di gelar oleh Pemkot Tegal.


Sejak awal pendirian PKS, maka DPD PKS Kota Tegal selalu mengirimkan pasukannya ke dalam rombongan pawai jalan kaki.

Untuk tahun ini memeng ada nuansa lain.
Komitmen para kader diuji.
Tak pelak, banyak ustad² sepuh yang harus ikut pawai lantaran mereka duduk dalam amanah sebagai pengurus partai.

Beda sekali dengan Afoe yang kata semua orang (kecuali yang tidak) bahwa Afoe masih muda adalah wajar jika ikutan pawai.

Usia yang masih belia ini menjadi alasan kuat agar Afoe harus ikutan pawai.
Padahal di kantor sedang tidak ada orang. Sebagian karyawan cuti, sedangkan bagian Afoe pun sepi tenaga. Bingung banget.

Alhamdulillah, Afoe diberikan kesempatan nimbrung bareng teman² PKS pawai.
Seperti biasa, paserta pawai harus sudah kumpul di alun-alun kota Tegal 1 jam sebelum pemberangkatan.
Lebih awal lebih baik, dan lebih awal akan semakin cepat selesai.
Utusan PKS tegal menempati kapling 16 dengan nomor ururt 46 dari 75-an peserta.
Wah...lama banget yahh....
Panas matahari membakar kulit² ini.
Semoga para ummahat,PWK dan akhwat bertahan dalam panasnya udara.

Sejak pukul 12.30, utusan PKS bertahan di atas rumput gersang alun-alun kota Tegal.
Setelah menungu 1 jam, PKS mendapatkan giliran untuk berjalan menyusuri rute pawai.
Subkhanallah ada yang menarik di antara rombongan PKS.

2 orang ikhwan yang sejak tadi berbaur bersama ikhwah ternyata adalah Ustad Drs.Darni Imadudin dan Ustad H. Amirudin,Lc yang merupakan anggota dewan dari PKS.
Ah, kehadiran mereka seperti angin sepoi yang berhembus di terik matahari.
Mematahkan kelusuan karena panas.

Mematahkan anggapan bahwa anggota dewan tempatnya adalah di kursi-kursi empuk mereka.
Alhamdulillah, semoga mereka senantiasa dekat dengan para ikhwah.
Sebagaimana biasanya mereka juga bercanda ria dalam setiap syuro² PKS.
Mereka yang bersuara, dan kami yang mendukung.
Mereka yang berjuang dan kami beregrak.

Sinergis ...

Friday, August 10, 2007

Taubat Yah !

bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, Alloh masih memberikan kesempatan pada kita untuk tetap bersua via web-blog ini.

Ikhwah fillah, sebelumnya AFoe mohon do'a, agar Alloh SWT memberikan yang diminta hamba-Nya ini.

Sungguh Afoe dalam keadaan yang kurang cerdas.

Diberikan kesempatan tak bisa memanfaatkannya.

Alhamdulillah ada para ikhwah yang turut mengontrol Afoe.

Ikhwah fillah,,,,Kamis ini Afoe merasakan sebuah sensasi dari ketakutan.

Rasanya tertinggal atau bahkan ditinggal oleh sebuah pihak kebaikan.

Pihak yang tentu saja berafiliasi dengan Sang Rabb.

Afoe begitu ketakutan akan prestasi amal harian yang menurun drastis.

Sebuah perkataan ulama, bahwa jika kita masuk surgapun itu lantaran karena rahmat Alloh SWT, padahal seseorang telah beramal banyak sesuai perkiraanya.

Lalu, bagaimana dengan Afoe yang tak banyak berbuat baik????

Kamis itu Afoe hanya bisa menyesali.

Berazzam dalam hati akan memperbaiki.

Alhamdulillah, ketakutan ini masih ada obatnya. Ketakutan seorang hamba yang masih memiliki nafas di dalam tubuhnya, sehingga kesempatan taubat insya Alloh masih terbuka luas.

Afoe merasakan penurunan maknawiyah yang begitu tajam. Ngga pede sama sekali.

Maka, ketika Afoe mendapatkan amanah untuk menyampaikan kisah Perang Hunain, afoe nyaris tak sanggup.

Tak pantas, seorang manusia dengan amaliyah yang turun drastis berbicara di depan orang-orang sholeh.

Dengan mengucap basmalah, Afoe yakinkan diri untuk semakin baik. Mungkin inilah adalah iqob (hukuman) yang harus Afoe lalui untuk repairing diri.

Semoga tidak terulang lagi.

Ikhwah fillah..

Sejenak kita renungkan perkataan murobi Afoe.

"Sangatlah wajar jika manusia mengalami penurunan."

Kalimat ini seakan menjadi pembelaan/ pembenaran atas apa yang menimpa Afoe saat ini. Ada angin segar yang tiba-tiba meniup wajah muram ini. Manusiawi.

Renungkan pula perkataan murobi Afoe berikutnya.

"Di masa kholifah Umar bin khotob,terjadi usaha meluaskan Islam ke negeri Syam. Sayangnya usaha ini menemui kegagalan terus menerus. Kemudian sang komandan lapangan meminta agar pemerintah umar mengirimkan 1000 tentara lagi untuk membantu perluasan Islam.

Apa yang dilakukan Umar? Apakah ia mengabulkan permintaan sang komandan perang?

TIDAK. Umar langsung turun ke medan jihad dan kemenangan gemilang diraih oleh pasukan muslimin.

Lihatlah, begitu dahsyat Umar ia setara dengan kekuatan 1000 tentara."

Mulanya, umar mengumpulkan tentara muslim yang tersisa. Umar mengadakan tausiyah dan muhasabah.

Kata Umar : Apakah diantara pasukan ini ada yang berbuat kemaksiatan? walau kecil?

Jawab Tentara: Tidak ada.

Umar : Meski menyingung perasaan kawan lain tanpa sengaja?

Para tentara : Tidak ada.

Umar : Apakah ada amalan-amalan Islam yang ditinggalkan?

Tentara : Tidak ada.

Umar : Apakah ada amalan sunah yang ditinggalkan?

Tentara : Tidak ada.

Kemudian seorang tentara mengatakan bahwa dia dan teman²nya belum ( meninggalkan) bersiwak.

Mendengar itu, Umar memerintahkan pasukan untuk menebang pohon siwak dan bersiwak dengan kayunya.

Ketika para tentara muslim bersiwak inilah, seorang penintai pasukan musuh melihatnya.

Ia seperti melihat pasukan muslim yang sedang kelaparan dan buas.

Ia mengira, siwak itu adalah taktik muslim untuk mengasah gigi.

Bagaimana mungkin pasukannya menghadapi pasukan muslimin yang kelaparan dan buas itu.

Pengintai kembali ke negerinya dan menyampaikan pada pasukannya tentang kebuasan pasukan muslimin.

Berita ini menyurutkan semangat musuh, hingga kaum muslimin berhasil menduduki negeri Syam."

___________________________

Afoe meneteskan air mata, seakan apa yang disampaikan Umar terucap pada Afoe.

Dakwah ini akan macet, jika ada diantara du'atnya melakukan kemaksiatan.

Afoe merasakan penurunan amaliyah yaumiyah diri menjadi penyebab kemunduran prestasi dakwah.

Sungguh Afoe menyesal.

Semoga alloh berikan limpahan rahmatNya. Amin.

Thursday, August 09, 2007

Pagar Betis


bismillahirrahmanirrahim
Rabu, 8/8/07 Afoe dapat amanah dari kantor untuk mengambil uang tunai di bank

Tak seperti pengambilan sebelumnya, kali ini pengambilan hanya sedikit.
Menyesuaikan kebutuhan kantor kali yahh..
Pagi jelang siang ini Afoe ngambil uang <10jt.

Subkhanallah, afoe menikmati perjalanan ini.
Dengan menggunakan motor kantor melaju pelan.
Baru pagi ini benar-benar merasakan enaknya mengendarai motor dengan pelan.
Afoe memandangi setiap jeda/gang antara bangunan y
ang berdiri kokoh disepanjang jalan kota Tegal.
Nampak beberapa ramai oleh pengunjung yang berdatangan untuk merasakan jasanya.Gedung-gedung yang ramai pastilah toko/bank, dsb.

PLN Kota Tegal
Tiba di jalan pemuda, tepatnya di depan PLN Kota Tegal suasana jalan riuh rendah. Nampak barisan anak-anak SD mengenakan seragam pramuka di sisi kiri jalan. Mereka sepertinya menanti kedatangan rombongan/pejabat.
Seterusnya nampak semakin banyak dan ramai saja jalan dengan seragam khas coklat pramuka.
Beberapa blok bahkan nyaris rapat dengan barisan Pramuka kecil ini. Ada yang melengkapi barisannya dengan drumband, angklung, rebana, juga bendera.
Afoe tetap asyik mengendarai motor kantor. Melaju pelan menuju bank.
Hingga ujung jalan ke bank, barisan pramuka masih asyik berbaris.
Afoe masuk ke bank, menyerahkan cek menunggu teller memeriksa cek. Sejurus kemudian lembaran-lembaran uang tunai kini berada di tangan Afoe.

Afoe menghitungnya dengan cepat. Alhamdulilah Afoe sudah bisa menghitung uang kertas dengan jari-jari ini secara lincah. Nyaris seperti petugas bank deh.
Afoe pulang.
Dalam perjalanan pulang, afoe masih mendapati barisan pramuka yang asyik bersenda gurau antar sesamanya.
Di perempatan utama kota Tegal (perempatan mal pasific) nampak rombongan mobil melintas.
Afoe perhatikan mungkin itulah rombongan yang sedang ditunggu barisan pramuka-pramuka kecil tadi.
Setelah mendapatkan keterangan, memang benar. Mereka menunggu rombongan tunas kelapa.
Mereka membentuk pagar betis menyambut arak-arakan tunas kelapa, simbol dari pramuka.
Wah...dulu afoe juga gitu...Sering disuruh-suruh sama guru untuk turun di tepi jalan menanti para pejabat yang akan melintas di jalur pantura.
Ndak tahu, sekarang pejabat² itu kemana?Apakah mereka masih menjabat amanah dari negara atau sudah pensiun atau bahkan udah mati?
Semoga Alloh ampunkan kelalaian mereka.
Semoga mereka tidak mati dalam penderitaan penjara karena korupsi.
Ah, hanya kepada Alloh SWT-lah semua manusia berserah.

Wednesday, August 08, 2007

Agustusan Yuk. Merdeka

bismillahirrahmanirrahim

Bagi negara kita, bulan Agustus adalah bulan istimewa.

Setiap memasuki bulan ini, maka tiba-tiba jalanan menjadi lebih ceria.
Paling tidak disetip halaman rumah tepi jalan akan berkibar bendera merah putih.
Yah, di bulan Agustus tahun 1945 yang lalu Indonesia memproklamirkan kemerdekaanya.
Sebuah peristiwa besar yang memang patut untuk diingat, sebagai refleksi perjuangan para mujahid.

Sama seperti bulan Agustus tahun 2007 ini.
Di kota kelahiranku, kota Tegal telah berhias diri sejak tanggal 1 Agustus yang lalu.
Jalan-jalan nampak berwarna-warni.
Bendera pelangi, lampu hias, pagar baru dengan dominan warna merah dan putih.
Jika malam tiba, maka banyak jalan di sudut-sudut kota kerlap-kerlip.
Pancaran lampu hias membuat indah jalan setapak yang semula nampak pucat oleh lampu dari PLN.

Bulan ini juga menjadi bulan istimewa bagi negara kita.
Kegiatan-kegiatan sosial mendadak menjamur.
Kerja bakti berlangsung dimana-mana.
Perlombaan beragam diselenggarakan.

Lomba kebersihan, lomba masak, lomba nagis, panjat pinang, karoke, lomba adzan, mtq, cerdas cermat, lomba makan mie/kerupuk, pukul air dalam plastik, balap karung, sepeda santai. dll.

Hadiahnya?

Tergantung dari lobi para panitia.
Ada panitia yang harus bersusah payah menyediakan hadiah untuk lomba anak-anak, lantaran warganya tidak peduli.
Ada yang dengan mudah mendapatkan hadiah karena warganya begitu antusias mengikuti lomba dan perayaan HUT RI tahun ini.

Banyak hal yang bisa kita dapatkan dari moment milad negara kita.
Mulai dari kebesaran ALLOH SWT yang telah memberikan rahmatNya pada negara kita sehingga kemerdekaan menjadi predikat Indonesia.

Kita juga bisa belajar dari semangat jihad para mujahid yang gigih berjuang mengusir para penjajah.
Ibroh selanjutnya para generasi penerus menjaga dan mengisi kemerdekaan dengan karya terbaik kita.

Mari bersama mensyukuri kemerdekaaan ini dengan beribadah padaNya.

Saturday, August 04, 2007

Vario

bismillahirrahmanirrahim

ketemuan lagi dengan Afoe nih....tapi Afoe-nya lagi binun....binun (bukan
bingung lho....)
Binun = lagi kampungan. Ada orang bilang lagi ndeso².
Apa yang salah dengan predikat ndeso....yang penting sholeh :)


Selama ini jadi pengagum Vario....eh malah ketika dipinjamin Vairo oleh My
Mom boss kelabakan gini.

Asli....ini kali pertama Afoe makai motor Vairo milik bos.
Biasanya Afoe makai motor sendiri atau makai motor kantor untuk keperluan
pekerjaan.
Tidak untuk siang ini. Afoe makai motor Vario.

Ada 2 perasaan.

1. Bangga karena dipercaya untuk properti bos...hanya orang² yang
beruntung yang dapat memakainya.....( Kata sapa? Yahh...kata afoe)

2. Binun, lantaran Afoe belum lihat makai motor Vario.

Afoe segera muter² ke lantai 2 untuk cari informasi bagaimana cara
mengendarai Vario. (Asli malu bro.......tapi gimana lagi) kalo ga nanya
malah bahaya...

Alih² malu, malah dapat pengetahuan.

Alhamdulillah di lantai 2, ada orang (siswa) yang paham dengan motor
otomatis.
Meski berbeda merk( mio ) dia menyampaikan manual sistem.

Dengan seksama selama 2 menit Afoe dengarkan siswa itu menjelaskan.

Coba perhatikan, khususnya bagi para orang ndeso yang belum pernah/tidak
bisa memakai motor otomatis.

a. Masukan kunci ke dalam port-nya

b. Tarik pelatuk rem sedikit
Ini penting, karena mesin tidak akan hidup jika pelatuk rem tidak ditarik.
Keliatannya rem ini juga menjadi rangkaian mesin Vario agar bisa dihidupkan.

c. Tekan tombol starter,
Untuk Vario, tombolnya berwarna kuning. Ndak tahu yang lain.

d. Mulailah menarik gas Vario,
Cukup sedikit demi sedikit, karena mesin Vario cukup responsif.
Pelan tapi pasti....

Terakhir nikmatilah perjalanan bersama motor mungil nan lincah.

Afoe langsung beradaptasi.
Enak juga mengendarai Vario.
Empuk.....(kalo yang ini mungkin masih baru)
Mesin lembut (yang ini mungkin juga masih baru)

Vario yang afoe kendaraai saat ini biasanya dipakai oleh Ibu bos...
Mungkin karena terbiasa dipakai ibu² jadi tetap lembut.
Tak pernah buat ngebut,kecuali kali ini. AFoe ngebut.

Oh yahh,untuk langkah e. Mematikan mesin.
Pelan gas, gas akan otomatis kembali jika tidak ditarik.
Roda berhenti berputar.
Untuk memastikan tidak jalan, tarik pelatuk rem depan dan belakang.
Raih kunci yang menempel di port-nya dan putar ke arah signal Off.

Ambil kunci dan parkir di tempat yang mana.

Oke...gitu yahh....

ada yang ngajak Afoe mbonceng Vario.....

Thursday, August 02, 2007

Reses Anggota DPR R I


bismillahirrahmanirrahim

Tak banyak yang dilakukan ketika Rabu kemarin Afoe diamanahi untuk mengurus Reses DPR RI, ustad Ir. H.Suswono,MMA. bahkan meski Afoe menjadi ketua panitia Reses.


Alhamdulillah para ikhwah yang menjadi anggota panitia reses, cukup membantu Afoe.
Humas membagikan undangan ke masyarakat.
Sekretaris memperbaiki undangan yang salah.
Sekretaris juga memesan tempat penyelenggaran yang mendadak pindah dengan pertimbangan keluasan.

Bendahara bertugas mengurus segala pengeluaran.
Dia juga menukan dana transportasi sehingga mudah diberikan pada para peserta reses.

Target peserta 200 orang, terlampui.
Ini bisa lihat dari dana tranport yang pas.

Panitia lain seperti perancang acara juga menjalankan tugasnya dengan baik.
Pendek kata, acara reses sukses. Alhamdulillah.

Afoe ucapkan terima kasih dan jazakumullah atas bantuan antum semua.
Banyak sekali pekerjaan jadi mudah dan luwes dikerjakan jika ada saling koordinasi dan saling membantu.
Waow......kali ini afoe benar² merasakan sebuah pertolongan dari ikhwah. :)

Kali lain, insya alloh Afoe akan membantu kegiatan ikhwah lain.

Oh yahh, reses telah usai.
Namun agenda lain telah menanti.
Saresahan dakwah sekolah, membuat dekorasi, hafalan, presentasi di halaqoh nanti malam turut mewarnai agenda Afoe.

Ya alloh berikanlah keberkahan dalam setiap detik usia ini. Amin.

Antara Ebotil dan Sariawan



bismillahirrahmanirrahim

Subkhanallah, waktu rehat yang biasanya ceria, maka siang ini harus merintih dan meringis kesakitan lantaran pengobatan sariawan usai makan siang.

Istriku memberikan pengobatan pada sariawan mulut.
Meski kecil, tapi luka sariawan ini cukup mengganggu aktivitas harian.

Intonasi bicara jadi ga jelas, makan sulit, minum sulit dan berbagai aktivitas lisan lain yang tak lancar.

Adalah ebotil atau butil atau apa sebutannya, baru saja diteteskan ke bibir bagian dalam sebelah kanan.
Sejak dahulu afoe sudah mendengar nama obat ini.
Kata teman² kerja, Ebotil mampu menyembuhan luka sariawan dengan cepat.
Cara kerjanya yakni membunuh kuman/jamur penyebab sariawan.
Mengeringkan lukanya hingga mengelupas sembuh.

Efek dari ebotil adalah rasa sakit yang luar biasa. Rasa terbakar dan kering.
Sekali lagi Afoe sampaikan, rasanya sakit luar biasa.
Ebotil membakar luka itu dan mengelupaskannya.

Alhamdulillah setelah melalui tahap luka bakar yang juga menguras air mata, sariawan ini semakin hilang rasa sakitnya. Mungkin sembuh.

Ebotil yang Afoe pakai berbentuk cairan hitam/ungu.
Rasanya pahit, kata istri ku.....asin.
Tersimpan rapat dalam botol kecil ukuran 25 ml.

So......yang sariawan silahkan coba obat ini.
Rasakan sensasi sakit yang luar biasa.......
Asli........

Tuesday, July 31, 2007

Buah Tomat


bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum wr.wb.
Alhamdulillahirabbbil alamin.....

Akhifillah rakhimakumullah....

Ada kisah yang ingin afoe sampaikan ke antum semua.Kenapa kisah ini ingin afoe sampaikan ke antum, karena afoe kira bahwa kisah yang akan Afoe sampaikan tidak akan terjadi lagi usai menikah.....( he...he..he... panjang banget ngomongnya).Inilah kisahnya.

Saat ini Afoe menderita sariawan. Luka kecil yang terletak di bibir atas sebelah kanan telah muncul sejak 3 hari yang lalu. Setahu afoe, ini adalah kali pertama menderita sakit sariawan sejak menikah April 2007.

Alhamdulillah, istri langsung tanggap memberikan obat dari puskesmas yang ia peroleh disana. Istriku juga memberikan vitamin C tablet.

Vitamin C berbentuk tablet bundar mungil memiliki rasa asam (jawa : kecut). Afoe berhasil menghabiskan 10 tablet. Sedangkan obat dari puskesmas, Afoe baru saja menghabiskan 2 tablet, dengan warna pink.

Kata orang-orang, jika seseorang telah menikah maka ia tidak akan menderita lagi sariawan. Buktinya Afoe tetap saja.

Mungkin karena pengarus stress pekerjaan dan aktivitas lainnya, sehingga sariawan ini tetap menyerang afoe.

Ketika berangkat ngantor,. ada teman yang memberikan saran agar memakan buah tomat.

Tomat ini cukup manjur, seperti yang dia lakukan ketika menderita sariawan.

Insya alloh Afoe coba deh.

Thanks yahhh.

Monday, July 30, 2007

Bersiap jadi Abi?

bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum wr.wb.
Alhamdulillahi rabbil alamin. Washolatu wasalamu ala muhammad.

Senang sekali dapat berjumpa dengan antum semua, para reader
http://www.afoe.blogspot.com di kesempatan Senin ini.
Sebelumnya, afoe sampaikan kabar bahwa afoe beserta keluarga dalam keadaan
baik tak kurang suatu apapun. Alhamdulillah hingga hari ini, Alloh masih
memberikan karunia pada kami.
Besar harapan Afoe, antum pun demikian. Amin.

Ikhwah fillah al izza.

Berangkat dari pernikahan yang Islami, insya alloh kita semua kembali
menapaki kehidupan yang dinamis ini.
Untuk antum yang baru saja mengucapkan ijab qobul kepada wali istri antum,
selamat semoga keberkahan dari alloh SWT menyertai keluarga antum. Amin.

Langkah berikutnya, marilah wahai para suami untuk bersiap menjadi Abi
dari benih yang kita titipkan kepada istri.
Momen kehamilan istri, mari kita jadikan sebagai tonggak kebangkitan ruhiyah.
Meningkatnya prestasi ibadah kita pada alloh SWT, semakin sayang kita pada
keluarga, semakin giat dalam bekerja, semakin rajin dalam berdakwah.

Tengoklah sejenak istri kita yang sedang hamil.
Rasakan ikhtiyarnya untuk menanggung janin sholeh kita.
Berikan perhatian padanya, karena sesungguhnya engkau pun sedang
memberikan perhatian pada si kecil.
Tanyakan apakah hari ini ada yang sakit?
Mualkah perutnya?
Peningkah kepalanya?
Demamkah badannya?
Pegal dan linukah kakinya?
Gemetarkah jalannya?

Jika semua baik², bersyukurlah. Semoga alloh senantiasa melindungi si
Kecil dalam kedamaian kasih sayang umminya.
Jika ada yang dirasakan sakit, segeralah beri dia nasihat untuk bersabar.
Menjaga si kecil = ibadah, menghormati ciptaan-Nya.
Berilah kecupan kecil pada keningnya.
Bisikan nasihat kesabaran di telinganya dengan lembut.
Sampaikan bahwa sang suami setia mendampingi.
Kalau lah suami harus pergi, maka kepergian suami adalah dalam rangka
berdakwah.
Yakinkan hatinya, bahwa kepergian ini untuk memenuhi perintah Yang Maha
Penguasa, Alloh SWT.

Wahai Istri.
Bersabarlah dalam do'a penantian kembalinya sang Suami.
Yakinlah bahwa suamimu akan kembali, walau hanya jasad atau bahkan nama
harumnya saja yang kembali. Syahid.
Didiklah si kecil menjadi mujahid, hingga Alloh SWT mempertemukan kita
dalam kedamaian surga milik Alloh SWT yang luasnya melebihi langit dan
bumiNya.
Sematkan di dada untuk tetap tegar dalam tarbiyah kehidupan yang diberikan
Alloh SWT.
Tarbiyah ini hanya bisa dilalui oleh orang-orang sholekha yang mencurahkan
seluruh hidupnya untuk Alloh SWT.

Mari bersama mendidik anak-anak kita menuju generasi rabbani.

Toek istriku : ane sabar, ukhti

Saturday, July 28, 2007

Seputar Kehamilan Wanita

bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillahirabbil alamin.

Perubahan besar akan terjadi pada setiap wanita yang sedang mengandung.
Istri kita berbadan dua, kehati-hatian dalam berkativitas mesti menjadi perhatian.
Asupan gizi merupakan utama demi memperoleh keturunan yang qoratu a'yun.
Gizi fisik dan ruhani.

Tingkatkanlah nilai kesehatan keluarga. Tak ada secuilpun noda yang hinggap.
Jaga rumah agar tetap berkilau dengan lantunan ayat² qur'an.
Biarkan hati ibunda dan ananda mungil tenang mendengarkannya.

Jaga diri dalam kesholekhan pada Alloh SWT.
Jaga kehalalan harta yang kita peroleh.

Tunggulah sampai istri kita telah siap melahirkan anak sholekh kita.
Senantiasa berdo'a, karena di setiap malam akan ada sedikit tangisan dari sang calon ummi.
Sedikit rintihan dari lisanya yang mungil oleh reaksi si kecil.
Akan ada sedikit manja yang engkau terima dari sang istri.

Bersabarlah, engkau akan segera mendapatkan amanah mulia dari Alloh SWT.




Monday, July 23, 2007

Hari ANak

bismillahirrahmanirrahim

Ahad, 22 Juli 07 bersama istri menghadiri peringatan hari Anak. Jadi ingat saat sekolah dulu.
Sekolah kita memang terbiasa mengadakan upacara untuk hari-hari besar.
Ada hari Kartini kita upacara, ada hari kebangkitan nasional, upacara. Dan anehnya sekarang, setiap tanggal 17 kita pun upacara. Di beberapa intansi malah mewajibkan setengah menyarankan agar staffnya menggunakan seragam kopri.


Wednesday, July 18, 2007

Musim khitan

bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta'inu wanastaghfiru wanaudzubillahi min sururi anfusina, waminsayiati a'malina.
Allahumasholi ala muhammad, waala ali washohbihi wasslim. Amma ba'du.

Sungguh sebuah karunia dari alloh SWT yang tidak terkira nilainya, kita dapat berjumpa dalam mimbar blog ini.
Do'aku semoga ikhwah semua dalam lindungan keberkahan dari alloh SWT. Amin.

Ikhwah fillah.

Memasuki musim liburan sekolah banyak sekali agenda di lingkungan kita. Mulai dari rihlah jama'i hingga bersih² rumah saja.
Sementara itu ada sebuah musim yang tiba-tiba hadir mengiringi hadirnya musim liburan sekolah, yakni musim khitan.

Beberapa hari ini afoe menemuinya.
Mulai dari liputan di TV-TV tentang khitanan massal sampai dengan program sunatan massal yang belum diselengggarakan.
Tadi malam saja, afoe menghadiri sebuah hajatan walimatul khitan seorang anak di daerah Kramat Kabupten Tegal (± 20 menit dengan kecepatan 60-80 km/jam dari kota Tegal).

Afoe berangkat dari rumah sebelum Isya dan alhamdulillah sempat isya berjamaah di masjid kawasan desa Padaharja Kabupaten Tegal.
Bersama teman² birru (tim nasyid kesayanganku) afoe bergabung bersama warga sekitar desa Kramat Kabupaten Tegal.

Setelah menanti redanya hujan yang turun lebat ditambah dengan listrik padam, afoe berkesempatan untuk mendengarkan tausiyah dari pemuda-pemuda belia nan berilmu.

Subkhnallah pemukda-pemuda yang memberikan tausiyah benar-benar belia.
Usia mereka masih 20 tahunan.

Pemuda yang pertama bernama ustad muslim.
Beliau memberikan tausiyah seputar pentingnya khitan.
Pentingnya adalah khitan merupakn sunnah Rasulullah SAW.
Kepentingan yang lain adalah khitan dapat menghindarkan kanker.
Lelaki yang belum dikhitan jika tidak rajin membersihkan khitannya, maka kemungkinan besar terserang penyakit sangat besar karena sisa dari air seni yang tidak tersucikan .

Beliau juga mengatakan bahwa orang-orang yang dikhitan mampu menghindari penyakit mematikan HIV.

Berikutnya ada sebuah pengetahuan dasar tentang khitan.
Khitan boleh dikerjakan sendiri atau meminta bantuan pada orang lain yang mumpuni.
Beberapa metode yang lazim dan diperbolehkan dalam Islam ketika mengkhitan adalah memotong kulit khitan dengan pisau tajam, metode cincin, dan laser serta bantuan obat bius.

Beliau menutup tausiyahnya dengan mengatakan bahwa khitan adalah sunnah Rasulullah dan dianjurkan dilakukan pula oleh wanita.

Pemuda kedua yang memberikan tausiyah bernama Abdul (wah, kok Afoe lupa yah..:( ). Dia juga berusia 20 tahunan.
Ustad menitik beratkan tausiyah pada kewajiban orangtua terhadap pendidikan anaknya.
Orangtua wajib mendidik anaknya hingga menjadi anak yang sholeh/kha.
Orangtua juga diperbolehkan menitipkan anak-anaknya pada madrasah (berasal dari kata : "madrosah-darosa-yadrusu" artinya tempat belajar) di sekitar rumah-rumah. Atau juga bisa dititipkan pada pondok pesantren yang berpedoman pada sunnah Rasulullah dan Al-qur'an.
Logatnya yang khas Solo menambah menarik untuk disimak isi tausiyah hingga akhir.

Acara walimatul khitan berakhir pukul 22.45 WIB.

Afoe segera meluncur pulang.
Alhamdulillah dapat ilmu khitan :)

Wednesday, July 11, 2007

Kuat dan Mandiri

bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, siang ini afoe dapat tausiyah bagus.
Bagus? Yah, insya alloh bagus deh. Lihat and baca. Please...:)

Tausiyah ini ditujukan kepada antum yang sekarang menjadi seorang suami, ayah, atau pemimpin.
Tapi sesungguhnya tausiyah ini juga bisa diaplikasikan oleh semua orang yang waras :)

Baiklah ikhwahfillah, berikut tausiyahnya.

" Ketika engkau memutuskan untuk menjadi seorang pemimpin, maka engkau harus kuat dan mandiri ".

Artinya seorang pemimpin itu harus memiliki profesionalisme memimpin.
Setiap keputusan kita sungguh sangat berpengaruh terhadap kinerja para penunggu komando.
Sehingga setiap keputusan harus dilandasi dengan pertimbangan dan pemikiran yang matang.
Bukan asal, apalagi tak berasal.

Peradaban dalam keluarga atau apa saja yang kita pimpin akan bergantung pada keputusan pemimpinnya.

Mari lihat keluarga yang kita pimpin.
Lihat apa yang dikerjakan soerang istri.
Lihat bagaimana anak-anak kita bermain.
Nyaris semua aktivitas diatas adalah efek dari keputusan yang diambil oleh seorang suami.
Dominasi seorang suami memang sangat tinggi, karena suami adalah pemimpin.

Suami yang baik adalah pemimpin yang bijak.
Pemimpin yag bijak adalah pemimpin yang memperhatikan orang-orang yang dipimpinnya.
Ia tak sungkan mendengarkan keluhan dan masukan dari anggota keluarganya.
Ia juga risih mengatakan sesuatu yang tidak ia kerjakan.
Pendek kata, ia juga sedang memimpin dirinya menuju kebenaran.

Membawa keluarga menuju keselamatan adalah sama dengan membawa diri bertemu Alloh SWT dalam surgaNya. Amin.

Tuesday, July 10, 2007

Get New Job

bismillahirrahmanirrahim

Mari bersama kita memuji hanya pada Alloh SWT, sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah pada suri tauladan terbaik kita Rasulullah Muhammad SAWT, keluarga, para sahabatnya dan orang-orang yang istiqomah mengemban dakwah Islam hingga yaumul akhir. Amin.

Ikhwati.....syukur alhamdulillah bisa bermuwajah lewat internet ini, berbagi bersama dalam suka dan duka.
Berinteraksi dengan antum adalah salah satu ni'mat Alloh yang sungguh indah.

Ya Ikhwati... Afoe sampaikan bahwa pada hari ini dalam keadaan Iman, Islam serta sehat rohani dan jasmani.
Semoga demikian pula adanya di dalam diri antum. Amin.

Ikhwah fillah al izza

Beriringan dengan waktu yang bergulir, sejak hari Senin 9 Juli 2007 afoe mendapatkan amanah baru dalam dunia kerja.
Amanah baru, karena amanah itu baru saja diserahkan pada Afoe.
Afoe diamanahi mengelola wisuda untuk bagian perlengkapan.
He..he...he...he....sepertinya mudah yahh...ngurus perlengkapan wisuda tahun 2006/2007.

Afoe coba membuat daftar list untuk main job.
Ternyata sudah dapat 11 point yang harus segera dipenuhi.
Look at : POINT BESAR afoe harus survei dan melaporkan kepada panitia besar,yakni

1. Sewa Harga

a. Gedung
b. Kursi
c. Soundsistem
d. Organ
e. Dekorasi
f. Video shooting
g. LCD+proyeksi+kamera
h. Undangan
i. Angklung
j. Stiker kursi

itulah tugas-tugas yang mewarnai Afoe , disamping tugas utama seputar data keuangan.

Alhamdulilah, siang ini hampir semua point yang ada diatas terpenuhi.
Insya Alloh, Sabtu mendatang akan ada meeting panitia besar.
Berarti Sabtu siang atau Senin pagi sudah ada info untuk job terbaru lagi.
Semoga alloh mudahkan dan berkahsemua langkah kerja afoe . Amin.

Monday, July 09, 2007

Kalau untuk adik...yah gpp

bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillahirabbil alamin. Allahummasholi ala muhammad.

Ikhwahfillah para pembaca setia Blog afoe.blogspot.com, mohon berikan masukan dan saran atas apa yang telah afoe jalankan. Insya Alloh semua masukan dan saran sangat berguna.
Do'aku semoga alloh limpahkan dan keberkahan pada setiap kita. Amin.

Subkhanallah.....bulan ini nyaris tak bisa berjumpa dengan mynewfather.
Dia sangat sibuk bersilaturahim dengan handai taulannya.
Sesekali sms masuk ke Hp Afoe sebagai balasan sms yang Afoe kirim.

2 pekan yang lalu mynewfather ke luar kota, menjenguk ibunya dan juga mengantarkan istri dan anak²nya ke rumah mertua.
Ketika kembali ke rumah, afoe tak enak harus silaturahim ke sana.
Lagian dia telah janji akan ke rumah afoe setelah pergi ke kutoharjo.
Tak apalah.....bisa banyak berbincang dengannya ketika, mynewfather datang ke rumah Afoe.

Sepekan berikutnya, awal juli 07, beliau terbang ke luar negeri ikut training tempat kerjaanya.
Ah....lagi² ga masalah, lagian dia udah janji akan ke rumah afoe usai pulang dari luar negeri sana.
Seperti biasa, hanya untai do'a menyertai dirinya agar tetao istiqomah.

Alhamdulillah, sepekan telah lewat.
Mungkin dia sangat lama, ketika harus berpisah dengan istri dan keluarganya.
Sama, itu juga yang Afoe rasakan. Lama banget pulangnya. Waktu memang terasa lama, jika ada yang ditunggu.
Hari Sabtu pagi, Afoe sms ke Hpnya, berharap Hpnya tetap dibawa.
Waow, ada balasan : "Insya Alloh sampai rumah jam 12.00".
Alhamdulillah.

Benar, dia pulang di rumah istrinya.
Hitungan Afoe dia pasti akan berkunjung ke rumah. Dia sudah janji sepekan yang lalu, akan datang ke rumah.
Afoe sms dan telp. Tak diangkat.
Ah, mungkin dia masih mengurus istri dan anak²nya.
Yahh, mynewfather memang sibuk sekali.
Bulan ini, habis untuk silaturahim dan training, sehingga afoe pahami sisa waktu yang sehari ini dicurahkan untuk adik-adik kecilku......

"Kalau untuk adik-adikm yah Ga pa pa ". Guman afoe dalam hati.
Afoe pasrah saja pada Alloh SWT.
Jika Alloh berkenan, pasti beliau akan datang ke rumah.
Jika tidak, yah mungkin bulan depan.

Insya alloh.


Saturday, July 07, 2007

Seperti Bintang di dalam air

bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillahirabbil alamin, Alloh perkenan kita berjumpa lewat dunia maya ini. Sholawat dan salam semoga tetap tercurah pada uswah kita, Rasulullah SAW beserta keluarga, sahabat, dan orang-orang yang istiqomah berdakwah pada alloh SWT. Amin.

Ikhwahfillah

Dalam sebuah kesempatan syuro para ikhwah kota tegal, ada sebuah agenda wajib yang tertuang disana.
Seorang ikhwah memberikan tausiyah untuk diri dan para peserta syuro. Salah satu petikan tausiyah yang hingga detik ini Afoe ingat adalah kalimat ini : " Tawaduklah seperti bintang yang terlihat jelas di bawah air."

Semakin hari mestinya semakin banyak ilmu yang kita dapatkan. Sebab telah banyak kesempatan untuk belajar. Belajar dari kalam ilahi-al qur'an-, alam semesta, juga takdir Alloh-kematian.


Adalah bintang, makhluk alloh SWT yang menjulang tinggi namun justru semakin jelas terlihat manakala ia berada di bawah air. Meski sesungguhnya di tempatnya yang sekarang dan sejak dahulu ia berada tetap terang berpijar.

Seorang muslim hendaklah seperti itu, memiliki kedudukan yang tinggi (ilmu yang mumpuni, jabatan yang tinggi, harta benda yang berlimpah,dll) tetaplah rendah hati. Dekat dengan para ummat sehingga benar-benar kemanfaatnya dapat terasakan oleh ummat.

Tuesday, July 03, 2007

Hampir saja, Tidak pulang ke rumah

bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillahirabbil alamin.
Allohummasholi alamuhammad.

Ikhwahfillah rakhimakumullah.

Alhamdulillah bersua kembali dengan antum semua.
Ya akhi wa ukhti, bulan ini baru saja Afoe menerima gaji dari kantor.
Meskipun gaji telat, karena petugas penggajian yang baru, juga karena
berbagai hal yang turut menghambat.

Seperti adat kantor sebelumnya,bahwa gaji akan diberikan kepada karyawan
setiap akhir bulan bersangkutan.
Bahkan ketika akhir tanggal bulan jatuh pada hari Ahad/libur, maka
penyerahan gaji diberikan satu hari lebih cepat.

Tapi tidak untuk bulan Juni 07 ini, gaji mundur hingga dua hari.

Mari bersama kita lihat, tanggal akhir bulan Juni 07 adalah 30.
Tanggal 30 Juni 07 jatuh pada hari Sabtu.
Kantor Afoe menggunakan sistem penggajian campuran.
Yaitu sebagian besar mengunakan Payroll (transfer via bank), sebagain yang
lain diterimakan tunai.

Perlu diketahui, bahwa bank nasional beroperasi hanya sampai pada hari
Jum'at, sehingga dugaan (seharusnya demikian) penggajian dibayarkan
tanggal 29 Juni hari Jum'at.

Nyatanya, mundur hingga tanggal 2 Juli 2007. Itupun diberikan diluar jam
kerja, pukul 16.20 WIB.

Mestinya tidak ada yang merasa dirugikan dengan pengunduran ini.
Jika keadaan mendukung ( para karyawan berada dalam tingkat kesejahteraan
yang cukup), keadaan sebaliknya.
Begitu gaji cair, langsung terpakai oleh keluarganya.
Bahkan sebelum gaji cair, semua kebutuhan telah tertulis dengan kuat.
Bukan di atas kertas, bahkan telah hafal di benak mereka.

Salah satunya adalah keluarga Afoe.
Hari Kamis yang lalu tanggal 28 Juni 2007, memberikan kabar gembira pada
istri tercinta bahwa pembayaran gaji Insya Alloh diberikan tanggal 29 Juni
07 hari Jum'at.
Alasannya karena hari kerja Bank Nasional yang hanya sampai hari Jum'at.
Istri senang karena akan mendapatkan uang belanja kebutuhan pokok dari
suaminya. Afoe pun senang melihat ekspresi istri.
Mungkin begitu juga dengan istri teman² Afoe......

Jum'at Afoe berangkat kerja dengan hitungan bahwa hari itu adalah hari
bahagia.
Waktu berjalan begitu lambat, sepertinya waktu ikut larut bersama tim
pembayar gaji.
Bayangan Afoe, mereka sedang sibuk menghitung.
Menghitung berapa besar gaji Si Afoe bulan ini.
Berapa angsuran yang harus dipotong bulan ini. Dll.
Menandatangani, memasukan slip gaji ke amplop dan memanggil satu² karyawan
yang tertetara di depan amplop.

Bayangan tinggal bayangan.
Bahkan usai sholat Jum'at ada pengumuman via mailing list intern kantor.
" Gaji ditunda hingga Senin, 2 Juli 07 ".
Bayangan itu kini hilang bersama login email intern yang telah usai.
:(( hiks²...............sedih banget.

Sabtu, 30 Juni 2007

Keadaan kantor nyaris lengang.
Wajah² karyawan tak bersinar seperti biasanya.
Hanya para pengunjung yang membuat kantor ini tetap hidup.
Mereka tak mampu membaca jiwa² karyawan yang sedang sedih, menunggu hari
paling bahagia. Gajian !!!
Mungkin karena angan yang melayang, bahwa Senin akan gajian maka senyum
dari wajah karyawan berusaha terpancar meski setitik.

Alhamdulillah, jam kerja pada hari Sabtu tak begitu lama.
Pukul 13.00,karyawan telah kabur ke rumah masing².
Mungkin langsung pulang, mungkin juga mengais rezeki di tempat lain.
Untuk laporan kepada istri dan anak² mereka.
Percayalah...!!!

Ahad, 1 Juli 2007
Rasanya hari itu bukan hari libur.
Sepertinya bukan hari Ahad. Entah hari apa pagi itu?
Alhamdulillah, ada istri yang sabar.
Sabar menerima Sang Suami yang belum gajian.

Senin, 2 Juli 2007
Matahari bersinar terang, seterang wajah-wajah yang dahulu redup.
Hari ini GAJIAN !!!

Sudah cukup, penantian kami untuk menunggu GAJIAN.
Asli, hati ini masih berdebar keras. Lebih keras dari biasanya.
Jam di dinding terus berdetak, meninggalkan pagi yang sepintas.

Siang menjelang.
Tapi aneh, tim pembayar gaji tak bergeming.
Sesekali terlihat mereka berbisik dengan gagang telpon.
Apa yahhh yang mereka bisikan?

Adzan dhuhur berkumandang.
Afoe sholat, dan rehat pulang ke rumah.

Istri yang sabar memberikan kekuatan kembali di sanubari.
Namun lisan tak mampu berkata. MALU.
Sang Suami hingga siang ini belum nerima GAJI. Asli Malu !!!

Deg.................hati ini berguncang keras. Lebih keras dari siang tadi.

"Pa, Gajiannya Mana?!!!!" tanyanya.

" Maaf De, ane belum mengambilnya, habisnya ngantri. Lagian tim
pembayarnya itu baru dibentuk 2 bulan yang lalu, mereka belum pengalaman."
Jawab Afoe berusaha menutupi malu dan keadaan kantor yang sedang kacau.

Istriku diam. Menerimanya.

Kami kemudian makan siang bersama. Bersama dalam makan, tapi istri yang
membayar tagihannya. Malu sekaligus bangga, ditraktir istri.

Afoe segera berkemas menuju kantor.
Jam istrihat telah usai. Istri telah pulang ke rumah.

Afoe bergabung kembali bersama teman² bekerja.
Melaporkan dan rutinitas kerja lainnya.

Ashar pun tiba, namun kabar gaji akan dibayarkan belum terdengar.

Sementara itu, tim pembayar gaji hilang entah kemana?
Mungkin mereka sedang berada di bank Nasional untuk transaksi Payroll?
I don't know !

Jam kerja pun benar² usai.
Tim penggajian masih saja tak menampakkan batang hidungnya.

Semakin sore saja, raut muka afoe benar² sedih.
Afoe nelp ke Hp istri.

"Assalamualaikum, De. Ane pulang telat yahh, Atau mungkin juga ga pulang.
Nginep di kantorku". Rentetan kalimat afoe menyeruak, mengiba pada istri.
Malu.

Dia jawab.
"Waalaikum salam, Pa. Gpp, Pa.
Pulang saja, gpp kok, kan masih cadangan....walaupun sedikit".

"Ndak lah, ane malu. Belum Gajian." Balas Afoe.

"Ngga papa, Pa. Pulang saja.....Ane gpp, ndak nerima uang belanja bulan
ini sekarang!" balasnya.

"Bener???" jawab Afoe.

"Bener !" balasnya.

"Ok, Ane pulang sekarang! Assalamualaikum".

"Waalaikum salam, I Love U". Tutupnya.


Afoe benar² bingung, istri mengijinkan pulang.
Dia rela tidak menerima yang belanjar bulan ini, sekarang.
Tapi hati afoe tak bisa nerima.
Rasanya Afoe sudah bohong, tidak bertanggung jawab, dll.

15 menit berlalu, Afoe belum beranjak juga. Duduk di depan komputer yang
sudah shut-Down.

Tiba² pintu utama kantor terbuka.
Beberapa orang memasuki ruang tamu.
Mereka terus berjalan menyusuri lorong kantor yang tercipta dari celat
besar antar ruang.
Afoe pastikan mereka adalah tim pembayar gaji.

Afoe segera menghubungi salah seorang dari mereka.
Alhamdulillah, 15 menit kemudian afoe berhasil mendapatkan gaji bulan ini.

After said Thanks U, afoe langsung ngacir menuju rumah.

Istri benar² berucap syukur, suaminya telah pulang.
Dia bertambah gembira, melihat suaminya memberikan uang belanja bulan ini.

Alhamdulillah.

Akhirnya Afoe gajian dan pulang ke rumah.

Wednesday, June 27, 2007

Ujian itu datang

bismillahirrahmanirrahim

Di usia pernikahan yang memasuki 2 bulan lebih, alloh memberikan ujian pada keluargaku. Istri yang energi terkulai lemah. Diagnosa dari puskesmas, ia menderita sakit tipus.
Sebelum nikah, istri sempat mengalami sakit tipus. Kemungkinan untuk kambuh lagi sangat besar dalam tahun berjalan, imbuh istri.

Badannya lemah dan sangat lemas. Perut yang enek, mules, dan lainnya menambah ujian berat bagi istri.
5 hari ini, ia rehat di rumah. Memulihkan tenaga dan kesehatannya yang minimalis.
Alhamdulillah, sore tadi, keadaanya semakin baik.
Demamnya turun, bahkan normal.
Perutnya sudah membaik, tak ada mules.
Hanya pusing dan sedikit batuk sesekali dikeluhkan olehnya.

Sedih memang melihat seorang istri yang biasa energik mendadak terkulai.
Kesempatan berkarya untuk ummat menjadi tipis. Ia lebih sibuk mengurus diri untuk bangkit dari sakitnya.

Kesedihan itu berlangsung sirna, keceriaan mulai hadir dalam kegiatannya.
Insya alloh, Rabu ini menjadi awal kebangkitan istri.
Lihat saja, hari ini dia sudah mau menemani suami berkunjung ke pameran komputer di mal dalam kota.

Sesekali ia juga mengajak makan di rumah makan.
Alhamdulillah.

Ya Alloh, kuatkanlan ikatan suci i ni.
Satukanlah langkah kami membangun ummat.

Tuesday, June 26, 2007

Dimana saja? Tetap Eksis !

bismillahirrahmanirrahim

Pujian hanya milik Alloh SWT, sholawat untuk Rasulullah Muhammad SAW, beserta orang-orang yang istiqomah berdakwah di jalan Alloh.

Perjalanan dakwah nan panjang ini membutuhkan rijal-rijal yag tangguh.
Ketangguhan rijal dakwah mengemban amanah dakwah.

Saat ini, dakwah yang kita jalani memasuki mihwar siyasi. Banyak sekali agenda tarbawi yang terancam.
Jadual halaqoh, usroh, ta'lim dan kajian yang begitu sulit dipenuhi karena berjubelnya agedan siyasi.
Semestinya para rijal dakwah yang tangguh mampu beristiqomah dengan meningkatkan tarbiyah dzatiyah.

Kesempatan dan kemungkinan jalan yang dapat menggelincirkan para ikhwah kedalam kefuturan hingga kehilangan asholah-nya adalah pada amanah-amanah yang diembannya.

Benar bahwa saat ini ada amanah-amanah yang kata sebagian orang penuh dengan kelezatan dunia.
Berlimpahan dengan rezeki, dan tunjangan serta kemudahan-kemudahan dakwah.

Sesungguhnya, setiap amal ada hizabnya.
Maka sebagai seorang rijal dakwah, tetap istiqomah mengemban amanah dakwah.
Apapun dan dimanapun kita ditempatkan oleh dakwah, itulah insya allah sebagai predikat terbaik untuk kita.

Kalau dulu kita ditempatkan di ranah dahwah yang penuh kemudahan dan sekarang berada di ranah yang penuh rintangan, yakinlah bahwa itu merupakan ujian kita untuk bisa meraih kelas yang lebih tinggi.

Semoga alloh SWT senentiasa menolong hamba-hambaNya yang istiqomah berdakwah hingga ajal tiba.
Insya Alloh. Amin.

Monday, June 18, 2007

Sehari bisa 2 Kali menikah

bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillahirabbil alamin. Allahumasholi ala muhammad.
Ikhwah fillah rakhimakumullah.

Ada yang ingin Afoe sampaikan lewat Blog ini. Berkaitan dengan aktivitas harian yang Afoe jalani hari kemarin, Ahad 17 Juni 2007, khususnya tentang 2 walimahan yang Afoe hadiri.

Ikhwahfillah.

Mula-mula jadual untuk menghadiri walimahan pernikaahn disampaikan oleh sahabat Afoe.
Dia berharap Afoe dapat menjadi MC dalam proses menikah keponakannya.
Memang tak banyak pertimbangan, Afoe menerima permintaa itu.
Seingat Afoe jadual hari Ahad adalah manggung nasyid di SMP Ikhsaniyah Kota Tegal, namun hingga malam Sabtu permintaan manggung belum juga ada kejelasan.
Afoe kira manggung gagal.

Alhamdulillah, afoe menyanggupi permintaan itu dan memenuhinya di pagi hari.
Acara walimahan I bertempat di Jalan Letjen. Suprapto (Depan Sumber Hidangan, Pasar Sore Kota Tegal).
Walimahan dimuali dengan akad nikah.

Afoe hadir disana pukul 08.00 lebih dikit.
Tempat penyelenggaraan masih kosong, hanya kursi² dan panitia yang telah standby. Sejenak afoe menghampiri tempat rehat dan kumpul calon suami beserta rombongannya.
Nampak seorang pemuda sedang cemas menanti proses akad nikah.
Pembicaraan ringan bersambut usai salam dan jabat tangan.

Pukul 08.30 rombongan mempelai putra menuju ke tempat mempelai putri. Sejurus kemudian, proses akad nikah berlangsung.
Afoe yang hadir lebih awal, sehingga diperkenankan untk mendekat di tempat akad.
Suasana prosesi akad nikah yang hening mampu membuat orang-orang yang menyaksikan menghentikan nafas menunggu lafadz Qobul dari mempelai putra.
Alhamdulillah tak ada rintangan, akad nikah tanpa membaca sighot taklit sukses.

Proses ini mengingatkan Afoe, saat 2 bulan yang lalu melakukan akad nikah dengan istri.....hiks..hiks (pengen nangis...).
Kalau para ikhwah ikut hadir, mungkin merasakan hal yang sama....mungkin lho...
Oh yahh...kostum mereka mengingatkan benar akan pernikahan afoe tempo hari. Putih.

Usai akad, acara dilanjutkan dengan walimatul ursy sebagai bentuk syukur dan iklan kepada tetangga dan handai taulan sekitar.
Afoe memandunya. :)

Walimahan II berlangsung di daerah Pasar Batang Brebes.
Waktu penyelenggaraan sore hari, yakni pukul 16.00 WIB.
Jika pagi tadi afoe bertuga sebagai MC, maka sore ini Afoe berkesempatan hadir lantaran diundang dalam kapasitas sebagai artis dalam tim nasyid Birru.

Wah...lagi-lagi nuansa pernikahan afoe teringat kembali.
Sang pengantin mengenakan kostum putih. Bersih.

Wednesday, June 13, 2007

Dukung istri untuk berdakwah

bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillahirabil alamin. Allahummasholi ala muhamamd.

Memiliki istri yang sholekha adalah dambaan setiap orang, terutama seorang suami.

Afoe ucapkan selamat berbahagia jika istri antum termasuk golongan wanita yang sholekha mari menjaganya agar istiqomah dalam ketaatan pada Alloh SWT.


Afoe juga ucapkan selamat membimbing, jika istri antum belum bisa dikatakan sholekha.

Memang sholekha istri bukan hanya penilaian dari kita, tapi paling tidak kita menilainya dari sifat serta tingkah lakunya sehari-hari.

Seberapa besar perhatian seorang istri terhadap kondisi anak-anak dan anggota keluarga lainnya, sebesar itulah mungkin kesholekhan sang istri.

Kenapa mungkin? Karena kesholekhan seorang istri hanya diketahui secara benar oleh Sang Pemilik, Alloh SWT.

Sebagai seorang suami, marilah kita dukung sepenuh jiwa agar istri kita mampu berkarya untuk ummat.

Sesungguhnya banyak istri yang memiliki potensi besar untuk memberikan andil dalam dakwah.
Melahirkan generasi-generasi terbaik pengganti kepemimpinan Islam.
Mendidik dan menjaga anak² dari kejahiliyahan.
Siapa lagi yang akan mendukungnya, jika bukan kita para suami.

Sebut namanya dalam untaian do'a di tengah malam kepada Alloh SWT.
Harapkan pada Alloh, agar melimpahkan kekuatan dan pertolongan pada istri kita yang lelah dan letih berdakwah.

Pagi hingga malam, bahkan hingga pagi lagi, sepak terjang sang istri sangat tinggi.
Disaat anak-anak asyik bermain, maka istri sibuk menyiapkan makanan, baju, dll.
Ia juga sibuk menyiapakan bahan-bahan untuk kajian intensifnya.
Me-murojaah hafalannya untuk disetorkan di tengah halaqohnya.

Isti sholekha itupun masih harus menyiapkan perbekalan suami untuk kerja di malam hari karena shift kerjaan yang menuntutnya.

Ditengah malam, sang istri berjaga pada anak-anaknya dari nyamuk dan kehausan.
Ia masih menguasakan diri bermunajat memohon ampunan pada Sang Rabb.
Mohon maaf atas kekhilafan karyanya terhadap keluarga dan ummat hari ini.
Ia juga masih kuat memohonkan ampun pada Alloh atas kekhilafan suami dan keluarganya.
Hingga matanya indah berkaca air bening.
Sejenak matanya terlelap dalam keheningan malam, hingga kokok ayam jantan membangunkannya.
Sebelum fajar, istri sholekha itu telah ber"tempur" di medannya.
Dapur nan sederhana.
Wajahnya memancarkan keseriusan, seoah dia sedang menyiapkan bekal perang bagi anak-anak dan suaminya.

Subkhanallah, maafkan suamimu yang tak bisa memberikan kebahagiaan, selain berusaha menjadi suami yang sholeh.

Ingatlah wahai istriku, peluh dan penat yang kau rasakan adalah ujian yang akan mengantarkan kita semua berkumpul di JannahNya. Insya Alloh amin.

Insya alloh suami ini rela, berpeluh panas terik matahari untuk mencari rezeki halal dari Alloh demi keberkahan keluarga.

Wahai istri yang sholekha, doaku senantiasa menyertaimu. Amin