Saturday, January 05, 2008

Mukhoyam ( Bagian III, Teori Ilmu kesehatan & Sekilas tentang Mukhoyam)

bismillahirrahmanirrahim

Ikhwah fillah, mari kita lanjutkan perjalanan mukhoyam.
Alhamdulillah pagi ini kita sudah memasuki bagian III, semakin hari semakin berat saja tantangannya.
Semoga Alloh memberikan kekuatan pada kita. La Khola Wala Quwwata Ila Billah.

Bagian III ini memang tak banyak menyita energi untuk bergerak, lantaran agendanya adalah tasmi' (mendengar) dan menulis ringkasannya.
Namun demikian, justru pada session ini banyak ikhwah yang kelimpungan juga. Agenda sebelumnya yang telah menguras tenaga membuat 90 % peserta merasakan "dimanjakan" dengan agenda teori.

Kami duduk di bawah pepohonan yang rindang, di depan seorang muwajih (narasumber) bidang kesehatan. Sebut saja salah satunya dr. Dodi. Beliau kini lebih aktip di bidang Herba Penawar Alami ( HPA ).
Beliau condong kepada kesehatan alami/ non kimia ( sintetis, tiruan) dari pada harus menjaga kesehatan dengan cara-cara obat kimia.
Beliau juga menyarankan agar kita semua kembali kepada alam ( back to nature ). Menggali kembali pengobatan metode Rasulullah yakni bekam.

Pada saat sessi diskusi/tanya jawab, beberapa peserta menambkan agar kita tidak terlalu sering bahkan jika perlu tidak menggunakan sama sekali tas plastik (kresek : jawa) berwarna hitam. Menurutnya tas plastik warna hitam itu dihasilkan dari pengolahan plastik-plastik bekas aneka warna dengan kadar karbon yang tinggi. Sangat membahayakan bagi kesehatan manusia jika mengkonsumi makanan dengan bungkus plastik tersebut.
Di dalam masyarakat kita, memang lazim menggunakan tas plastik warna hitam untuk makanan, bahkan makanan berkuah seperti mie pangsit, ketupat sayur, dll.
Tas plastik ini memang ringkas namun berbahaya jika terurai oleh panas makanan yang menyebabkan zat kimia kandunganya melekat di makanan dan masuk ke dalam tubuh kita. Ternyata tubuh kita belum mampu menguraikan zat itu.

Ikhwah fillah

Materi berikutnya adalah tentang sejarah dan nilai kegiatan Mukhoyam oleh seorang panitia (afwan, lupa namanya).
Berdasarkan kurikulum tarbiyah, maka mukhoyam masuk ke dalam wasail tambahan. Meski tidak masuk dalam wasail tarbiyah utama, khusus daerah Jawa Tengah mukhoyam wajib dikerjakan satu tahun sekali.

Mukhoyam yang bertujuan untuk membugarkan para aktivis dakwah rencananya akan semakin ditingkatkan materi dan pematerinya.
Bulan Agustus 2008 mendatang, insya alloh mukhoyam akan dilaksanakan di Nusakambangan dan Kepulauan Karimunjawa.

No comments: