Tuesday, March 20, 2007

Pengin Setengah Mati

bismillahirrahmanirrahim Alhamdulillahirabbil alamin wa sholawatu ala rasulillah. Sesungguhnya kehidupan manusia tak lebih dari tumpukan keinginan-keinginan.Mulai dari urusan perut hingga ruhiyah.Semua manusia menginginkan agar kebutuhan dan kehendaknya terpenuhi. Ikhwah fillah rakhimakumullah. Ingat kembali tujuan utama manusia diciptakan oleh Alloh, Sang Pemilik segala urusan.Alloh menetapkan bahwa kita semua dicipkatan untuk beribadah pada Sang Kholik.Jadi tak ada pilihan lain bagi manusia selain ibadah, meski ada penyimpangan oleh nasfu menjadi manusia yang kufur. Dalam sebuah perjalanan ke ibukota Indonesia, penulis mendapatkan kesempatan untuk berbagai dengan seorang bapak 2 anak.Sejenak kita ikuti kisah hidup bapak ini.Dia menikah pada usia 25 tahun, 3 tahun kemudian Alloh titipkan padanya seorang anak laki-laki.Mereka mengasuhkan hingga besar, pada usia 15 tahun, anak laki-laki ini memiliki adik. Adik yang dititipkan oleh Alloh adalah adik laki-laki.Kin bapak dan istrinya membesarkan 2 orang anak laki-laki.Penulis bertanya : " Senangkah bapak memiliki 2 orang anak laki-laki?Bapak menjawab : " Iyah, anak adalah titipan dari Alloh untuk kita didik menjadi anak sholeh" "Apakah bapak tidak menginginkan anak perempuan, apakah lagi saat ini anak bapak dua-duanya laki-laki?Istri bapak masih mungkin untuk mengandung lagi kan? " lanjut penulis.
" Insya Alloh masih, mas". Jawabnya agak sedih. Kemudian sang bapak berusaha tegar dan melanjutkan lagi jawabannya pada penulis.
"Setelah kehamilan terakhir, dia harus operasi, hasilnya setiap kali hamil berakhir dengan keguguran, kasihan istriku. Padahal untuk memulihkan kondisi setelah keguguran perlu waktu yang lama." " Saya sangat berharap dapat memiliki anak perempuan, Saya ingin setengah mati ".

Kali ini penulis lebih konsentrasi pada kalimat terakhir yang terucap dari sang bapak.
Ingin setengah mati.
Apa sih sebenarnya yang dimaksud keinginan setengah mati?
Penulis memberanikan diri untuk menyimpulkan kalimat Ingin Setengah Mati.
Keinginan setengah mati adalah : Keinginan yang akan terpenuhi dengan pengorbanan yang super tinggi plus resiko tinggi pula.

Dilihat dari kasus bapak itu, maka dapat diambil sebuah simpulan.
Ketika sang bapak ingin memiliki seorang anak perempuan, maka ia harus mau dan mampu menjalani ujian hidup berupa keguguran atau bahkan kematian dari sang istri lantaran tak kuat menahan beban hamil atau mendapatkan keduanya (anak dan istrinya) meninggal dunia.
Benar-benar sebuah keinginan setengah mati.

Penulis yakin, sanag bapak akan tetap berusaha mendapatkan amanah anak perempuan dengan sekuat hati mempersiapkan segala kemungkinan.

Wallahualam.

No comments: