Thursday, January 03, 2008

Mukhoyam ( Bagain I, perjalanan ke lokasi)

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamulaikum ikhwah f illah semuanya. Kali ini Afoe ingin menyampaikan sebuah perjalanan yang cukup indah.

Tegal, Sabtu, 22 Desember 2007Pukul 20.30, Afoe dan rombongan Kota T egal meluncur menuju sebuah lokasi perkemahan.
Berdasarkan informasi lokasi ini berada di kaki dan lembah gunung Merbabu Kabupaten Semarang.
Kami menggunakan mobil jenis Avanza yang dipinjam dari salah seorang pejabat.
Alhamdulillah perjalanan yang panjang ini cukup nyaman dengan fasilitas mobil baru nan bersih.
Rute yang kami laluli dimulai dari : Kota Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang, dan berhenti di pondok pesantren Sabilul Khoirot Solotigo.
Di ponpes tersebut, kami bertanya seputar rute berikutnya agar dapat sampai ke lokasi dengan aman dan selamat.
Alhamdulillah disana, sudah ada 2 orang panitia yang bertugas menunggu para peserta dari luar kota.
Nampak sebuah mobil berwarna biru dengan merk sama dengan yang kami tumpangi.

Perjalanan berikutnya, kami dipandu oleh panitia yang menggunakan motor tril. Pemandu membawa kami menyusuri jalan setapak yang cukup lebar dan halus.

Dalam hati ini kami bergumam : " sungguh pemimpin di daerah ini sangat bijak." Jalan-jalan sudah di aspal halus, bak jalan tol pusat kota saja. Alhamdulillah.

Jalanan setapak ini terkadang naik, turun, terkadang lurus dan tidak sedikit harus berkelok-kelor seperti ular. Beberapa ruas diantaranya memiliki 3 rintangan : naik, berkelok, dan berupa jembatan.

Pukul 03.15 WIB, kami sampai di sebuah jalan menikung. Disana sudah ada mobil² yg parkir berderet. Jika diperhatikan mobil² itu rasanya sudah lama ada disana.

Kami ber-6 turun dari mobil, mendekati orang-orang-panitia yang menunggu.

Instruksi pertama yang Afoe dengar adalah : berjalan menyusuri jalan setapak ( lebar nya 15 cm), kemudian mencari tempat untuk tidur.

Segera kami ber-6 berjalan menyusuri jalan setapak yang berada tepat di depan kami. Pelan-pelan kaki ini melangkah. Hanya cahaya cakrawala dari langit yang menuntun kami. Alhamdulilah, beberapa teman membawa senter yang semakin memudahkan penyusuran ini.

5 menit kemudian, kami melihat banyak cahaya-cahaya merah seperti api menempel di pepohonan sekitar jalan setapak. Kami berhenti sejenak. Mata kami memperhatikan cahaya itu. Yah, cahaya itu berasal dari lampu badai yang di pasang di dahan-dahan pohon.

Mata kami juga menangkap bayang-bayang hitam yang terdiam dibawah pohon² itu. Tak lama kemudian kami menebar pandangan. Ada lebih dari 20 cahaya lampu dengan bayangan hitam dibawahnya.

Kami mendekati salah satu cahaya lampu itu. Bayangan hitam semakin jelas terlihat. Semakin dekat dan dekat. Bayangan hitam itu ternyata segerombolan peserta yang sudah terlebih dahulu hadir di lokasi Mukhoyam dan terlebih dahulu tidur.

Kami menggelar karpet berwarna biru dibawah sebuah pohon pinus. Kami pun menyalakan lampu badai dan menggatunggkan di dahan pohon pinus. Mata ini berusaha terlelap, meski hati masih bertanya. Dimanakah ini?

Bisakah kami tidur di belantara nan gelap ini? Amankah dari binatang buas? Dll...

Setelah pikiran dan hati berpikir, kami tidur juga.

......

Adzan shubuh terdengar sayup-sayup. Entah dari mana asalnya. Belantara yang pekat ini mulai ramai dengan hiruk pikuk para ikhwah yang akan sholat Shubuh.

Rasanya baru saja tidur, sudah harus bangun lagi. Mungkin karena kami terlembat datang, sehingga waktu rehat sangat sedikit. Resiko.

No comments: