Friday, January 04, 2008

Mukhoyam ( Bagian II, Warming Up)

bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum...
Ayyuhal ikhwah, berjumpa kembali dengan Afoe. Hari ini Afoe akan menyampaikan kisah petualangan Mukhoyam Sapu Jagad bagian ke II.
Bagian II ini merupakan warming Up bagi para peserta. Seru, ramai, lelah, namun menyehatkan dan menyenangkan.

Pada bagian I, Afoe sampaiakan bahwa teman² Kota Tegal berhasil tidur diatas rumput belantara.
Kami segera terjaga setelah mendengar seruan adzan Shubuh. Semua peserta berlomba mengerjakan sholat Shubuh berjamaah. Yup, berjamaah di tengah belantara yang mulai terang oleh fajar.
Inilah salah satu point yang Afoe sukai. Meski dalam keadaan sulit, jauh dari keramaian, minimnya fasilitas para ikhwah tetap mengutamakan sholat, berjamah lagi. Catat yah ! Kalau ada kegiatan ikhwah yang meninggalkan sholat, tinggalkan saja kegiatan itu!

Belantara mulai terang oleh fajar, entah matahari ada disebelah mana? Arah barat dan timur pun belum yakin kemana?
Rimbunnya poho pinus dan tumbuhan lain membuat sinar matahari terhalang.

Para ikhwah berkumpul di sebuah tanah lapang, dengan ukuran 75 meter x 25 meter dengan sebagian tekstur tanah berbentuk gundukan memanjang.
324 peserta mukhoyam sapu jaga bertatp muka disana.
Semakin siang, belantara semakin terang, sinar matahari yang tadi pagi seperti enggan muncul kini membasuh tubuh kami dengan hangatnya. Oh... sungguh kali ini kami tersadar akan kebesaran dan keni'matan dari Alloh berupa sinar matahari yang sering kami abaikan.

Wajah-wajah khas para ikhwah terlihat jelas. Senyum tulus, guratan perjuangan di wajah menandakan bahwa ikhwah ini adalah para aktivis yang tak kenal lelah.
Yang berbeda adalah logat bicara dan bneberapa jenis kulit, dan ras lainnya. Namun perbedaan ini lebur dalam kesatuan aqidah Islam, menyatu dalam satu perjuangan menegakkan kalimatullah.

Kami dibagi menjadi 20 kelompok dengan masing-masing kelompok diisi ± 16 orang oleh panitia.
Sementara itu, teman² Kota Tegal yang berjumlah 6 orang harus rela dikorbankan menadi 2 bagian. Bagian pertama ikut kelompok Kabupaten Brebes dan Kabupaten Tegal, sedangkan sisanya dua orang ikhwah ( Afoe & Rozak ) bergabung dengan kelompok Grobogan, purwodadi, dan Pati. Asyik banget dapat silaturahim dengan ikhwah luar kota.

Panitia memberikan kesempatan para kelompok untuk memilih ketua, menentukan nama dan yel². Berdasarkan ketentuan yang diberikan oleh panitia, nama kelompok haruslah berhubungan dengan bahan bangunan.
Maka dari itu kelompok kami menamakan diri Talang, seorang ikhwah dari Pati dipilih menadi ketua Talang.
Kami juga membuat yel-yel singkat, berikut yel-nya :

" Air mengalir lewat Talang....... (Talang)" 2x
" Kalau tiada Talang 2x
" Rumah Anda....kebanjiran "

Agenda berikutnya, panitia memberikan nomor kapling kepada semua kelompok. Talang mendapatkan kapling nomor 11.
Setelah mencari-cari letak kapling 11, kami segera membangun tenda pivate dari jas hujan yang dibawa masing-masing peserta. Kapling ini memang menuntu kemandirian dan kreatifitas tiap peserta.
Jas hujan yang kecil (bentuk batman) harus bisa dijadikan tempat istirahat (tidur,dll).
Hasilnya? Banyak yang hanya menggelar jas hujan miliknya menjadi alas duduk, seperti itu pula yang dilakukan Afoe dan sebagain besar kelompok Talang.
Kami meletakkan semua perbekalan baik yang sudah masuk di dalam tas ransel ataupun yang dijinjing dengan tas plastik ( kresek).

Peluit pendek-pendek berbunyi, pertanda semua peserta harus berkumpul di tanah lapang tadi. Tanah lapang ini akhirnya menjadi pusat pertemuan peserta.
Kami bergegas menuju lapangan. Laksana harimau yang memburu mangsa, berlari kencang.
Kali ini semua peserta telah sampai lapangan sebelum hitungan 10 dari panitia selesai.

Kami melakukan kegiatan Apel pertama dilanjutkan peregangan badan yang dipandu oleh KORSAD ( Koorps Satuan Tugas Pandu Keadilan ).
Wuih.....asli meregang otot-otot di badan ini. Bagi para ikhwah yang tidak biasa olahraga makan pegal-pegal akan langsung terasa.
Mukhoyam ini bertujuan untuk mendapatkan produk-produk ikhwah dengan jasmani yang BUGAR.
Sekitar 20 menit peregangan badan dilakukan.

Warming Up
Kami ditugasi untuk melintas perbukitan di sekitar lokasi mukhoyam yang berjarak ± 5km dengan lari. Rute yang berkelok-kelok serta naik turun membuat peserta banyak yang kelelahan di 10 menit pertama. Selanjutnya antum tahu sendiri..... ( para ikhwah banyak yang jalan kaki, tak kuat dengan rintangan yang ada).
Terlebih para ikhwah yang tidak mengikuti persiapan mukhoyam dan tidak biasa olahraga.

Meski demikian, tidak kurang dari 45 menit semua peserta bisa mencapai finish. Afoe sendiri berhasil menemui finish di menit 33,32 menit.
Keringat bercucuran, kaki panas mambara karena berlari diatas jalan beraspal, kepala pening, mata berkunang-kunang, jantung berdetak kencang, tenggorokan haus luar biasa, perut lapar tak terkira.
Subkhanallah, panitia mukhoyam memang cerdas. Mereka mengajak kami berlari-lari agar lapar meningkat, sehingga sarapan pagi bisa lahap.
Benar saja, usai lari-lari menyusuri jalan berbukit, kami sarapan pagi. Ni'mat, lezat, gurih, dan enak. Nasi putih dipadu dengan ayam gulai. Sedikit namun ni'mat, kelihatanya karena kelaparan yang menyergap seluruh peserta.
Kami rehat sejenak menanti agenda yang telah dirancang panitia.

No comments: